6 Benda Menakjubkan yang Diciptakan dari Kotoran Manusia

Default

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata tinja atau kotoran manusia? Mungkin kamu akan merasa jijik, mual dan lain sebagainya. Namun ternyata meskipun terbilang menjijikan, bukan berarti kotoran manusia tidak memiliki manfaat apapun. Karena baik secara tradisional maupun modern kotoran manusia telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal, baik sebagai senjata, jimat, emas bahkan makanan sekalipun.

Namun bukan berarti kamu bisa mengubah kotoranmu sendiri menjadi emas, karena untuk melakukan hal itu perlu proses yang panjang dan alat yang canggih untuk menghasilkannya. Biar kamu gak semakin penasaran, seperti yang telah dikutip dari Lite Verse, berikut ini 6 Benda Menakjubkan yang Diciptakan dari Kotoran Manusia.

BACA JUGA
  • 5 Hal yang Terjadi Ketika Otak Manusia Dihubungkan Ke Komputer
  • Bisa Ngomong?! Ini 5 Inovasi Toilet Canggih yang Sebenarnya Gak Penting
  • 5 Teknologi Canggih yang Akan Mendampingi Kita di Masa Depan

6 Benda Menakjubkan yang Diciptakan dari Kotoran Manusia

1. Obat Tradisional dan Modern

Medicine Picsay 14c81
Sumber foto: cccbrussels.be

Sekitar 80 persen orang Afrika menggunakan kotoran manusia yang dicampur dengan tanaman licorice untuk membuat obat tradisional, hal serupa juga kerap dilakukan oleh masyarakat Cina kuno. Pada pengobatan modern, kotoran manusia digunakan sebagai pengobatan untuk orang yang terinfeksi bakteri jahat, Clostridium Difficile, maka salah satu proses penyembuhannya adalah dengan mengisi kembali usus orang yang terinfeksi dengan bakteri baik. Hal itu dilakukan dengan cara kolonoskopi, endoskopi, sigmoidoskopi, atau enema.

2. Emas

Yukon Gold Juniors Seen As Top Takeover Candidates Picsay 61010
Sumber foto: mining.com

Tim peneliti dari American Chemical Society, mereka mengklaim telah menemukan bahwa kotoran manusia dapat menjadi sumber emas yang sangat baik, hal bisa terjadi jika dicampurkan bersama logam mulia lainnya, seperti vanadium, perak, dan tembaga. Dr. Kathleen Smith, peneliti utama mengatakan bahwa jumlah emas yang kita buang dalam kotoran kita mencapai deposit mineral minimum. Hal ini sudah berhasil dilakukan oleh Jepang dari hasil penambangan limbah sejak tahun 2009 silam.

3. Pupuk Penyubur Tanaman

Bioinsumo Picsay D35dd
Sumber foto: agrocof.com

Perlu kamu tahu bahwa di berbagai negara berkembang, terutama di Afrika, Amerika Selatan, dan Asia, telah memanfaatkan kotoran manusia sebagai limbah alami yang dapat digunakan sebagai pupuk penyubur tanaman. Salah satu tempat yang menerapkan hal ini adalah kota Tokyo, Jepang, yang diprakarsai oleh Keshogunan Tokugawa (1603 1867), hal itu bermula dari sulitnya perdagangan internasional sehingga untuk menyiasati hal tersebut pemerintah mendaur ulang kotoran manusia sebagai pupuk penyubur tanah dan tanaman. Kemudian hasil panen pun melimpah karena tanah yang subur berkat penggunaan pupuk alami tersebut.

4. Jimat

Intimacy Picsay E277b
Sumber foto: active.com

Salah satu yang paling membuat kamu tercengang adalah pemanfaatan kotoran manusia sebagai jimat. Banyak yang percaya bahwa menggunakan jimat yang terbuat aku kotoran manusia akan meningkatkan aktivitas seksual, dalam dunia medis hal ini dikenal dengan "coprophilia" atau yang disebut dengan kenikmatan sexuoerotic yang didapat dari sentuhan, melihat, atau bahkan mengkonsumsi kotoran manusia. Bahkan menurut kabar yang beredar, diktator nazi Adolf Hitler dilaporkan sebagai seorang coprophiliac.

5. Daging

Fresh Meat Square Picsay E5df3
Sumber foto: mesni.ca

Coprophagy atau memakan kotoran tidak berlaku pada hewan saja, melainkan juga pada manusia. Bahkan tidak hanya sebatas sebagai sarana pengobatan seperti yang disebutkan di atas, melainkan juga pada orang sehat. Hal ini juga berkaitan dengan "coprophilia" atau kelainan yang memiliki ketertarikan terhadap kotoran manusia. Bahkan beberapa tahun silam di Jepang sudah banyak wacana yang menyebutkan pemanfaatan kotoran manusia yang diolah menjadi daging.

6. Senjata

DSC09485 Picsay Ddc89
Sumber foto: sjdeerassociation.blogspot.com

Dalam peperangan, senjata tak hanya terbatas pada penggunaan senapan, granat, maupun tank, melainkan kotoran manusia juga dapat difungsikan sebagai senjata mematikan. Menurut sejarawan Yunani, Herodotus Scythian, campuran antara kotoran manusia, darah manusia, dan mayat yang membusuk dapat menjadi racun yang sangat mematikan. Racun tersebut kemudian dioleskan di ujung anak panah untuk digunakan dalam pertempuran. Hal serupa juga pernah digunakan dalam Perang Vietnam, Viet Cong menggunakan kotoran manusia sebagai racun mematikan yang dioleskan pada senjata tradisional tongkat punji.

Akhir Kata

Itulah 6 Benda Menakjubkan yang Diciptakan dari Kotoran Manusia. Namun proses pembuatan benda-benda tersebut juga telah melalui tahap yang profesional sehingga manfaatnya benar-benar telah dibuktikan.

ARTIKEL TERKAIT
Banner 9fc7c
Umat Islam Bangga! 7 Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia
Wallpaper Mobile Legends E1876
100+ Wallpaper Mobile Legends Terlengkap 2021 | Untuk HP & PC!
Fir 1e9b5
6 Game Eskplorasi yang Membiarkan Gamernya Menjelajahi Dunia Baru
Bos Game Curang Ab4c3
10 Bos Paling Curang di Game, Gak Bisa Kalah!
Cover Game Php B12bf
Game PHP! 7 Game dengan Cover Keren tapi Kenyataannya..
APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Buzz Up Viral Videosok Icon
Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
Apps Mainspring
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal