Ternyata WiFi Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Buktinya!

Default

Ketersediaan jaringan internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Fasilitas hotspot gratis (WiFi) pun menjadi penunjang untuk menenuhi kebutuhan tersebut.

Tak heran, jika ketersediaan fasilitas WiFi pada lokasi-lokasi publik terus meluas dari tahun ke tahun. Mulai dari taman, perpustakaan, restoran, kampus, bandara, dan fasilitas umum lainnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat diakses secara cuma-cuma.

BACA JUGA
  • 5 Bahaya Menggunakan WiFi Gratisan & Hal yang Harus Dihindari
  • 10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!
  • Awas, Konek ke WiFi Hotel Bisa Bikin Kena Hack!

Bahaya WiFi Hoax atau Benar? Ini Penjelasannya!

Hotspot WiFi sendiri merupakan suatu area di mana suatu koneksi internet dapat berlangsung tanpa kabel. Namun, sempat timbul keraguan soal keamanan WiFi terhadap kesehatan. Bahkan, muncul rumor bisa menyebabkan kanker. Jangan biarkan pertanyaan seperti itu mengganggu kamu, dikutip dari Fossbytes, berikut penjelasannya.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android 876ef
Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Android Hingga 80%
Pingin tahu cara memep[ercepat koneksi WiFi Android dan PC? Nah, kamu bisa coba cara mempercepat jaringan WiFi terbaru ini loh, dijamin anti lelet.
LIHAT ARTIKEL

WiFi Berbahaya? Benar atau Salah?

Wifi Adalah

Sumber foto: Foto: Medium.com

Gelombang radio telah membantu umat manusia karena kontribusi mereka dalam komunikasi, GPS, gadget, penelitian, dan lainnya. WiFi juga salah satu gelombang radio, yang hampir menggantikan ethernet dan menciptakan dunia nirkabel.

Ya, timbul perdebatan soal bahaya radiasi WiFi terhadap kesehatan yang menakut-nakuti orang. Namun, untuk saat ini kamu tidak perlu khawatir karena WiFi tidaklah berbahaya.

Sebelum Jaka membahas alasannya, untuk mendukung kesimpulan ini, mari kita bahas bersama tentang dua jenis radiasi yakni Pengion dan Non-pengion.

Radiasi pengion adalah jenis radiasi yang dapat menyebabkan proses ionisasi (terbentuknya ion positif dan ion negatif) apabila berinteraksi dengan materi. Jenis radiasi berbahaya ini termasuk partikel alpha, partikel beta, sinar gamma, sinar-X, dan neutron.

Jika kamu terkena radiasi pengion dalam jangka waktu lama, dapat membahayakan kesehatan kamu. Tingkat bahaya dari radiasi pengion ditandai menggunakan tanda trefoil dengan latar belakang kuning.

Sementara, radiasi non-pengion tidak membawa energi yang cukup untuk mengionisasi atom. Radiasi ini termasuk cahaya kasat mata, gelombang radio, dan infra merah.

Ya, jaringan WiFi adalah radiasi non-pengion. Artinya, WiFi tidak berbahaya bagi tubuh.

WHO Tidak Menemukan Bukti

Radiasi Wifi

Isu soal bahaya WiFi juga diselidiki oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menjawab spekulasi dan ketegangan seputar hal ini, WHO kemudian melakukan studi untuk memperoleh bukti ilmiah.

Disusul dengan pernyataan WHO, selama paparan berada di bawah frekuensi radio yang dapat ditoleransi, yaitu 0-300 GHz, tidak diketahui adanya efek terhadap kesehatan tubuh manusia. Namun, frekuensi radio yang melebihi batas tersebut tergolong tidak sehat.

WHO pun menyimpulkan bahwa "saat ini tidak ada bukti bahwa paparan medan elektromagnetik tingkat rendah berbahaya bagi kesehatan".

Jadi hingga kini kekhawatiran gangguan kesehatan akibat WiFi belum terbukti secara ilmiah. Bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar WiFi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengembalikan Data Yang Hilang B6c72
Cara Mudah Mengembalikan Data yang Hilang Pada FlashDisk Korup
E3539c2bcf06262becbf9aafd1081bfd
Ketinggalan Zaman, Inilah 5 Alasan Kenapa DVD Film Bakal Mati di 2017!
Cara Ampuh Melegakan Local Disk C Pada Laptop Windows
Cara Ampuh Melegakan Local Disk C Pada Laptop Windows
APPS TERKAIT
Logo Kmbtechnologies Klaksontelolet Icon
Klakson Telolet 4.4
Apps KMB Technologies
Logo Disney Disneygif Icon
Disney GIF 1.0.9
Apps Disney
Logo Telkom Useetv Icon
UseeTV 4.4.4
Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Bersosial Icon
Bersosial 5.0.1
Apps DanPros
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal