5 Pemain Sepak Bola Dunia yang Terjun ke Dunia Game, Bikin Tim Esports!

Default

Saat ini, game bukan hanya menjadi sarana hiburan di waktu luang. Sudah banyak kompetisi profesional yang melombakan game-game terkenal atau biasa disebut sebagai eSports. Hadiahnya juga tidak main-main, yaitu hingga miliaran rupiah.

Sama seperti artis Indonesia yang terjun ke dunia eSports, beberapa pesebak bola dunia juga mulai tertarik kepada bidang ini, meskipun game yang dimainkan juga tidak jauh dari profesi mereka.

Bukan hanya berinvestasi kepada tim yang sudah terbentuk, mereka juga membuat timnya sendiri dan bersaing di kompetisi bergengsi. Bahkan, ada yang berhasil menjadi juara, lho.

Penasaran siapa saja pemain sepak bola terkenal yang memiliki tim eSports? Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

5 Pemain Sepak Bola Dunia yang Beralih ke Dunia eSports

Liga sepak bola dunia sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Para pemain sepak bola pun mencari kesibukan tersendiri di tengah belum pastinya keberlangsungan kompetisi.

Beberapa di antaranya menemukan kegemaran baru di dunia eSports. Mulai dari membentuk tim, merekrut pemain, hingga menjadi investor dilakukan oleh para pemain sepak bola top tersebut.

Pembentukan tim eSport terbukti sebagai langkah yang tepat karena selain mendatangkan keuntungan finansial, mereka juga berhasil mengantarkan tim yang dibentuk sebagai juara.

1. Mesut Ozil

Mesut Ozil 4c298

Klub sepak bola seperti Schalke, A.S. Roma, dan Paris-Saint Germain memang telah terlebih dahulu membentuk tim eSports, tapi Mesut Ozil adalah salah satu pemain individu pertama yang melakukannya.

Tim bentukan gelandang Arsenal ini bernama M10 eSports dan terdiri dari enam pemain. Sebagaimana profesinya, tim eSports Ozil berfokus di game sepak bola FIFA, meskipun juga ada divisi Fortnite.

Bahkan, di antara tim eSports milik para pemain sepak bola lainnya, M10 yang paling sukses karena berhasil mendapatkan 65 ribu Pound sterling pada 2020 lalu, atau sekitar Rp1,2 milyar.

2. Bernd Leno

Bernd Leno 5d24e

Sama seperti Ozil, rekan setimnya ini juga punya ketertarikan di dunia eSports. Saking antusiasnya, ia membentuk tim bernama Leno Esports untuk berlaga di FIFA 20.

Kiper Arsenal ini berposisi sebagai owner, sementara Daniel Mutic berperan sebagai manager. Leno Esports berisi empat anggota, yaitu Mutic, Denis Muller, Niklas Luginsland, dan Serhat Ozturk.

Sebelumnya, tim bentukan Leno juga diisi oleh Jan-Niklas Flock yang berhasil menembus babak grand final kompetisi virtual Liga Jerman. Kini, ia pindah ke tim FC Schalke 04 Esports.

3. Gareth Bale

Gareth Bale 0cd4e

Pemain Real Madrid yang sedang dipinjamkan ke klub lamanya, Tottenham Hotspur, ini bekerja sama dengan 38 Entertainment dalam membentuk tim eSport yang bernama Ellevens Esport.

Selain terdapat pemain asal Wales seperti dirinya, Ellevens Esport juga berisi pemain dari Inggris, Belanda, dan Brazil. Menurut Bale, ada kesamaan antara sepak bola dan eSports, yaitu diperlukan pengorbanan dan dedikasi untuk menjadi pemain terbaik.

Ternyata, pola pikir ini mampu membawa timnya meraih posisi runner up di kompetisi FIFA eClub World Cup dan menang di delapan Rocket League Championship. Bisa menyusul jadi tim eSport terbaik dunia, nih.

4. Nuri Sahin

Nuri Sahin 1aaa0

Nuri Sahin adalah bintang sepak bola Turki yang kini bermain sebagai gelandang tim Super Lig, Antalyaspor. Selain profesi tersebut, ternyata ia adalah seorang investor tim eSports bernama Futbolist.

Bukan sembarang tim, Futbolist berhasil menjuarai PMWL West Season Zero yang melombakan game MOBA terbaik, Mobile Legends. Mereka mengalahkan Loops Esports yang tampil konsisten di sepanjang turnamen.

Atas kemenangan tersebut, Futbolist berhak atas hadiah sebesar 100 ribu USD atau Rp1,4 milyar. Tentu menjadi prestasi yang membanggakan bagi Sahin dan anggota timnya.

5. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann C9ea9

Tidak ketinggalan dengan para pemain sepak bola lainnya, Antoinne Griezmann juga membentuk tim sendiri yang bernama Grizi Esport. Bersama dengan saudaranya, Theo, mereka membuka perekrutan untuk para pemain dari seluruh dunia.

Sejauh ini, Grizi Esport sudah memiliki lima divisi, yaitu Fortnite, League of Legends, Rainbox Six: Siege, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), dan tentu saja FIFA.

Penyerang Barcelona tersebut memang sudah lama dikenal sebagai seorang gamer. Pada beberapa kesempatan, ia melakukan selebrasi menggunakan tarian dari game Fortnite. Tapi, Griezmann juga pernah terkena ban dari game FIFA 15 karena ketahuan membeli koin dari akun non-resmi.

Akhir Kata

Itu dia para pemain sepak bola dunia yang mulai bergabung ke dunia eSport. Meskipun bukan sebagai pemain, namun mereka justru membentuk timnya sendiri hingga menjadi juara.

Jika digeluti dengan serius, game memang bisa menghasilkan keuntungan tersendiri, ya. Oleh karena itu, anggapan bahwa bermain game hanya buang-buang waktu sudah tidak relevan lagi.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
201c9f20bbb822db6522c805a5e229d7
10 Atlet eSport DotA dengan Gaji yang Super Fantastis
Klub Sepak Bola Profesional Dengan Divisi Esports 95179
10 Klub Sepak Bola Profesional Ini Bentuk Divisi Esports, Ikut Tren Abis!
Untitled Design 2021 01 07t011731 489 81f4f
4 Kasus dan Skandal Terpanas Esports Indonesia 2020, Bikin Heboh!
Tim Esports Dari Perusahaan Antimainstream Banner Cb1cf
4 Perusahaan Antimainstream yang Punya Tim Esports, Situs Dewasa Ini Juga Ikutan Lho!
Alasan Esports Termasuk Olahraga 3c175
5 Alasan Kenapa eSports Termasuk Olahraga | Gak Kalah Capek dari Olahraga Biasa!
Fakta Mengerikan Bc1f9
5 Fakta Mengerikan di Balik Pekerjaan Atlet eSports, Gak Nyangka!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal