J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Tips Mengawali Karier Jadi Caster Game eSports, Gak Kalah Sama Olahraga Lain!

Rabu, 7 Apr 2021, 13:00 WIB
Mau jadi caster pertandingan esports? Simak tips-tips berikut ini supaya banyak yang senang dengar kamu bicara!

Apakah kamu sering mendengar 'komentator' dalam turnamen eSports? Nah, sosok yang mendeakripsikan jalannya laga itu disebut sebagai shoutcaster atau caster.

Caster adalah salah satu pilihan karier yang memungkinkan buat kamu yang mau terjun ke dunia eSports, namun tidak pede dengan kemampuan saat main di in-game.

Kalau di Mobile Legends, ada caster favorit seperti Ranger Emas atau Clara Mongstar, sementara di PUBG Mobile juga ada Bro Pasta dan Flo Wolfy. Kalau untuk Free Fire, Elhaya dan OhBaby masih jadi primadona.

Bahkan, beberapa industri juga membuka talent hunt untuk mencari shoutcaster muda. Ini adalah kesempatan kamu buat terjun ke industri eSports. Mau tahu tips dan triknya?

1. Paham Game dan Istilahnya

Ranger Emas 6482f

Setiap game eSports memiliki karakteristik berbeda, dan memiliki istilah-istilah yang unik pula. Makanya, kamu harus paham terlebih dahulu game apa yang mau kamu bawakan, dan istilah-istilah dalam game.

Guna memahami game dan setiap istilahnya dengan baik, tentu saja kamu harus menjajal game tersebut dan memiliki jam terbang tinggi. Makanya, kamu harus rajin latihan ya.

Semakin kamu mengenal game yang kamu jadikan andalan, maka akan lebih mudah buat mengingat istilah in-game. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, maka akan semakin lancar juga saat jadi shoutcaster.

2. Harus Percaya Diri dan Pelafalan Bagus

Clara Mongstar 59a85

Menjadi shoutcaster tidak hanya berbicara di balik pertandingan, namun juga bakal tampil di panggung atau bahkan di layar kaca. So, kamu harus memiliki rasa percaya diri tinggi.

Masing-masing orang memiliki cara untuk memupuk rasa percaya diri, ada yang cukup berbicara di depan cermin, atau langsung tampil di berbagai acara online dan offline.

Kemudian, shoutcaster identik dengan tutur kata yang cepat mengikuti alur pertandingan atau lawan bicara. Makanya, sebelum bisa bicara dengan cepat, pastikan kalian sudah belajar berbicara dengan tepat lebih dahulu.

3. Sharing Ilmu dengan Caster Lain

Momochan 91ba5

Shoutcaster dalam turnamen eSports tentu sulit jika seorang diri, biasanya kamu akan ditemani seorang partner. Nah, kamu harus berbagi ilmu dengan mereka, apalagi saat bareng caster yang sudah berpengalaman.

Kamu bisa mulai dari meminta saran caster lain, bertukar pikiran atau sekadar mengobrol ringan dengan shoutcaster senior di dalam komunitas eSports. Dijamin deh, karir kamu buat jadi shoutcaster bakal makin mulus.

4. Tambah Jam Terbang

Bro Pasta 411f2

Seorang caster tidak serta merta langsung tampil di layar laca loh. Mereka tentu sudah memiliki banyak jam terbang, bahkan pernah jadi caster di event-event kecil sekali pun.

Buat kamu yang masih pemula, disarankan buat menambah jam terbang meskipun di event kecil dalam komunitas, atau bahkan kamu tidak dibayar. Hal yang paling penting di sini adalah buat menambah jam terbang.

Siapa tahu, jika kamu sering mengisi posisi shoutcaster di berbagai event kecil, tawaran demi tawaran akan terus berdatangan dan tiba saatnya buat kamu menjadi partner salah satu caster beken di Indonesia.

5. Cari Sisi Unik

OhBaby FF 98707

Langkah terakhir buat kamu yang mau jadi shoutcaster profesional, kamu bisa mencari sisi unik dan berbeda dengan caster lainnya. Sehingga, kamu bakal diingat oleh penonton.

Ada shoutcaster yang dikenal karena sering memakai topi, ada pula yang dikenal karena memiliki rambut warna-warni. So, kamu bisa temukan keunikanmu sendiri, baik dari sisi keunikan looks ataupun pembawaan kamu.

Akhir Kata

Demikian 5 tips mengawali karier sebagai shoutcaster. Lakukan sekarang juga, karena setelah ini bakal banyak pesiang yang juga berharap bisa menjadi caster profesional.

Semoga tips ini bermanfaat buat kamu yang mau terjun ke dunia eSports sebagai caster, dan selamat mencoba.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia Paling Kaya, Hartanya Sampai Ratusan Miliar!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal