J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Tips Ampuh Hadapi Pemain Toxic saat Main Game Online, Jangan Kepancing Emosi!

Jumat, 16 Apr 2021, 16:45 WIB
Jangan kepancing emosi kalau ketemu pemain toxic saat main game online. Simak tipsnya berikut ini!

Memasuki bulan suci Ramadan, main game online jadi salah satu aktivitas favorit buat mengisi waktu puasa dan juga ngabuburit.

Tapi, apa jadinya kalau kamu bertemu pemain toxic? Entah sebagai lawan main atau teman satu tim, keduanya sama-sama mengganggu. Kalau tersulut emosi, bisa-bisa puasa kamu batal nih.

Faktanya, banyak juga pemain toxic entah lewat perbuatan, perkataan atau pesan di in-game yang membuat kita terganggu, dan itu terjadi di luar bulan Ramadan.

Makanya, berikut ini Jaka bakal ngasih 5 tips ampuh untuk menghadapi pemain toxic saat main game online, dijamin bakal kapok deh.

1. Tetap Tenang, Stay Calm

Toxic Player 17c45

Walaupun terdengar klise, tapi cobalah untuk tetap tenang saat bermain game online. Apa pun yang ditulis oleh pemain toxic kepada kamu itu hanyalah kata-kata di depan layar.

Jangan panik kalau kamu diancam akan dilaporkan karena menyebabkan kekalahan. Selama tidak melanggar aturan permainan apa pun, tidak akan ada pihak yang bisa nge-banned kamu.

Ada baiknya untuk mendiskusikan setiap konflik dalam game dengan orang yang kamu percaya, seperti teman atau keluarga. Hal ini berguna untuk melepas beban dalam diri dan memberikan perspektif yang beda.

2. Laporkan ke Sistem

Report Player MLBB Bcc82

Kamu bisa melaporkan setiap pemain toxic yang meresahkan. Sekarang, hampir semua game online telah menyediakan wadah untuk melaporkan pemain yang berperilaku tidak pantas terhadap orang lain, apalagi bullying.

Meskipun si pengganggu tidak langsung ditindak, baik di Steam atau game tertentu, pengaduan kamu tersebut setidaknya dapat memberikan notifikasi ke sistem game itu.

Kemudian, jika orang lain mengeluhkan hal yang sama tentang si pemain toxic, pelaku intimidasi akan mendapat perhatian khusus, entah itu diblokir atau dikumpulkan dengan player toxic lainnya dalam permainan.

3. Blokir Pemain Toxic atau Filter Pesan Obrolan

Sebagian besar platform game juga memiliki alat di luar sistem pelaporan untuk menindak player yang toxic. Kamu bisa mengatur filter obrolan otomatis untuk menghindari hal-hal yang meresahkan atau tidak menyenangkan.

Jika kamu mendapat pelecehan di saluran suara, kamu dapat nonaktifkan rekan pemain yang toxic tersebut, atau jika kena pelecehan di luar game, tambahkan pemain tersebut ke daftar blokir kamu dan putus komunikasi.

4. Stop Permainan

Jika rekan satu tim kamu membombardir dengan hinaan atau ancaman, dan kamu merasa kesulitan atau bahkan 'kena mental', melindungi diri sendiri adalah hal utama.

Tentunya kalau kamu stop permainan, akan berpengaruh pada keberlangsungan game, apalagi di tengah-tengah turnamen. Tetapi harus diingat, kesehatan mental dan suasana hati kamu lebih berharga dari apapun.

5. Jaga Informasi Pribadi

Data Pribadi Cdc2b

Jika semua teman bermain mengetahui kamu hanya dengan nickname atau nama alias, mereka tidak dapat membahayakan kamu di kehidupan nyata.

Namun, hindari seseorang yang menanyakan nama asli, foto, atau tautan ke laman media sosial, karena hal itu bisa membuat mereka melakukan perbuatan tidak menyenangkan di platform lain atau bahkan secara offline.

Kamu tidak perlu membagikan nomor telepon, alamat email, atau akun media sosial kepada rekan satu tim. Kamu dapat menggunakan obrolan in-game untuk berkomunikasi selama permainan.

Faktanya, informasi pribadi apa pun yang diposting di mana saja bisa digunakan untuk merugikan kamu. Pastikan setelan privasi tetap aman, dan berpikir ulang setiap ada orang yang ingin berkomunikasi di luar game.

Akhir Kata

Nah, kalau kamu mengalami perlakuan tidak menyenangkan atau ancaman dari pemain yang toxic di dalam game, jangan berdebat dengan para pemain meresahkan tersebut.

Sebagai gantinya, siapkan filter pesan, blokir atau nonaktifkan rekan satu tim yang mulai mengganggu, sehingga mereka tidak dapat mengirimi pesan dan kamu bisa fokus pada permainan.

Kamu juga bisa membuat pengaduan ke sistem game, tentunya dilengkapi dengan bukti valid, dan pastikan pengaturan privasi kamu tetap aman baik di in-game maupun saat di luar permainan.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

Bukan Ulah Alien, Misteri Segitiga Bermuda Akhirnya Berhasil Dipecahkan!

Dari Raisa Hingga Marion Jola, Ini Foto 13 Artis Cantik Ternama Saat Masih Sekolah!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal