J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Pengen Jadi Game Maker? 5 Bahasa Pemrograman Ini Wajib Kamu Kuasai

              Pengen Jadi Game Maker? 5 Bahasa Pemrograman Ini Wajib Kamu Kuasai

              00
              Senin, 3 Jul 2017, 16:00 WIB
              Kali ini Jaka akan membahas mengenai bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat game. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

              Saat ini permainan video atau game adalah salah satu hiburan paling asyik untuk dimainkan. Hampir semua orang dari berbagai rentang usia menyukai game, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, di balik serunya sebuah game, tahukah kamu kalau ada proses rumit dalam pembuatannya?

              Salah satu proses rumit tersebut adalah proses coding yang mengharuskan sang pengembang menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu. Saat ini ada puluhan bahasa pemrograman. Namun, tahukah kamu bahasa pemrograman apa saja yang biasa digunakan untuk membuat game? Nah, kali ini Jaka akan membahas mengenai bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat game. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

              BACA JUGA
              • Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi
              • 5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari
              • Ingin Jadi Hacker? Ini Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari

              Pengen Jadi Game Maker? 5 Bahasa Pemrograman Ini Wajib Kamu Kuasai

              1. C++

              Cba04353bb2fd0f1956ab2e3d20beaa7

              C++ masih menjadi bahasa pemrograman yang paling populer yang digunakan untuk membuat game. Alasannya karena hampir semua platform mendukung penggunaan bahasa pemrograman yang satu ini, mulai dari PC, smartphone, sampai dengan konsol.

              Ditambah lagi dengan banyaknya game engine yang memang mendukung penggunaan bahasa C++ sebagai bahasa utama pengembangan game. Beberapa game engine populer seperti Unreal dan Unity mendukung C++.

              2. Java

              401485c7b2f17db159f284ad40426fe5

              Sudah menjadi rahasia umum di kalangan pengembang game bahwa Java adalah salah satu bahasa pemrograman favorit untuk membuat game. Bahkan di mata kuliah, Java sering digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk membuat game.

              Alasannya adalah karena Java bisa berjalan di banyak platform, mulai dari PC sampai dengan smartphone. Selain itu, Java juga merupakan bahasa yang relatif lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

              3. Objective C

              01ae0a46154de20fb590d4e35cbdfb23

              Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini game dapat berjalan di banyak perangkat, termasuk perangkat smartphone. Dan salah satu perangkat smartphone yang paling banyak digunakan adalah iPhone dan iPad.

              Dengan populernya penggunaan iPhone dan iPad, hal tersebut membuat para pengembang game memanfaatkannya untuk membuat game untuk iPhone. Dan game untuk iPhone biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman Objective C. Jadi, bisa dikatakan Objective C adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan untuk membuat game.

              4. C Sharp

              B3efbb85c3c5f99d80fe4bb90c0af867

              C# (dibaca: C Sharp) juga merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer digunakan para pengembang untuk membuat game. Banyak game engine yang mendukung penggunaan bahasa ini, antara lain adalah Unity. C# juga banyak digunakan untuk mengembangkan game untuk konsol XBOX.

              5. JavaScript

              C7289d698bc48ff12718c8cd9937b981

              JavaScript bisa dinobatkan sebagai salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia. Dari statistik yang dibuat oleh GitHbub, JavaScript berhasil menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para pengembang.

              Selain untuk membuat website, JavaScript juga banyak digunakan untuk membuat game. JavaScript biasanya digunakan untuk membuat game berbasis web. Selain itu, game engine seperti Unity juga mendukung penggunaan JavaScript untuk mengembangkan game untuk banyak platform.

              Nah, itu dia 5 bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat game. Kira-kira game favorit kamu dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman apa ya? Apa kamu tahu? Silakan share di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

              APPS TERKAIT
              Capsa Royale Icon
              Capsa Royale 3.1.1
              Games 88 Entertaiment
              Coc Icon Icon
              Clash of Clans 9.105.9
              Games Supercell
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Dress Up Diary Icon
              Dress Up Diary 1.3.43
              Games Maingames

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal