J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Nyembah Google?! Ini 5 Agama yang Jadikan Teknologi Sebagai Tuhan

              Nyembah Google?! Ini 5 Agama yang Jadikan Teknologi Sebagai Tuhan

              00
              Minggu, 5 Nov 2017, 11:00 WIB
              Teknologi memang menolong hidup manusia, tapi gak perlu sampai kita sembah, kan? Kenyataannya, terdapat 5 agama yang menjadikan teknologi sebagai Tuhan.

              Agama atau kepercayaan yang dianut adalah pilihan pribadi yang harus dihormati alias gak dipermasalahkan orang lain. Bahkan di Indonesia yang mengakui enam agama, masih banyak kepercayaan lain yang masih dianut sebagian warga.

              Namun pernahkah kamu membayangkan sebuah agama atau kepercayaan yang menyembah dan menjadikan teknologi sebagai Tuhan? Padahal kalau dipikir-pikir, teknologi sendiri adalah ciptaan kita sendiri, manusia, lalu kenapa kita sembah? Tapi itulah yang terjadi. Banyak orang yang mempercayakan hidupnya pada teknologi hingga menjadikannya Tuhan.

              Berikut Jaka ulas lima agama yang menjadikan teknologi sebagai Tuhan yang mereka sembah.

              BACA JUGA
              • 10 Ilustrasi yang Membuktikan Bahwa Dunia Memang Gila (Part 2)
              • Inilah 5 Kelakuan Gila YouTuber yang Nggak Boleh Ditiru!
              • Awas Gila! Ini 3 Game Yang Membahayakan Psikologis

              5 Agama yang Jadikan Teknologi Sebagai Tuhan

              1. The Way of The Future

              Agama Teknologi 1

              Berawal dari para ilmuwan yang percaya kalau Artificial Intelligence atau AI akan mengambil alih dunia di masa depan akibat kecerdasan mereka, Anthony Levandowski kemudian mendirikan sebuah agama yang menjadikan AI sebagai Tuhan.

              The Way of The Future punya misi memberikan pengertian pada manusia supaya mereka gak takut sama AI itu sendiri. Agama ini juga mengajarkan manusia untuk bisa hidup berdampingan dengan AI di masa depan. Ajaran ini sulit dipercaya mengingat Levandowski sendiri pernah dipecat Google lantaran membocorkan salah satu rahasia perusahaan ke Uber.

              2. Scientology

              Agama Teknologi 2

              Meski banyak dihujat, agama ini ternyata banyak dianut public figure lho! Sebut aja nama-nama besar Hollywood macam Will Smith dan Tom Cruise. Mereka menganut agama yang diciptakan pada tahun 1952 oleh seorang bernama Ron Hubbard.

              Scientology sendiri punya misi untuk membebaskan jiwa manusia yang disebut titan dengan menggunakan metode hipnosis. Kepercayaan pada titan dan metode yang digunakan tersebut jadi satu hal yang dipuja para penganutnya. Metode yang bertujuan membuang kenangan buruk di masa lalu tersebut diyakini menjadikan hidup mereka lebih baik.

              3. Angkasa Nauli

              Agama Teknologi 3

              Angkasa Nauli adalah agama lokal yang baru berdiri tahun 2017 di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Diciptakan oleh seorang dosen Universitas Mataram yang mulai meragukan agama asalnya, dia kemudian membuat sebuah agama yang menyembah angkasa luar.

              Anehnya lagi, dosen tersebut mengaku sebagai Tuhan dalam agamanya itu. Jika dia Tuhan, kenapa yang disembah harus angkasa luar? Kenapa bukan dia sendiri yang katanya Tuhan? Unik sekali ya manusia yang satu ini.

              4. Cargo Cult

              Agama Teknologi 4

              Agama yang satu ini terbilang cukup populer karena dianut di berbagai daerah terpencil di dunia. Ialah Cargo Cult, agama yang timbul akibat Perang Dunia II. Berawal dari militer yang sering menjatuhkan bahan makanan melalu pesawat kargo, penduduk asli yang kala itu masih sangat primitif kemudian menganggap pesawat kargo sebagai Tuhan yang mengirimkan bantuan.

              Ternyata, hingga kini masih banyak daerah yang penduduk aslinya menganut agama ini lho. Bahkan mereka kerap melakukan ritual aneh yang bertujuan memanggil pesawat kargo untuk mengirimkan bahan makanan atau bantuan lainnya pada mereka.

              5. Googlism

              Agama Teknologi 5

              Sesuai namanya, agama yang satu ini menjadikan Google sebagai Tuhannya. Matt MacPherson adalah dalang dibalik terciptanya agama Googlism. Dia menemukan sembilan alasan yang menjadikan Google layak menjadi Tuhan antara lain Google tahu segalanya, Google ada di mana-mana, Google bisa dilihat dan berbagai alasan lainnya.

              Memang selama ini mayoritas orang akan bertanya pada Google soal apapun yang mereka ingin tahu. Tapi kalau sampai menjadikannya Tuhan? Namun belakangan diketahui, agama yang satu ini ternyata adalah parodi untuk menyindir orang-orang yang menganggap teknologi, termasuk Google lebih besar dari Tuhan yang menciptakan mereka.

              Akhir Kata

              Itulah lima agama yang menjadikan teknologi sebagai Tuhan untuk mereka sembah. Gimana? Cukup untuk bikin kamu geleng-geleng kepala? Jaka pribadi sih gak setuju kalau manusia menyembah ciptaannya sendiri. Gimana pendapatmu? Sampaikan lewat kolom komentar ya.

              Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              Jadwal Shalat
              Jadwal Sholat dan Imsakiyah 1.0.34
              Apps Kodelokus
              Prayer Times Qibla Azan Icon
              Prayer Times: Qibla & Azan 4.2.1
              Apps PXL APPS
              My Instadeen Doa Harian Icon
              My InstaDeen (Doa Harian) 1.0.4
              Apps Kamal Kornain
              Logo Davidsetyo Kumpulandoa Icon
              Kumpulan Doa Terlengkap 2.2
              Apps David Setyo
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal