Bangga! 5 Sosok Asli Indonesia yang jadi Inspirasi Karakter Game Esports

Indonesia wajib berbangga, karena dikenal sebagai salah satu kiblat industri eSports di dunia. Bahkan, ada 5 sosok asli Indonesia yang jadi inspirasi dan diadopsi jadi karakter game.

Mulai dari sosok selebriti, pro player, bahkan tokoh mitologi asal Indonesia juga tak luput menjadi inspirasi para developer game untuk membuat karakter dengan skill yang hebat.

Lantas, siapa saja sosok asli Indonesia yang diadopsi menjadi karakter game? Berikut ulasan Jaka untuk Anda!

1. Joe Taslim

Jota Free Fire 35bfa

Pada tahun 2020 lalu, Garena Free Fire resmi merilis karakter Jota, yang terinspirasi dari aktor laga asal Indonesia, yaitu Joe Taslim. Tak hanya di server Indonesia, Jota juga bisa didapatkan oleh pemain dari seluruh dunia.

Dalam waktu sepekan setelah rilis perdana di server global, Jota menjadi salah satu karakter yang paling banyak terjual. Dua pekan paska dirilis, Jota sudah digunakan lebih dari 50 persen Survivors di Indonesia.

Salah satu kelebihan Jota adalah kuat dalam pertempuran jarak dekat, tapi ia lemah dalam pertempuran jarak jauh. Kelebihan lainnya, ia cukup sulit dibunuh karena memiliki skill yang bisa memulihkan Health Point (HP).

2. Gatotkaca

Gatotkaca MLBB D0154

Beralih ke game Mobile Legends, ada sosok mitologi asli Indonesia, yaitu Gatotkaca yang menjadi inspirasi untuk membuat karakter atau hero bertipe tank pada tahun 2017 lalu.

Gatotkaca memiliki damage dan durabilitas yang sangat tinggi. Hero ini sangat kuat di early maupun late game, karena ia bisa menggunakan item Magic dan sekaligus tampil barbar saat menghadapi lawan.

Gatotkaca adalah tokoh dalam "Mahabharata", karya sastra yang ditulis oleh sastrawan asal India, dan di Indonesia dijadikan salah satu tokoh pewayangan. Wajar jika banyak yang menyebutkan jika hero ini berasal dari India.

Namun, dapat dipastikan jika hero Gatotkaca di game Mobile Legends adalah asli Indonesia. Gatotkaca di India digambarkan berkepala gundul, sementara di Indonesia ia identik dengan pakaian hitam dan ornamen emas.

Kemudian, Gatotkaca dalam pewayangan Jawa memiliki kemampuan untuk terbang, sedangkan versi India tidak. Lalu, orang yang mendesain karakter ini di Mobile Legends ialah kartunis asal Indonesia, Yuniarto.

3. Kadita

Kadita MLBB 41ddf

Sama seperti Gatotkaca, Kadita adalah hero Mobile Legends yang terinspirasi dari sosok mitologi asal Indonesia, yaitu Nyi Roro Kidul.

Kadita tergolong sebagai hero yang sangat kuat. Skill ultimate-nya begitu dilepaskan, akan menghasilkan damage dan efek slow yang sangat mengganggu pergerakan lawan.

Kadita berperan sebagai Mage yang punya burst damage tinggi. Mobilitas dan immunity dari skill yang dimiliki, serta pasif yang dapat regenerasi HP, membuat ia sulit terbunuh.

Baru-baru ini, Kadita sudah dimasukkan ke dalam role Assasin, sehingga ia memiliki lebih banyak damage skill. Untuk meta saat ini, Kadita juga berperan sebagai Support.

4. Lemon

Emote Lemon C373b

Lemon ialah pro player Mobile Legends dari tim RRQ Hoshi. Pemilik nama Muhammad Ikhsan itu memang tidak menjadi karakter game, melainkan menjadi stiker dan emote.

Sebelumnya, Moonton sempat merilis voting desain Lemon yang akan dijadikan stiker atau emote. Hasilnya, pose Lemon dengan gaya melipatkan tangan di depan dada jadi yang terbanyak diminta oleh penggemar.

Fitur Battle Emote dalam game Mobile Legends dapat kamu gunakan saat match berlangsung, dengan menekan slide kanan pada kolom chat, lalu pilih fitur battle emote, kemudian pilih emote yang kamu mau.

Namun, perlu diketahui, untuk mendapatkan Battle Emote ini cukup susah, karena harus melalui event tertentu, atau kamu juga bisa membeli secara langsung dengan Diamond.

5. Udil

Sama seperti Lemon, Udil sudah terlebih dahulu jadi stiker atau emote ikonik dalam game Mobile Legends, setelah ia membawa ONIC Esports menjadi juara Mobile Legends Southeast Asia Championship (MSC) 2019.

Selain Udil Surbakti, pemain ONIC Esports lainnya yang juga tampil gemilang di MSC 2019 lalu, yakni Psychoo, Antimage, dan SaSa juga menjadi inspirasi dan dibuatkan emote, tapi ia tidak sepopuler emote Udil.

Namun, Udil sendiri saat ini sudah tidak lagi memperkuat tim ONIC Esports. Ia tercatat sebagai pemain andalan Alter Ego, bahkan membawa tim menjuarai MPL Invitational 2020 dan menjadi kontestan M2 2021 lalu.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 5 sosok asli Indonesia yang menjadi inspirasi membuat karakter game eSports, baik Free Fire yang bergenre battle royale, hingga game Moba Mobile Legends.

Ngomong-ngomong, ada satu game Moba asli Indonesia dan dikembangkan oleh anak bangsa, sehingga katakternya juga hampir semua terinspirasi dari mitologi Tanah Air.

Game ini adalah Lokapala: Saga of the Six Realms, dan sudah tersedia di Google Play. Kapan-kapan Jaka akan membahas secara tuntas game Moba karya anak bangsa ini.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan karakter fiksi paling kaya sepanjang masa. Andai mereka benar-benar hidup di dunia, orang terkaya di Indonesia aja kalah, geng!

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

20 Foto Terlarang Kehidupan Korea Utara yang Bocor ke Publik | Bikin Prihatin!

7 Anak Artis dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia, Bisa Buat DP Mobil!

25 Quote Terbaru dan Terbaik Lord Fahri Skroepp, Dewa Bucin Panutan Netizen +62

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Pejabat | Ada yang Berhenti dari Dunia Hiburan!

5 Artis Terkaya Indonesia yang Punya Orang Tua Sederhana, Bagai Bumi & Langit!

ARTIKEL TERKAIT
98244f17fc1c2c8129032c34240d2787
5 Hero Mobile Legends yang Super Mirip Dengan Karakter Game Lain, Ngikutin?
Page 29756
7 Aktor yang Gagal Memerankan Karakter Video Games, Malu-Maluin!
3b3db8c0fa7fa2bdd39c69da21ead5bc
 Jangan Dipakai! 5 Hero Mobile Legends Ini Tidak Bisa Melarikan Diri Saat dikepung Lawan
10 Cara Mendapatkan Diamond Free Fire Gratis 100 Works 51644
10 Cara Mendapatkan Diamond Free Fire Gratis, 100% Works!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal