J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bangga! Game Indonesia Coral Island Tembus Pendanaan Rp23 Miliar di Kickstarter

Kamis, 1 Apr 2021, 18:15 WIB
Game buatan Indonesia bertajuk Coral Island sukses menggalang dana Rp23 miliar dari platform Kickstarter hanya dalam waktu 1 bulan.

Suka main game simulasi seperti Harvest Moon atau Stardew Valley? Kalau begitu kamu pasti bakalan suka dengan game buatan anak bangsa yang berjudul Coral Island.

Sebagai game indie, bujet produksi game Coral Island yang dikembangkan oleh Stairway Games tentunya terbatas. Pihak developer pun menggunakan platform Kickstarter untuk menggalang dana.

Buat kamu yang belum tahu, Kickstarter adalah platform pendanaan umum di mana orang dapat menyertakan proyek kreatifnya dan mendapatkan dukungan berupa dana dari backers atau donatur.

1 Dee1a

Konsep Coral Island yang brilian bikin orang excited banget dan rela menyumbang untuk pendanaan game ini. Alhasil, hanya dalam waktu 36 jam saja, target donasi sudah terpenuhi bahkan terlampaui, geng.

Kampanye yang berlangsung sejak Februari hingga Maret 2021 kemarin berhasil mengumpulkan dana hingga US$ 1,6 juta atau sekitar Rp23,2 miliar.

Dana tersebut dikumpulkan dari 36.374 donatur atau backers. Coral Island pun kini dinobatkan sebagai salah satu game Indonesia dengan pendanaan terbesar dari Kickstarter.

Dihimpun dari Kompas Tekno, Soma Putera selaku produser studio asal Jogjakarta tersebut membagikan 4 kunci sukses Coral Island dalam sebuah konferensi pers yang dilakukan secara online (30/3/21).

2 400bb

Menurutnya, kunci kesuksesan pertama adalah kentalnya budaya Asia Tenggara dalam game Coral Island. Di dalam game, kamu bisa melihat bangunan yang terinspirasi dari arsitektur tradisional Bali.

Soma melanjutkan, hal ini menjadi faktor pembeda utama antara Coral Island dengan game simulasi lainnya yang sudah lebih dahulu muncul di pasaran.

Poin selanjutnya adalah kualitas grafis yang sangat baik. Stairway Games menggunakan Unreal Engine buatan Epic Games yang juga digunakan dalam membuat Fortnite dan Hellblade: Senua's Sacrifice.

"Mempelajari Unreal Engine cukup mudah. Terdapat kursus pembelajaran online yang tersedia secara gratis. Selain itu, ada banyak komunitas yang dapat membantu Anda ketika sedang kesulitan," tambah Soma.

Kalau kamu melihat desain karakternya, Coral Island sepertinya terinspirasi dari karakter Disney. Makanya, semua karakter di game ini terlihat imut dan juga good looking, geng.

3 71e85

Kunci kesuksesan Coral Island nomor 3 menurut Soma adalah rajin mengiklankan game melalui media sosial, salah satunya Facebook Ads.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan awareness atau kesadaran masyarakat terhadap game yang sedang digarap. Publik yang melihat pun akan tertarik dan excited menanti game.

Poin terakhir adalah selalu menjalin hubungan baik dengan komunitas gamers, khususnya yang ikut menyumbang di platform Kickstarters.

Poin ini bisa dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari selalu memberikan update mengenai pengembangan game, hingga memberi benefit khusus kepada donatur yang menyumbang dengan nominal tertentu.

Stairway Games bahkan menjanjikan akan membuat NPC turis dengan nama donatur yang menyumbang lebih dari US$ 3500 atau sekitar Rp51 juta. Siapa sih yang gak kepengen?

Gameplay Coral Island

4 7fd10

Coral Island memiliki gameplay yang mirip dengan game simulasi Harvest Moon. Dalam game ini, player dapat melakukan beragam aktivitas, seperti berkebun, beternak, menambang, dan bersosialisasi.

Selain itu, ada juga fitur yang memungkinkanmu untuk mendekorasi rumah dan mengubah penampilan karaktermu. Hal ini sebelumnya belum pernah ada di Harvest Moon.

Terdapat banyak misi yang bisa dijalankan player untuk bikin permainan lebih seru. Salah satunya adalah mengawasi konservasi terumbu karang yang mengharuskanmu untuk menyelam sambil menikmati keindahan bawah laut.

Terdapat kurang lebih 46 karakter NPC yang mencerminkan keberagaman etnis di dalam game. Karakter-karakter di dalam game tersebut berasal dari beragam suku dan ras, lho.

Sama seperti game simulator lainnya, game Coral Island juga mengizinkanmu untuk menjalin hubungan dan menikah dengan 16 karakter NPC yang tersedia.

Gimana, tertarik untuk memainkan game ini, geng?

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

BACA JUGA

Nike Tuntut Sepatu Iblis yang Berisi Setetes Darah Manusia, Kiamat Makin Dekat?

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian 2021 | Auto Banyak Likes!

5 Skandal Artis Indonesia Terheboh yang Disorot Media Asing | Viral Banget!

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi, 100% Works!

5 Game Esports yang Terkenal di Dunia Tapi Sepi di Indonesia

ARTIKEL TERKAIT
Sejarah Lengkap Konsol Ps1 Sampai Ps5 Mana Yang Jadi Favoritmu A80ae
Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5, Mana yang Jadi Favoritmu?
Daftar Harga Ps4 Terbaru 2020 Semua Turun Harga Karena Ps 5 Segera Rilis 83d36
Daftar Harga PS4 Terbaru 2021 Semua Varian | Banting Harga karena PS5 Rilis!
7 Hal Kece Yang Jarang Orang Ketahui Bisa Dilakukan Di Ps4 Mindblowing Banget 93100
7 Hal Kece yang Ternyata Bisa Dilakukan di PS4, Banyak Orang Gak Nyangka!
Cara Menggunakan Game Controller Di Android Banner 3daa0
5 Cara Menggunakan Gamepad di Android, Bisa Pakai Stik PS4!
Layanan Cloud Gaming Terbaik Banner 01d44
7 Layanan Cloud Gaming Terbaik yang Harus Dicoba, Bisa Main Game PS4 di HP?
Banner 9a975
7 Game Bola di PS1 yang Bikin Kangen, Anak 90-an Pasti Pernah Main!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal