J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Gatotkaca, Hero Mobile Legends asal Indonesia atau India? Ini Faktanya!

Selasa, 9 Mar 2021, 14:15 WIB
Hero Gatotkaca di Mobile Legends menimbulkan polemik. Apakah Gatotkaca ini berasal dari Indonesia atau India?

Beberapa waktu terakhir, hero Gatotkaca menjadi perbincangan di kalangan fans Mobile Legends. Apakah hero tank ini berasal dari Indonesia atau India?

Gatotkaca sudah hadir di Land of Dawn sejak era 2017 lalu, dan menjadi salah satu pilihan favorit pemain Mobile Legends. Ia beberapa kali juga menghiasi scene MPL Indonesia, MPL Invitational, dan M2 2021.

Gatotkaca memiliki damage dan durabilitas yang sangat tinggi. Hero ini sangat kuat di early maupun late game, karena ia bisa menggunakan item Magic dan sekaligus tampil bar bar saat menghadapi lawan.

Gatotkaca memiliki skill pasif Steel Bones. Setiap kali Gatotkaca menerima damage, maka ia akan memperoleh 5 rage maksimal hingga 100 rage, saat mencapai 25 rage maka basic attack-nya akan diperkuat.

Gatotkaca Indonesia 0d3b7

Kemudian, Gatotkaca memiliki skill satu yaitu Blast Iron Fist. Ketika ia memukul atau menghancurkan tanah di depannya, maka Gatotkaca bisa menambah magic power, dan lawannya justru akan menerima efek slow.

Masih ada skill dua yaitu Unbreakable. Hero ini bisa melakukan charge dan menghantam tubuhnya ke arah yang telah ditentukan, lalu mendapat tambahan magic power, dan juga menyebabkan efek taunt kepada lawan.

Sementara skill tiga-nya, yaitu Avatar of the Guardian, membuat Gatotkaca bisa lompat ke lokasi yang ditentukan, dan memberikan efek airborne serta tambahan magic power.

Tak salah lagi, hero ini cukup mumpuni untuk dimainkan baik saat ranked match maupun ketika bermain di kompetisi Mobile Legends.

Hanya saja, banyak fans yang berdebat terkait asal-usul Gatotkaca. Apakah ia berasal dari Indonesia atau India?

Sekilas Kisah Gatotkaca

Gatotkaca adalah tokoh dalam Mahabharata, anak dari Bimasena dari keluarga Pandawa, dan ibunya bernama Hidimbi (Harimbi) yang berasal dari bangsa rakshasa, sehingga ia pun dikisahkan memiliki kekuatan luar biasa.

Mahabharata sendiri adalah karya sastra yang ditulis oleh sastrawan India. Secara singkat, Mahabharata menceritakan kisah konflik para Pandawa Lima, dan sengketa hak pemerintahan tanah di negara Astina.

Dalam bahasa Sanskerta, nama Ghatotkaca secara harfiah berarti 'kepala gundul seperti kendi'. Khususnya dalam versi India, sosok ini digambarkan sebagai seseorang yang botak, namun ia kuat dan mengerikan.

Gatotkaca India 93205

Sementara Gatotkaca di Indonesia cukup populer karena menjadi salah satu cerita pewayangan. Ia kerap dilukiskan memiliki pakaian unik dengan nuansa hitam dan ornamen berwarna kuning keemasan.

Konon, pakaian ini adalah pemberian Batara Guru, Raja Kahyangan, sehingga membuat Gatotkaca bisa terbang untuk memenuhi tugasnya. Gatotkaca pun menuju Kerajaan Trabelasuket dan membunuh Kalapracona.

Hero Gatotkaca Asli Indonesia!

Ya, hero Gatotkaca di game Mobile Legends adalah asli dari Indonesia. Dari beberapa perbedaan antara versi Indonesia dan India, gambaran hero tank tersebut lebih banyak kemiripan dengan kisah pewayangan Jawa.

Gatotkaca di India digambarkan sosok yang berkepala gundul, sementara di Indonesia ia identik dengan pakaian hitam dan ornamen keemasan, karena itu ia dijuluki sebagai sosok yang punya 'otot kawat tulang besi'.

Gatotkaca MLBB 36496

Kemudian, Gatotkaca dalam pewayangan Jawa memiliki kemampuan untuk terbang, sedangkan versi India tidak. Hal ini semakin menegaskan jika hero Mobile Legends itu lebih mirip dengan Gatotkaca versi Jawa.

Gatotkaca dalam pewayangan Jawa bisa terbang karena ia memiliki pakaian pusaka; Caping Basunanda, Kotang Antrakusuma, dan Terompah Padakacarma, yang juga tergambar dalam hero Mobile Legends.

Fakta lainnya, pembuatan hero Gatotkaca tak lepas dari peran kartunis asal Indonesia, Yuniarto, seperti disampaikan oleh Indonesia Country Manager Mobile Legends, Fendy.

"Khusus untuk karakter hero GatotKaca ini, kami juga menambahkan voice over dengan kalimat yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti unity in diversity, no pain no gain, atau om telolet om yang populer di sini," ujar Fendy.

Akhir Kata

Nah, sudah jelas kan, kalau Gatotkaca itu hero Mobile Legends yang terinspirasi dari tokoh pewayangan yang sangat populer di Indonesia?

Maka dari itu, kamu juga harus menghargai karya anak bangsa, salah satunya dengan memaksimalkan hero Gatotkaca agar terus mendapat sorotan di kancah internasional.

BACA JUGA

Mengenal Pak Dadang, Pecatur Indonesia yang Kalahkan Gamer Catur Dunia

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

7 Artis Indonesia yang Nikah Dengan Kru TV | Mas Pur Hingga Menteri

10 Fakta Ini Bakal Mengubah Pandanganmu Tentang Afrika, Udah Modern!

7 Anak Artis Indonesia yang Punya Banyak Haters, Iri Bilang Bos!

ARTIKEL TERKAIT
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Pro Player Yang Ketahuan Curang Saat Turnamen B609c
5 Pro Player yang Ketahuan Nge-Cheat Saat Turnamen, Tobat Bang Jago!
Pro Player Wanita Dengan Gaji Terbesar Di Dunia Banner C722b
7 Pro Player Wanita Dengan Gaji Terbesar di Dunia, Sampai Miliaran!
Game Esports Terpopuler 60d8b
7 Game Esports Terpopuler di Dunia, Prizepool Ratusan Miliar!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal