7 Pemain PES Indonesia yang Mendunia, Ada yang Dikontrak Arsenal!

Default

Tak dapat dipungkiri, Indonesia menjadi lumbung para pemain game eFootball Pro Evolution Soccer (PES) berkualitas. Bukan hanya di Asia Tenggara, tapi juga di kancah dunia.

Cukup banyak pro player PES Indonesia yang mengukir prestasi di berbagai event skala internasional, bahkan ada pula pemain yang dikontrak oleh tim luar negeri untuk bermain di liga setempat.

Menariknya, regenerasi pemain PES di Tanah Air terbilang sangat baik. Banyak pemain yang sudah mengukir prestasi di kancah internasional dari latar belakang beragam, mulai dari usia 18 tahun sampai 30 tahun.

Nah, kali ini Jaka akan mengulas 7 pemain PES Indonesia yang mendunia, termasuk yang paling menggemparkan adalah pro player yang dikontrak tim Arsenal!

1. Rizky Faidan

Rizky Faidan 62370

Rizky Faidan merupakan pro player PES asal Bandung yang mengukir prestasi sejak usia dini. Namanya semakin dikenal luas setelah menjuarai PES League Asia 2019 dan runner up PES League 2019 World Finals di Inggris.

Rizky Faidan juga melebarkan sayap ke Liga Thailand dan bermain untuk tim Buriram United Esports. Hasilnya, pemuda kelahiran 2 Maret 2003 itu berhasil membawa timnya keluar sebagai juara Thai e-League Pro 2020.

Sementara di Indonesia sendiri, Rizky Faidan sempat berseragam PSS Sleman di ajang Indonesian Football e-League (IFeL) 2020. Ini merupakan kompetisi eSports yang diikuti oleh sepuluh tim sepak bola Liga 1.

Hasilnya, Rizky Faidan berhasil membawa PSS Sleman keluar sebagai juara pertama di Indonesian Football e-League (IFeL) 2020, usai mengalahkan Ferry Purnama Gumilang dari Arema FC di partai grand final.

2. Adhie QwaSG

Adhie QwaSG 5393a

Jika Rizky Faidan bisa melebarkan sayap ke Liga Thailand di tahun 2020 lalu, maka ia perlu berterima kasih kepada sosok Adyatma Priady alias Adhie QwaSG.

Pasalnya, sosok pro player PES asal Kalimantan Timur inilah yang membuka jalan bagi pemain PES Indonesia untuk bisa berkarier di Negeri Gajah Putih.

Adhie QwaSG merupakan pemain pertama dari Indonesia yang hijrah ke Thailand, dan kala itu ia memperkuat tim eSports milik Prachuap FC di Thai e-League Pro 2018.

Kemudian, Adhie QwaSG hijrah ke tim BG Pathum United, dan meraih peringkat ketiga di klasemen akhir Thai e-League Pro 2019, dan menjadi runner up di musim 2020.

3. Rizal 'Ivander' Danyarta

Rizal Danyarta 0f5f1

Selain Adhie QwaSG, masih ada pula pemain PES Indonesia yang berjasa membawa BG Pathum United finish di papan atas Thai e-League Pro. Ia adalah Rizal 'Ivander' Danyarta.

Rizal 'Ivander' menjadi top skorer Liga Thailand 2019, dan kembali berlanjut di tahun 2020. Player asal Solo itu berhak atas trofi sepatu emas, setelah mengoleksi total 49 gol dalam satu musim.

Meski demikian, prestasi Rizal 'Ivander' di Indonesia tidak terlalu mentereng. Sosok pemain PES 27 tahun itu pernah membela Persija Jakarta Esports di IFeL 2020, namun ia hanya sampai ke babak delapan besar.

4. Elga Cahya Putra

Elga Cahya Putra B0873

Pergeseran terjadi saat memasuki kompetisi Thai e-League Pro musim 2021. Posisi Rizal 'Ivander' sebagai top skorer kini diambil alih oleh rekan satu timnya di Zeus Gaming, yakni Elga Cahya Putra.

Sebelumnya, Elga Cahya Putra juga menjadi top skorer Liga Thailand 2020 saat masih membela Trat FC. Pro player berusia 23 tahun itu kemudian menjadi runner up kedua di ajang IFEL 2020, saat ia membela Madura United.

Prestasi lainnya, Elga juga pernah menjadi wakil Indonesia di ajang eFootball Open World Finals 2020. Ia lolos ke fase final melalui jalur PS4 Asia, meski akhirnya tumbang di fase grup.

5. Akbar Paudie

Akbar Paudie 230a8

Seiring dengan kegagalan Elga Cahya Putra di eFootball Open World Finals 2020, wakil Indonesia lainnya, Muhammad Akbar Paudie, justru berhasil melaju ke babak final. Meski ia akhirnya menghuni posisi runner up.

Akbar Paudie cukup perkasa di final Open World Finals 2019 saat bersua pro player kelas dunia, Madakanachappy. Kala itu, ia hanya takluk 1-0 dari wakil Jepang tersebut.

Saat ini, Akbar Paudie juga menjadi andalan di ajang Thai e-League Pro 2021. Sosok asal Gorontalo itu membela Purple Mood Esports dan memainkan tim Port FC.

6. Setia Widianto

Setia Widianto E0156

Setia Widianto juga menjadi langganan di ajang Thai e-League Pro. Musim lalu, pemain PES asal Bandung itu berseragam Port FC, namun memasuki tahun 2021, ia memilih untuk membela Police Tero FC.

Selain menjadi wakil Indonesia di Asian Games 2018, Setia Widianto juga menjadi wakil Indonesia di ajang kelas dunia, yakni AESF e-Masters Chengdu 2020. Kala itu, ia lolos dalam kualifikasi Asia Tenggara.

Sementara di Indonesia, Setia Widianto sempat membela klub PSIS Semarang di Indonesian Football e-League (IFeL) 2020. Hanya saja ia gagal lolos ke fase playoff.

7. Indominator & Indojawa

Indominator Fc9ba

Pemilik nama lengkap Yos Sonneveld dan Yan Sonneveld ini merupakan pemain PES kembar dari Indonesia. Ibunya berasal dari Semarang, dan ayahnya adalah warga asli Belanda.

Dengan demikian, Yos 'Indominator' dan Yan 'Indojawa' lebih banyak berkiprah di Eropa, meski ia juga sempat bermain untuk tim Indonesia di berbagai ajang internasional.

Indominator dan Indojawa sempat membela klub Celtic FC di ajang eFootball Pro League 2019. Namun memasuki musim 2020, pro player 26 tahun itu sama-sama dikontrak oleh Arsenal.

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan pemain PES Indonesia yang go internasional, bahkan meraih prestasi di kancah dunia.

Apakah kamu semakin termotivasi untuk berlatih PES lagi?

ARTIKEL TERKAIT
Pro Player Indonesia Yang Mirip Artis Korea 9c018
5 Pro Player Indonesia yang Mirip Artis Korea, Bikin Gagal Fokus!
Pro Player Bagikan Foto Denganpasangan A3835
5 Pro Player yang Sering Pamer Foto dengan Pasangan, Bikin Iri!
Transfer Pro Player 82836
7 Transfer Pro Player Paling Mengejutkan, Pindah ke Tim Rival!
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Pro Player Indonesia Dengan Penghasilan Tertinggi 696e5
7 Pro Player Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi, Sampai Miliaran!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal