J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Membandingkan Kekayaan Free Fire, PUBG Mobile dan Mobile Legends, Siapa Paling Sultan?

Kamis, 8 Apr 2021, 17:00 WIB
Mana yang paling kaya antara game Free Fire, PUBG Mobile, dan Mobile Legends?

Buat kamu pencinta game mobile kekinian, pasti sudah familiar dengan game Free Fire, PUBG Mobile, dan Mobile Legends.

Adapun ketiga game merupakan permainan multiplayer yang sangat populer di Tanah Air, dan menghadirkan scene kompetitif, sebut saja Free Fire Master League, PUBG Mobile Pro League, dan juga MPL Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, Free Fire dan Mobile Legends juga punya basis penggemar yang sangat besar di Asia Tenggara, termasuk juga di wilayah Amerika Selatan dan Eropa.

Sementara itu, PUBG Mobile juga memiliki popularitas tinggi dan lebih merata saat ini. Game besutan Tencent ini punya basis fans yang tersebar di setiap benua dan ada ajang regional masing-masing, kecuali di Afrika.

Lantas, dari ketiga game mobile tersebut, siapa yang punya pendapatan tertinggi dan dinobatkan sebagai sultan di dunia eSports?

1. Free Fire

Free Fire Garena B639d

Awal tahun 2018, Free Fire resmi masuk ke Indonesia di bawah naungan Garena. Sejak saat itu, kompetisi profesional untuk skala lokal dan nasional sudah mulai digelar.

Capital Esports menjadi juara pertama Free Fire Indonesia Masters 2019. Setelah EVOS Esports mengakuisisi, tim ini lantas menjadi juara di ajang Free Fire World Cup 2019 lalu.

Berkat prestasi itu, Free Fire kini bertahan sebagai game eSports terfavorit di Tanah Air, dan menjadi game kompetitif dengan jumlah pemain aktif terbanyak. Free Fire memiliki pemain aktif lebih dari 100 juta orang loh!

Sebagai game dengan pemain aktif paling banyak, pendapatan dari Free Fire pun ikut melonjak naik. Total pendapatan Free Fire di 2020 sebesar $716 juta atau sekitar Rp10 triliun. Angka yang fantastis banget kan.

2. PUBG Mobile

PUBG Mobile Tencent 6447f

Pesaing game Free Fire dengan genre battle royale, PUBG Mobile masuk ke Indonesia di tahun 2018. Kala itu, baru ada turnamen PUBGM Indonesia National Championship 2018, dan Bigetron RA yang menjadi juara.

Tak hanya berjaya di Indonesia, Bigetron RA juga berhasil menjuarai kompetisi PMCO Fall Split Global Finals 2019, dan PUBG Mobile World League 2020. Selain Indonesia, wakil China juga menjadi andalan di tiap turnamen.

Saat ini, PUBG Mobile sudah mempunyai 50 juta pemain aktif. Angka ini mungkin lebih kecil jika dibandingkan dengan Free Fire. Tapi jangan salah, karena pendapatan game eSports besutan Tencent ini jauh lebih tinggi.

PUBG Mobile di tahun 2020 sukses meraih pendapatan sebesar $2,6 miliar atau sekitar Rp36 triliun. Ternyata, pendapatannya lebih besar dua kali lipat daripada game Free Fire.

Pantas saja di awal tahun 2021 lalu, Tencent berani membangun panggung megah untuk final PUBG Mobile Global Championship di Dubai. Namun, karena ada pemain yang kena Covid-19, laga harus digelar secara online.

3. Mobile Legends

MLBB Moonton 44efc

Beranjak ke game Moba, tentunya ada game Mobile Legends: Bang Bang yang memiliki popularitas sangat tinggi di Indonesia, dan kompetisi profesional MPL Indonesia sudah memasuki musim ketujuh di tahun 2021 ini.

Khususnya di Indonesia, ada EVOS Esports yang pernah menjadi juara dunia Mobile Legends World Championship M1 2019.

Kemudian, ada Team RRQ yang masuk 3 besar dunia untuk Total Cross Platform Actions di 2020, atau tim eSports dengan tingkat aktivitas fan tertinggi di beberapa media sosial pada tahun lalu versi shareable.

Tercatat, aktivitas RRQ di jagat maya pada tahun 2020 lalu mencapai 26,6 juta aktivitas, hanya kalah dari Faze Clan dengan 142,9 juta dan G2 Esports dengan 38,1 juta aktivitas.

RRQ Hoshi dari Indonesia juga menjadi 2nd runner up di M2 World Championship 2021. Berdasarkan data dari Esports Charts, M2 mencatatkan rekor ditonton lebih dari 3,08 juta orang secara serempak di partai puncak.

Tahun 2020 kemarin, Mobile Legends punya catatan 75 juta pemain aktif. Dengan jumlah pengguna aktif sebesar itu, game besutan Moonton ini menghasilkan pendapatan sebesar $291 juta atau sekitar Rp4 triliun.

Akhir Kata

Itu dia pendapatan dari ketiga game mobile paling favorit di Indonesia. PUBG Mobile jadi game yang paling sultan di tahun 2020 lalu, disusul Free Fire dan juga Mobile Legends.

Menurut kamu, dengan pendapatan fantastis yang didapat game mobile dalam satu tahun terakhir, apa terobosan baru yang akan hadir di tahun 2021 ini?

BACA JUGA

7 Artis Indonesia Paling Kaya, Hartanya Sampai Ratusan Miliar!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal