4 Pemain Esports yang Pernah Dihujat Netizen Barbar, Kini Bangkit dan Makin Sukses!

Default

Pro player eSports memang menjadi pujaan banyak orang, karena ia bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hobi bermain game.

Namun, tahukah kamu, kalau pro player eSports juga rentan menjadi korban bully, baik sebelum memulai karir, atau saat berkarir sebagai pemain tapi gagal menunjukkan performa terbaik.

Nah, berikut ini Jaka mengulas 4 pro player eSports yang pernah jadi korban bully, untuk menjadi pelajaran bagi kita semua agar tidak menjadi pelaku bullying, dan bagaimana cara pemain untuk bangkit dari sisi kelamnya.

1. Lemon

Ikhsan Lemon 18e53

Siapa yang tak kenal dengan Muhammad Ikhsan alias Lemon, pemain Mobile Legends paling disegani di Indonesia saat ini, karena ia menjadi pro player yang paling banyak mengoleksi trofi juara bersama Team RRQ.

Sekilas melihat sosok Lemon, kita mungkin akan memberi label bahwa ia adalah pemain yang dingin dan tidak banyak bicara. Konon, sifat ini pula yang membuat Lemon pernah jadi korban bully saat masih di sekolah.

Pada tahun 2020 lalu, Lemon menerbitkan sebuah novel yang berjudul 'The Alien of Rex Regum Qeon', menceritakan perjalanan karier Lemon yang bertransisi dari seorang pelajar biasa menjadi pro player Mobile Legends.

"Karena sekolah nggak membuatku bahagia, aku mencari tempat pelarian, tempat di mana nggak ada anak-anak meneriaki seseorang dengan kata-kata kasar," tulis Lemon lewat buku Alien of Rex Regum Qeon.

Berkat itulah, Lemon fokus mengembangkan potensinya di dunia game dan terjun sebagai pro player. Tak banyak anak muda asal Aceh yang berani merantau ke Jakarta untuk menjajal karir sebagai pro player eSports.

2. Alberttt

RRQ Alberttt 1 Da257

Sama seperti Lemon, Albert Nielsen Iskandar ialah pemain dari Team RRQ. Pada debutnya di kompetisi MPL Indonesia Season 6 lalu, Alberttt memerlukan waktu untuk adaptasi dengan pemain senior di tim RRQ Hoshi.

Ya, kala itu Alberttt memang masih berusia 16 tahun dan berstatus sebagai pemain baru, sehingga wajar jika ia belum memiliki mental baja seperti pemain lainnya, dan berdampak pada permainan yang belum maksimal.

Tak lama berselang, Alberttt menemukan game play terbaiknya dan membawa RRQ Hoshi bangkit, bahkan menjadi juara MPL ID Season 6, lalu menjadi runner up di M2 2021.

Kini memasuki MPL ID Season 7, game play RRQ Hoshi sempat menurun, bahkan ada di zona merah. Alberttt kembali jadi sasaran netizen. Tak kuat, Alberttt rela memanggil Xinn untuk menyerahkan posisinya tersebut.

Namun, hanya perlu sedikit waktu adaptasi, Alberttt akhirnya bisa kembali ke performa terbaiknya, dan membawa RRQ Hoshi ke puncak klasemen, membuka peluang untuk meraih back to back champions musim ini.

3. InYourDream

In YourDream 2fdef

Beberapa waktu, lalu atlet eSports Dota 2 andalan Indonesia, InYourDream menjadi bahan perbincangan warganet setelah ia memutuskan hengkang dari skuat Tigers.

Pemilik nama lengkap Muhammad Rizky itu memutuskan hengkang dari tim Tigers yang menaunginya selama setahun terakhir, dan memilih untuk kembali bersama dengan tim Dota 2 asal Tanah Air, yaitu The Prime.

Kemudian, penggemar dikagetkan dengan terpilihnya InYourDream sebagai Dancer of The Year dari game Audition Ayo Dance, ia mendapatkan total vote sebanyak 2284.

Prestasi tersebut nyatanya malah membuat InYourDream dibully oleh netizen di media sosial. Banyak pesan yang tak mengenakkan di direct message Instagram pribadinya, lalu ia unggah ke Instastory untuk jadi evaluasi.

InYourDream memang tidak memberi tahu alasan mengapa ia hengkang dari tim Tigers, yang bisa membuatnya jadi pemain asing dan membanggakan eSports Indonesia.

Meski begitu, ia tak layak untuk dibully dan ia bebas mengekspresikan hidupnya, termasuk lewat game Ayo Dance. So, jangan sampai kasus bullying InYourDream terulang lagi ya.

4. Velajave

Velajave 5ff86

Velajave bukanlah seorang pro player, tapi ia merupakan shoutcaster berbahasa Inggris untuk kompetisi MPL Indonesia, dan kerap memandu acara turnamen Mobile Legends.

Beberapa waktu lalu, terjadi kasus kurang mengenakkan yang dialami caster Veronica Fortuna alias Velajace. Ia kerap mendapat serangan atau komentar yang menjurus ke arah body shaming dari para penontonnya.

Tadinya aku juga memaklumi komentar komentar itu. Aku juga sudah mencoba untuk nggak terlalu memperdulikannya. Tapi lama-lama menyebalkan juga, apalagi yang udah ngarah ke body shaming," ungkap Vela.

Aku merasa jika semakin didiamkan, mereka nnggak akan bisa menyadari kesalahannya. Kemarin aku sempat melaporkan ada yang umurnya 27 tahun. Dia seharusnya bisa berpikir untuk enggak melakukan hal itu."

Alhasil, Velajave akhirnya vakum menjadi shoutcaster di MPL Indonesia Season 7. Semoga dalam waktu dekat ia kembali memeriahkan scene eSports Indonesia.

Akhir Kata

Tindakan bully tidak bisa diterima oleh siapa pun, termasuk bagi para pro player eSports. Ingat UU ITE nomor 11 tahun 2018, orang yang melakukan tindakan cyber bullying akan mendapat sanksi penjara paling lama empat tahun atau denda sebesar Rp750 juta.

So, tetap dukung para pemain eSports asal Indonesia dan jangan sampai kita menjadi pelaku bullying yang menjatuhkan mental mereka, karena sanksinya nggak main-main.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

Bukan Ulah Alien, Misteri Segitiga Bermuda Akhirnya Berhasil Dipecahkan!

Dari Raisa Hingga Marion Jola, Ini Foto 13 Artis Cantik Ternama Saat Masih Sekolah!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal