Bukan A atau B, Ini Alasan Drive di Komputer Menggunakan C

Default

Komputer memang memiliki peran yang luar biasa dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak hal yang dapat dilakukan seseorang dengan komputer. Baik sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan maupun mengakses informasi dari segala penjuru dunia.

Buat kamu pengguna PC desktop ataupun laptop berbasis Windows, pernah nggak merasa janggal dengan penyimpanan bawaan atau harddisk utama yang diberi huruf C. Apa yang melatarbelakangi pemilihan huruf C ini?

BACA JUGA
  • 10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tidak Gampang Rusak
  • Harddisk, SSD, dan Flashdisk. Manakah yang Paling Awet Menyimpan Data Kamu?
  • Cara Memasang Password pada Partisi HardDisk di Windows

Bukan A atau B, Ini Alasan Drive di Windows Memakai C

Kenapa Drive Komputer Menggunakan Huruf C

Kenapa nggak A atau B biar berurutan? Setelah C, drive selanjutnya akan dinamai sesuai abjad berikutnya yakni D, E, dan seterusnya. Sementara, flashdisk atau USB drive kebagian nama F dan G. Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita harus melihat ke belakang saat awal mula komputer dikembangkan.

Sejarah Sistem Komputer

Kenapa Drive Komputer Menggunakan Huruf C 3

Semua berawal dari sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi IBM di tahun 1960-an. Awal mulanya, IBM sengaja menggunakan abjad untuk membedakan logical drive yang ada di dalam sistem operasi mereka (seperti CP-40 dan CP/CMS). Selanjutnya, abjad itu juga digunakan untuk membedakan peranti physical storage yang dipakai dalam sistem CP/M.

IBM kemudian membuat kesepakatan dengan Microsoft di tahun 1980-an. Alhasil, Microsoft membeli kloningan sistem CP/M IBM yang disebut dengan 86-DOS, dan kemudian mengadopsi 86-DOS untuk PC desktop baru IBM. Setelah dikuasai Microsoft, 86-DOS ini mengalami beberapa perubahan signifikan, yang akhirnya diberi nama baru, MS-DOS.

Karena merupakan turunan dari sistem CP/M, maka MS-DOS juga mengadopsi skema sistem penamaan harddisk dari CP/M, yakni menggunakan huruf abjad. Meskipun harddisk sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950-an, PC yang di pasarkan pada masa itu kebanyakan belum dilengkapi dengan peranti penyimpanan internal. Hal ini karena harga harddisk masih sangat mahal.

Alasan Drive Bawaan Komputer Menggunakan Huruf C

Floppy Disk

Sebagai alternatif, muncullah floppy disk atau biasa dikenal sebagai disket. Nah, disket inilah yang punya nama A, karena memiliki dua jenis ukuran, 5 1/4" dan 3 1/2". Akhirnya, dua jenis ukuran floppy disk tersebut dilabeli dengan nama A dan B. Terjawab sudah kan?

Saat floppy disk ukuran 3,5 inci diperkenalkan, penamaan drive A dan B sudah tidak bisa diubah-ubah lagi, dan seperti diresmikan untuk dipakai dalam semua sistem. Dikutip dari Gizmodo, barulah pada tahun 1980-an harddisk menjadi standar penyimpanan pada PC. Karena dua huruf awal abjad sudah digunakan, logikanya peranti penyimpanan ketiga yang berupa harddisk itu diberi label C.

Drive C ini umumnya dipakai sebagai media penyimpanan utama dalam komputer, termasuk pada file-file milik sistem operasi yang dijalankan. Sekarang disket sudah tak lagi digunakan. Meski begitu, skema penamaan tersebut tetap diterapkan walaupun tidak ada aturan yang tertulis. Apakah kamu sempat mengenal disket saat masa kecil?

ARTIKEL TERKAIT
Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung Tanpa Root 7
Cara Menyingkirkan Aplikasi Bawaan di Smartphone Samsung Tanpa Root
10 Text Editor Terbaik Biar Kamu Makin Jago Coding
10 Text Editor Terbaik Biar Kamu Makin Jago Coding
Alamat Ip
PENTING! Inilah 4 Alasan Kamu Harus Menyembunyikan Alamat IP
Cara Menambah Ram Pc Banner
Cara Mudah Menambah RAM di PC Menggunakan Harddisk Internal
Aplikasi Android Untuk Cowok 6c7f9
10 Aplikasi untuk Menjadi Cowok Idaman Para Wanita
APPS TERKAIT
DriverPack_Solution_logo
DriverPack Solution 17.11.28
Apps Artur Kuzyakov
Nox App Player 8fd3a
Nox APP Player 6.6.0.5
Apps BigNox
20121226083529_99
phpMyAdmin 4.6.5.2
Apps phpMyAdmin devel team
K Lite Icon
K-Lite Codec Pack (Full) 15.7.5
Apps Codec Guide
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal