10 Video Viral Terbaik yang Muncul Sebelum Hadirnya YouTube

30 October 2016

Jauh sebelum ada YouTube, sebenarnya sudah banyak video-video yang menjadi trend dan bahkan menjadi viral di antara masyarakat. Kalau sekarang membuat video itu gampang, bisa dengan berbagai gadget atau karya seni lainnya yang tinggal kamu upload ke media sosial, dulu kamu perlu tema spesial dan unik yang tidak bisa ditemukan di video lainnya.

Kalo kamu penasaran dengan video-video viral unik tersebut, kamu bisa melihat contohnya seperti 10 video viral yang telah disusun oleh Elise Moreau dari about.com berikut.

10 Video Viral Terbaik yang Muncul Sebelum Hadirnya YouTube

1. Star Wars Kid (2003)

Mengawali daftar kita ada Star Wars Kid yang muncul secara heboh pada 2003. Video ini menampilkan seorang remaja yang merekam dirinya sendiri ketika beracting seolah-olah menggunakan light saber dari film Star Wars. Diduga video lucu ini menyebar secara luas melalui aplikasi peer-to-peer Kazaa dan bentuk video remix, plus special effect, dan varian lainnya terus menyebar selama tahun tersebut.

2. Dancing Baby (1996)

Siapa sih yang tidak tau video ini? Ya, The Dancing Baby atau Oogachaka merupakan video animasi 3D dari seorang bayi dengan latar belakang musik rock yang menyebar pada 1996 jauh sebelum ada media sosial. Video ini dengan cepat hadir di banyak komputer di dunia melalui pesan berantai yang dikirimkan melalui email secara terus menerus dan berkembang menjadi berbagai macam varian.

3. Don Hertzfeldt’s Rejected (2000)

Untuk kamu yang suka dengan kartun dengan tema absurd, tentu tidak boleh melupakan kartun yang satu ini. Rejected merupakan kartun yang sangat popular di website-website humor pada tahun 2000 dan bahkan masuk menjadi nominasi Academy Awards dalam nominasi “best Animated Short Fim”. Quotes viral seperti “my spoon is too big” hingga “my anus is bleeding” datang dari kartun yang satu ini.

4. Numa Numa (2004)

Sepertinya tidak ada orang paling bahagia di dunia pada tahun 2004 selain orang di dalam video ini. Video yang terkenal dengan nama Numa Numa ini menampilkan seorang pria yang sedang bernyanyi lipsync dan menari dengan sangat ceria (mungkin gila lebih tepatnya) dengan lagu pengiring berjudul Dragostea Din Tei oleh grup O-Zone. Video yang terkenal melalui situs Newgrounds ini langsung mendapatkan jutaan viewer sejak videonya pertama kali hadir di internet.

5. The End of the World (2003)

Kartun animasi flash berjudul The End of the World menjadi kartun yang sangat viral pada tahun 2003 setelah video tersebut diupload ke situs humor Albino Blacksheep. Video humor ini berisi narasi mengenai bagaimana situasi ketika dunia mengalami kekacauan dan akan berkahir. Hal yang membuatnya lucu adalah bentuk narasinya yang sangat aneh dengan quote-quote yang kemudian terkenal seperti “I am le tired” dan “WTF,mate?”.

6. All Your Base Are Belong to Us (2000-an)

Video yang diawali dengan cuplikan dari video game 16-bit dari tahun 1989 yaitu Zero Wing ini menjadi salah satu video yang sangat popular pada awal abad 21 karena menampilkan berbagai elemen yang catchy seperti dialog-dialog yang secara gramatikal salah dan kemudian diiringi dengan musik yang dapat dibilang menarik perhatian.

7. Badger Badger Badger (2003)

Video yang pertama kali muncul di weebls-stuff.com ini sama seperti The End of the World Karena merupakan animasi flash. Namun bedanya ialah video ini meenceritakan mengenai sekumpulan badger yang menari lucu disertai selingan-selingan seperti ular, jamur, dll. Tarian tersebut diiringi dengan lagu yang cukup menghibur dan sangat catchy serta bikin ketagihan.

8. The Llama Song (2004)

Pertama kali saya lihat video ini, saya kira ini untuk mempromosikan aplikasi Winamp yang melegenda tersebut, karena seperti kita ketahui bahwa Llama merupakan maskot dari aplikasi pemutar musik yang sangat populer di awal abad ke-21 itu. Jangan kaget ya apabila kamu akan melihat banyak sekali llama di video ini karena judulnya saja sudah Llama Song. Video ini pertama kali hadir pada tahun 2004 yang diupload ke internet oleh seorang user dari DeviantArt dan langsung mencetak rekor dengan mencapai 50.000 viewer hanya di DeviantArt saja, belum termasuk ketika telah dishare ke situs populer lainnya seperti Newgrounds dan Albino Blacksheep.

9. Peanut Butter Jelly Time (2002)

Sejujurnya, video ini merupakan favorit dari penulis karena lagu yang diputar sangat melekat di kepala, bahkan sambal diiringi dengan pisang yang menari. Peanut Butter Jelly Time sendiri merupakan judul lagu dari salah satu grup hiphop bernama The Buckwheat Boyz. Karena kepopuleran dari video ini, bahkan hingga diremake oleh seniman lainnya, bahkan oleh serial kartun ternama,Family Guys.

10. We Like the Moon (2003)

Video ini mulai populer melalui situs Rathergood.com pada awal tahun 2000-an dan sebenarnya terdiri tokoh yang absurd. Selain bertingkah aneh selama video berjalan, ia juga bernyanyi dengan suara yang menjengkelkan untuk didengar sebenarnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar