J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Hayo Tebak Kucing Ini Naik atau Turun Tangga?

              Hayo Tebak Kucing Ini Naik atau Turun Tangga?

              00
              Selasa, 14 Apr 2015, 10:12 WIB
              Setelah sebelumnya muncul pertanyaan tentang warna dress biru hitam atau putih emas, kini muncul pertanyaan kucing ini naik atau turun tangga. Silahkan jawab berdasarkan interpretasimu di kolom komentar ya!

              Kurang lebih dalam kurun waktu 48 jam lalu, dunia dikejutkan oleh gambar yang mempertanyakan kucing ini naik atau turun tangga? Kami sendiri nggak yakin kucing ini naik atau turun tangga. Gambar ini pertama muncul di situs 9gag yang kemudian menyebar ke dunia sama cepatnya seperti gambar sebelumnya yang menanyakan warna dress biru hitam atau putih emas.

              Up Or Down Cat

              Kayaknya gambar ini butuh pandangan dari sisi science deh. Syukurlah Guru Besar Ilmu Pengetahuan Sosial dari Warwick Business School UK, Profesor Nick Chater angkat bicara. Dilansir dari CNET, Ia menjelaskan Kita melihat ini dalam bentuk 3D, bagaimanapun mata kita hanya menerima gambar 2D. Ini terlihat membingungkan karena secara matematika disitu harus mengimplikasikan gambar 3D yang sama seperti gambar 2D. Sering sekali otak kita bisa menyelesaikan masalah secara spektakuler. Ternyata interpretasi 3D ini masuk akal dan lainnya aneh dalam cara apapun.

              Chater melanjutkan Otak kita menggunakan interpretasi 3D yang paling masuk akal dan kebanyakan berjalan dengan baik (kecuali ketika kita jadi sasaran ilusi visual). Tapi terkadang ada dua interpretasi 3D yang sama masuk akalnya dari gambar 2D. Contohnya Necker cube dan Rubin s face-vase-illusion. Otak akan bolak balik antara satu interpretasi dan lainnya

              Setelah penjelasan panjang ini pun kami masih belum mengerti jawaban terbaik dari gambar kucing ini. Untunglah Chater mulai memberikan titik terang. Chater berkata bahwa gambar kucing ini memiliki dua interpretasi yang mungkin karena 'benda berwarna abu-abu kotak di bagian atas gambar'. Dia mengatakan kita berfokus pada angle di antara latar di tangga dan permukaan lalu merepresentasikan gambar ini sebagai lantai abu-abu.

              Lalu saat kita melihat kucing ini menuruni tangga, kotak abu-abu tadi diinterpretasikan sebagai atap. Ini membuat sudut lancip sekitar 45 derajat pada tangga. Tapi ketika kita melihat kucing menaiki tangga, kotak abu-abu diinterpretasikan sebagai lantai dan ini membuat sudut tumpul sekitar 135 derajat pada tangga.

              Jadi yang benar yang mana, prof??

              Hanya jika kita bisa tahu kemiringan dari objek kotak misterius apa yang berhubungan dengan tangga, maka kita bisa tahu itu lantai atau atap dan tidak aka nada keambiguitas. Tapi foto ini dengan pandainya meninggalkan kotak abu-abu itu tanpa petunjuk. Jadi kita bolak balik dari satu interpretasi ke interpretasi lain, ujar Chater menyudahi.

              Hah? Jadi setelah penjelasan panjang secara intelektual, kita masih belum dapat jawaban dari pertanyaan gambar kucing tersebut? Sial! Kita masih nggak akan tau jawaban gambar tersebut sampai setidaknya pembuat gambar ini menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada gambar tersebut. Kalo menurut kita sih, kucing itu lagi turun, karena buntutnya terlihat ke atas. Bagaimana menurut pendapat kamu? Yuk, silahkan tulis di kolom komentar!

              9gag Icon Icon
              9GAG 2.20.32
              Apps Productivity 9GAG
              DOWNLOAD

              Artikel Menarik Lainnya:

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal