J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Tips Jadi Caster Esports Sukses Ala Clara Mongstar, Simak Baik-Baik!

Kamis, 15 Apr 2021, 15:15 WIB
Begini tips untuk menjadi caster esports yang sukses dan menguasai materi dari Clara. Apa aja ya?

Apakah kamu sering mendengar 'komentator' dalam turnamen eSports? Nah, sosok yang mendeskripsikan jalannya laga itu disebut sebagai shoutcaster atau caster.

Shoutcaster adalah salah satu pilihan karier yang memungkinkan buat kamu yang mau terjun ke dunia eSports, namun tidak pede dengan kemampuan saat main di in-game.

Salah satu shoutcaster panutan di Indonesia datang dari ajang MPL Indonesia, yaitu Clara Kartika Sari Utoyo alias Mongstar. Tak hanya di level nasional, ia pun menjadi salah satu caster favorit di kejuaraan dunia M1 dan M2.

Meski tidak terlalu aktif membuat konten di Youtube dan media sosial seperti caster lain, namun Clara Mongstar tetap jadi panutan.

Nah, berikut ini Clara Mongstar membagikan 5 tips ampuh buat jadi shoutcaster sukses. Simak baik-baik dan langsung terapkan, ya.

1. Kuasai Materi Game

Clara Mongstar4 Ea149

Setiap game eSports memiliki karakteristik berbeda, dan memiliki istilah-istilah yang unik pula. Makanya, kamu harus paham terlebih dahulu game apa yang mau kamu bawakan, dan istilah-istilah dalam game itu.

Guna memahami game dan setiap istilahnya dengan baik, tentu saja kamu harus menjajal game tersebut dan memiliki jam terbang tinggi. Makanya, kamu harus rajin latihan ya.

Ketika kamu matang dengan materimu, kamu akan pede dengan sendirinya, karena jadi shoutcaster diharuskan untuk memiliki wawasan yang luas terutama di ranah eSports dan game," pesan Clara Mongstar.

2. Sering Latihan

Clara Mongstar2JPG 23b2a

Masih nyambung sama tips pertama, kita harus sering latihan agar makin lancar dan menguasai istilah-istilah apa saja yang ada dalam game tersebut. Dengan begitu, caster bisa mudah mendeskripsikan jalannya laga.

Kemudian, sering latihan di depan kaca dan di depan banyak orang buat menumbuhkan rasa percaya diri. Jika sudah terbiasa, baru kita membuat trademark atau ciri khas yang membuat kita lebih mudah dikenal publik.

3. Ramah Kamera

Menjadi seorang shoutcaster memang tidak selamanya disorot kamera, ada juga yang hanya memberi komentar jalannya laga dari balik kamera. Tapi, kalau kamu sudah ramah kamera, maka hal itu bisa menjadi nilai plus.

Clara Mongstar menyarankan kamu untuk melatih mimik dan gestur. Semakin sering berlatih di depan cermin atau di depan kamera, kamu akan mengetahui dengan sendirinya sudut-sudut terbaik buat kamu.

3. Minta Masukan, Cuekin Hujatan

Clara MongstarJPG B31ed

Kesalahan dianggap sebagai hal yang biasa bagi Clara Mongstar, dan ia tak ragu untuk meminta masukan dari penikmat tayangan MPL Indonesia atau dari para caster senior.

Tapi kalau sudah ada hujatan dan komentar negatif di media sosial, Clara Mongstar sih mengaku terbiasa untuk cuek dan memilih untuk mengabaikannya saja, karena bisa berdampak negatif ke performa selanjutnya.

"Ingat, meski banyak yang berkomentar negatif, akan selalu ada orang yang tetap mendukung kalian," pesan Clara Mongstar.

Agar kamu terbantu untuk mengabaikan hujatan, baiknya kamu fokus ke diri sendiri. Kembangkan potensi dan hal-hal baik yang kamu miliki, lalu buktikan kalau kamu bisa tampil lebih baik dari sebelumnya.

5. Lupakan Hal Negatif

Hal baik dan buruk akan selalu datang beriringan. Clara Mongstar menyarankan agar kamu melupakan semua hal negatif. Jangan menyimpan perasaan negatif karena hal ini akan menghambat kamu berkembang.

Seperti yang disebutkan pada tips keempat, fokus pada diri sendiri dan hal positif yang ada dalam diri kamu. Hal ini akan menjadi motivasi yang baik agar kamu bisa terus melangkah maju jadi caster nasional.

Akhir Kata

Clara Mongstar mengaku jika karier sebagai shoutcaster eSports tak selamanya berjalan mulus, tapi dibutuhkan kerja keras, mindset positif, dan usaha yang benar-benar total.

Kini kita bisa melihat jika Clara Mongstar berhasil melewati segala tantangannya dan bisa menjadi salah satu shoutcaster terbaik di Indonesia. Terapkan 5 tips di atas dan kamu juga bisa jadi 'the next Mongstar'.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

Bukan Ulah Alien, Misteri Segitiga Bermuda Akhirnya Berhasil Dipecahkan!

Dari Raisa Hingga Marion Jola, Ini Foto 13 Artis Cantik Ternama Saat Masih Sekolah!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal