J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Emoji Paling Kontroversial di Dunia, No. 7 Parah Banget!

7 Emoji Paling Kontroversial di Dunia, No. 7 Parah Banget!

Senin, 25 Jun 2018, 16:00 WIB
Pada 1990-an, emoji diciptakan oleh Shigetaka Kurita di Jepang. Namanya juga berasal dari kata Jepang, e yang berarti gambar dan moji yang berarti karakter, di mana jika digabungkan menjadi emoji yang berarti karakter gambar.

Pada 1990-an, emoji diciptakan oleh Shigetaka Kurita di Jepang. Namanya juga berasal dari kata Jepang, 'e' yang berarti gambar dan 'moji' yang berarti karakter, di mana jika digabungkan menjadi 'emoji' yang berarti 'karakter gambar'.

Emoji awalnya hampir tidak dikenal di luar Jepang, sampai pada tahun 2007, Apple menambahkannya ke iPhone untuk menarik minat konsumen Jepang yang pada kenyataannya kini justru digemari di seluruh dunia. Tapi untuk sesuatu yang terkenal di seluruh dunia, pastinya memiliki kontroversi. Kali ini Jaka telah menyusun 7 Emoji Paling Kontroversial di Dunia. Simak ulasannya di bawah ini yuk!

BACA JUGA
  • 5 Emoji Terlarang Ini Ternyata Diblokir di Berbagai Negara!
  • 15 Konten Kontroversial yang Pasti Dibanned oleh Apple App Store
  • 5 Konsol Game yang Gagal Total di Era-nya! Bahkan ada Buatan Apple Juga!

7 Emoji Paling Kontroversial di Dunia

1. Emoji LGBT Apple

Lgbt Emoji 0fdf3
Sumber foto: THR

Emoji LGBT telah mengerutkan dahi di negara-negara di mana perilaku suka sesama jenis dilarang dan ilegal. Bahkan Apple pernah diselidiki Rusia karena kecurigaan mempromosikan propaganda gay. Mereka pun dituntut untuk merilis iPhone tanpa emoji LGBT tersebut.

Emoji LGBT juga mendapat kecaman di Indonesia di mana pemerintah memerintahkan semua aplkasi instan yang beroperasi menghapus semua emoji yang mengandung unsur pornografi dan LGBT.

2. Emoji Pistol Air Apple

Emoji Pistol Air Apple 72308
Sumber foto: popsci

Apple membangkitkan kontroversi lain setelah mengganti emoji pistolnya dengan emoji pistol air sebagai tanggapan atas beberapa serangan senjata di Amerika Serikat.Jean Hannah Edelstein, kolumnis The Guardian, menyambut emoji baru sebagai berhasilnya pengontrolan senjata. Sementara bagi Jeremy Burge, editor Emojipedia, mengkritiknya, karena lebih baik Apple menghapus emoji pistol daripada mengganti bentuknya saja.

Benar saja Apple justru malah menimbulkan masalah baru ketika emoji tersebut hanya berbentuk seperti itu pada sesama perangkat Apple, sedangkan jika dikirim ke platform lain, seperti Windows, emoji tersebut kembali ke bentuk pistol asli.

3. Emoji kursi roda

Emoji Kursi Roda 666ed
Sumber foto: Amazonaws

Simbol kursi roda telah digunakan sejak 1968, ketika itu dirancang oleh Susanne Koefoed. Desain asli Susanne menggambarkan seorang duduk tegak di atas kursi roda, orang itu tampak tidak bergerak dan bahkan tidak memiliki kepala. Kemudian selama berjalannya waktu, simbol tersebut terus berkembang, namun masih memiliki hal yang sama, yaitu terlihat duduk tegak di atas kursi roda.

Kemudian saat emoji mulai tenar di dunia, sebuah simbol baru dimunculkan dalam emoji untuk kursi roda. Simbol tersebut masih berupa orang duduk di atas kursi roda, namun terlihat seolah akan menerjang yang ada di depannya. Pemerintah Amerika Serikat pun melarang penggunaan simbol ini dan bahkan di tolak oleh Internasional Organization for Standardization atau yang kita kenal dengan ISO, yang memberi label terhadap simbol tersebut diskriminatif terhadap orang cacat.

4. Emoji Gorila dan Badut Apple

Emoji Gorila Dan Badut Ef6db
Sumber foto: NBC

Sebuah gorila dan emoji badut memicu kontroversi setelah mereka dimasukkan sebagai bagian dari 72 emoji baru dalam update iOS pada tahun 2016. Bukan karena kesalahan bentuk atau desain yang buruk, kedua emoji ini jutru jadi kontroversi hanya karena rilis di saat yang tidak tepat.

Emoji gorila, mengingatkan orang-orang terhadap Harambe, seekor gorila jantan yang ditembak dan dibunuh di kebun binatang Cincinnati pada Mei 2016, setelah hewan itu menyeret seorang bocah empat tahun yang jatuh ke kandangnya. Reaksi publik terhadap tindak penembakan tersebut begitu hebat, bahkan hingga menyasar ke emoji ini.

Kemudian untuk emoji badut juga dirilis pada waktu yang salah, di mana saat itu tengah menggilanya teror badut di tempat acak di beberapa negara. Seseorang bahkan menuduh Apple mendalangi para badut itu hanya untuk mengiklankan emoji badut yang akan datang.

5. Emoji Burger Google

Burger Emoji Bb80a
Sumber foto: Timedotcom

Dari hal ini Google belajar betapa seriusnya orang-orang terhadap sebuah bentuk burger setelah emoji burger mereka mengalami kesalahan. Para desainer dari emoji ini telah menempatkan keju di bawah daging patty dan langsung di atas roti paling bawah. Kesalahan itu segera menjadi perbincangan viral di Twitter yang dimulai oleh analis media sosial Thomas Baekdal. Ia membandingkan Burger Google dengan Burger Apple, di mana keju terdapat sesuai di atas daging patty.

Diskusi parodi ini pun di-retweet lebih dari 17.000 kali dengan 1.500 komentar memperdebatkan posisi yang benar dari keju. Kebanyakan bersikeras bahwa keju harus di atas daging patty dan tidak di bagian bawahnya. Mencoba menjawab kegemparan yang terjadi, CEO Google Sundar Pichai menyatakan bahwa Google sementara akan meninggalkan pekerjaan lain demi memperbaiki bentuk burger mereka.

6. Emoji Terung

Emoji Terung 4e62e
Sumber foto: Shopify

Emoji terung seharusnya mewakili sayuran, tetapi pada emoji perannya berubah menjadi pengganti penis. Emoji ini pun menjalani perannya tersebut segera setelah dirilis pada tahun 2010. Salah satu perusahaan kondom ternama bahkan menggunakan emoji ini dalam sebuah iklan mereka.

Emoji tersebut kemudian menjadi pusat kontroversi pada tahun 2015 setelah dilarang di Instagram bersama dengan tagar seperti #eggplant dan #EggplantFriday. Semua ini dimulai pada tahun 2014 ketika beberapa pria mulai mengunggah foto-foto vulgar dari 'terung' mereka beserta emoji terung dan tagar #EggplantFriday.

7. Emoji Feeling Fat Facebook

Emoji Feeling Fat B71b9
Sumber foto: Mamamia

Facebook memasukkan emoji feeling fat atau yang berarti 'merasa gemuk' sebagai bagian dari beberapa emoji yang dirilis pada tahun 2015. Ternyata hal ini secara instan menarik kemarahan beberapa pengguna yang memprotes bahwa 'gemuk' bukanlah perasaan.

Kemudian kampanye "gendut bukanlah perasaan" dipelopori oleh Endangered Bodies, sebuah kelompok feminis yang dipimpin oleh Catherine Weingarten. Ia membuat petisi di Change.org dan mengumpulkan lebih dari 15.000 tanda tangan. Kelompok ini menyatakan bahwa emoji tersebut juga tersirat mengejek para orang gemuk. Facebook awalnya menolak untuk mengganti emoji tersebut, tetapi kemudian kata-kata emoji tersebut diganti menjadi feeling stuffed atau merasa kenyang.

Akhir Kata

Itulah 7 Emoji Paling Kontroversial di Dunia. Jadi menurutmu mana yang paling heboh dan mencengangkan? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
Aaa 1 Picsay 5f37a

10 Berita HOAX yang Pernah Menggemparkan Indonesia dan Dunia

Anime Haram Saat Puasa Banner Afc51

10 Genre Anime yang Bisa Membatalkan Puasamu, Gak Baik Buat Jiwa!

Akun Instagram Berbahaya Saat Puasa Dda85

Awas Batal! Ini 10 Akun Instagram yang Berbahaya Saat Puasa

Meme Twitter Awal Puasa Bbbc4

10 Meme Twitter Kocak Awal Puasa yang Bikin Ngakak Sampe Sahur

Konsol Game Portable Jadul B13f8

Sebelum PS Vita, Ini 7 Konsol Game Portable Generasi 90-an

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Fakta Mengejutkan Tentang Emoji yang Belum Kamu Ketahui. (KHUSUS 18+)

10 Fakta Mengejutkan Tentang Emoji yang Belum Kamu Ketahui. (KHUSUS 18+)

5 Emoji Terlarang Ini Ternyata Diblokir di Berbagai Negara!

5 Emoji Terlarang Ini Ternyata Diblokir di Berbagai Negara!

Buat Emoji Seperti iPhone di HP Android dengan 4 Aplikasi Ini

Buat Emoji Seperti iPhone di HP Android dengan 4 Aplikasi Ini

Jangan Asal Kasih Hati, Ini 18 Makna Emoji Hati yang Wajib Kamu Tahu

Jangan Asal Kasih Hati, Ini 18 Makna Emoji Hati yang Wajib Kamu Tahu

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal