J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Tim Esports Indonesia yang Buka Cabang di Luar Negeri, Siap Kuasai Dunia!

Rabu, 14 Apr 2021, 15:45 WIB
Tim-tim esports Indonesia ini diketahui melebarkan sayap mereka ke negara-negara lain. Tim apa saja?

Indonesia menjadi salah satu negara dengan industri eSports yang berkembang pesat. Banyak tim eSports yang melambung, mulai dari level amatir hingga profesional dan mengukir banyak prestasi.

Melihat potensi tim eSports profesional yang kelasnya sudah diakui, sejumlah manajemen mulai ekspansi alias 'buka cabang' di luar negeri. Prestasinya pun nggak main-main.

Berikut ini Jaka merangkum 5 tim eSports asal Indonesia yang berhasil ekspansi ke luar negeri.

1. EVOS Esports

EVOS SG Bf49a

EVOS Esports merupakan tim eSports yang berbasis di Jakarta, didirikan oleh Ivan Yeo pada tahun 2016 lalu. Tak butuh waktu lama, anak asuh mereka sudah meraih prestasi di kancah nasional hingga internasional.

Guna melebarkan sayapnya, EVOS Esports membuka divisi Mobile Legends di negara tetangga, Singapura. Kemudian, ada divisi Free Fire di Thailand, yang dikenal sebagai EVOS MG1, EVOS Insight, dan EVOS ROV.

Wajar jika dua divisi ini yang dikembangkan lebih dulu, mengingat EVOS Esports sudah pernah menjadi juara dunia Mobile Legends World Championship 2019 di Malaysia, dan juara Free Fire World Cup 2019 di Thailand.

Khususnya di Indonesia, EVOS Esports juga memiliki divisi yang cukup kuat untuk game PUBG Mobile hingga Point Blank. Tak lupa, divisi ladies saat ini juga mulai berkembang.

2. Team RRQ

RRQ Athena 93b03

Team RRQ boleh dibilang sebagai rival EVOS Esports di Indonesia, tak hanya untuk divisi Mobile Legends, tapi hampir semua game. Team RRQ dibentuk oleh Andrian Pauline dan Riki K. Suliawan di tahun 2013 lalu.

Jika EVOS Esports sebagai pendatang baru bisa ekspansi ke luar negeri, tentu saja RRQ tak boleh ketinggalan. Manajemen memilih untuk 'buka cabang' di Thailand dan saat ini fokus mengembangkan divisi PUBG Mobile.

RRQ Athena di Thailand jadi salah satu tim terkuat di kancah PUBG Mobile dan turut menjuarai beberapa ajang dunia, seperti PMCO Spring Split: SEA Championship dan PMCO Fall Split: SEA Championship 2019.

Sementara di Indonesia, RRQ Hoshi saat ini sangat diperhitungkan untuk divisi Mobile Legends, karena menjadi satu-satunya tim dunia yang bisa lolos ke putaran final M1 2019 dan M2 2021 secara berturut-turut.

Divisi Point Blank RRQ Endeavour juga pernah mengibarkan bendera Merah Putih setelah berhasil menjadi juara dunia di ajang Point Blank World Championship 2017 lalu.

3. ONIC Esports

ONIC PH 8e565

Terbentuk sejak 2018 lalu, tim ONIC Esports langsung menjadi tim papan atas di Tanah Air. Soalnya, divisi Mobile Legends mereka mampu mendominasi turnamen-turnamen nasional dan internasional pada 2019 lalu.

Tak perlu pikir panjang, manajemen akhirnya melebarkan sayap dan membentuk divisi Mobile Legends di Filipina, yang juga tak kalah mentereng. Tim ini biasanya menjadi kiblat meta baru buat tim Indonesia loh.

Tak cuma di kancah Mobile Legends, ONIC Esports juga memiliki nama besar di ranah game PUBG Mobile, Free Fire, bahkan pernah juga menaungi atlet eFootball PES dan FIFA.

4. Aura Esports

Aura PH De644

Aura Espoets mungkin tidak terlalu unggul di scene Mobile Legends Indonesia, tapi begitu kuat dengan divisi Free Fire. Padahal, tim ini baru saja terbentuk pada tahun 2018 lalu.

Makanya, manajemen juga tak ragu untuk langsung ekspansi ke luar negeri. Jika tim Mobile Legends di Indonesia sulit bersaing, maka masih ada Aura Esports di Filipina, yang permainannya boleh jadi panutan.

Kalau kamu familiar dengan meta Diggie Feeder, tim Aura PH inilah yang pertama kali mempopulerkan gaya main tersebut, dan langsung diterapkan oleh beberapa tim Indonesia di MPL ID Season 7 ini.

5. BOOM Esports

Boom Esports Brazil E1a79

Nah, kalau empat tim eSports di atas fokus pada game mobile, berbeda dengan BOOM Esports yang masih bertahan di game PC, dan dikenal kuat untuk divisi Dota 2 dan Counter Strike: Global Offensive (CS:GO).

Mengakuisisi tim CS:GO asal Brasil, yaitu INTZ, BOOM Esports siap untuk melebarkan sayapnya ke ranah game besutan Valve ini. Langkah ini terbilang sukses, karena tim bisa mendominasi di ESL Pro League Season 12: South America dan Gamers Club Master.

Akhir Kata

Bagaimana tanggapan Sobat Jaka dengan deretan tim eSports Indonesia yang sukses melebarkan sayapnya ke luar negeri?

Semoga setelah ini tim eSports lainnya bisa menyusul, dan Indonesia semakin dipandang sebagai kiblat olahraga elektronik di dunia.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

Bukan Ulah Alien, Misteri Segitiga Bermuda Akhirnya Berhasil Dipecahkan!

Dari Raisa Hingga Marion Jola, Ini Foto 13 Artis Cantik Ternama Saat Masih Sekolah!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal