Ini Dia Kotak Pasir Interaktif dengan Teknologi Augmented Reality

Di tahun ini, selain tren Virtual Reality yang sedang happening, kita juga jangan lupa lho dengan saudaranya yaitu Augmented Reality yang juga berhasil menarik perhatian para antusias teknologi dari tahun ke tahun. Kali ini para peneliti dari UC Davis bekerja sama dengan lembaga lainnya menciptakan suatu sarana pengajaran ilmu bumi dalam media 3D dan pasir (sandbox).

Augmented Reality Topography 2

Daripada harus menjelaskan ilmu pengetahuan melalui media yang konvensional nan menjemukan, mereka akhirnya menemukan cara tepat dan asyik, yaitu menggunakan kamera Microsoft Kinect 3D, software simulasi dan virtualisasi, dan proyektor. Hasilnya adalah kotak pasir warna-warni akibat disinari oleh proyektor di atasnya. Warna-warna tersebut akan menjelaskan model topografi dari pasir tersebut secara real time. Warna-warna tersebut juga menjelaskan warna dari pemetaan elevasi tanah, garis kontur topografi, dan simulasi air.

Augmented Reality Topography 1

Adanya teknologi interaktif yang menarik ini membuat pengajaran geografi, geologi, dan konsep hidrologi termasuk cara membaca kontur topografi menjadi lebih menyenangkan. Menariknya adalah kamu bisa mengacak-acak kotak pasir tersebut sesuka hati dan hasil dari perubahan warnanya akan terjadi secara real time.

Proyek ini terinspirasi dari peneliti Ceko yang sebelumnya juga menciptakan prototype kotak pasir yang sama namun dengan augmented reality yang lebih sederhana. Selain itu, mereka juga terinspirasi dari Project Mimicry yang dirancang untuk game dengan media kotak pasir pula.

Artikel menarik lainnya:

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal