J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Xiaomi Tidak Laku di Pasar Smartphone Amerika, Tenyata Ini Alasannya!

              Xiaomi Tidak Laku di Pasar Smartphone Amerika, Tenyata Ini Alasannya!

              00
              Rabu, 1 Mei 2019, 12:00 WIB
              Xiaomi memang memiliki pasar yang besar di kawasan Asia, khususnya Indonesia. Namun, ternyata di Amerika Serikat, Xiaomi 'melempem'. Mengapa demikian? Ini penjelasannya!

              Siapa yang tidak kenal dengan Xiaomi?

              Jaka yakin kamu pasti kenal atau setidaknya pernah mendengar nama ini. Xiaomi merupakan salah satu merek elektronik yang dikenal memiliki kualitas premium harga kaki lima.

              Xiaomi ini sudah ada di Indonesia sejak 2014 lalu, menggebrak pasar teknologi di Indonesia karena harga produknya yang sangat terjangkau.

              Namun, bagaimana dengan penjualan Xiaomi di kawasan Amerika Serikat (AS)? Apakah Xiaomi juga dikenal di sana?

              Yuk, simak pembahasannya berikut ini, geng!

              Xiaomi Besar di Indonesia, di Luar Negri? Gak Semudah itu!

              Xiaomi merupakan sebuah perusahaan bergerak dalam bidang elektronik dan perangkat keras yang didirikan pada 2010.

              Banyak jenis produk yang dikembangkan oleh Xiaomi, diantaranya adalah smartphone, laptop, smartwatch, powerbank, dan banyak lagi.

              Sejak kedatangannya di Indonesia, Xiaomi berhasil bekembang dengan sangat pesat. Pada 2018, Xiaomi mampu menjadi perusahaan dengan pangsa pasar kedua terbesar di Indonesia dengan angka 25%.

              Dikutip dari StatCounter, jika dibandingkan dengan pangsa pasar di dunia, Xiaomi berada di urutan keempat dengan angka 7,49% pada Maret 2019.

              Xiaomi Tidak Laku di Pasar Smartphone Amerika 1

              Angka yang didapat oleh Xiaomi masih kalah dengan pesaing satu negaranya, Huawei. Angka ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan pangsa pasar di AS.

              Dikutip dari Device Atlas, Xiaomi hanya memiliki pangsa pasar sebesar 0,02% saja di AS. Sama halnya di kawasan Eropa Barat, Xiaomi memiliki pangsa pasar sejumlah 3,80% pada kuartal kedua 2018 lalu.

              Xiaomi Tidak Laku di Pasar Smartphone Amerika 2

              Xiaomi semakin kesulitan untuk masuk ke pasar smartphone di kawasan Barat. Kenapa bisa demikian? Ini alasannya:

              1. Kerjasama Distributor yang Sulit

              Besarnya pasar Xiaomi di kawasan Asia nampaknya tidak berlaku bagi pasar Eropa dan AS. Awalnya Xiaomi pernah punya supplier barang di AS yang bernama US Mobile.

              Namun, barang yang dijual tidak mendukung penggunaan di AS. Artinya HP yang dijual tidak dapat menggunakan koneksi internet 4G dan penuh dengan aplikasi bawaan dari Tiongkok.

              Barang yang tadinya sempat disediakan oleh US Mobile pun ditarik kembali.

              Dikutip dari Android Authority, kesulitan terbesar Xiaomi untuk menjual produknya di AS adalah hak paten dan distributornya.

              Hal ini menyebabkan Xiaomi tidak laku di pasar AS walaupun memiliki harga perangkat yang sangat menarik.

              2. Perang Dagang

              Selain kendala di atas, dikutip dari CNBC, AS sedang mendekati perang dagang dengan Tiongkok.

              Hal ini akan menyebabkan setiap barang yang diimpor ke AS dari Tiongkok akan dikenakan biaya lebih pada setiap produk elektroniknya. Termasuk juga perangkat smartphone.

              Sebenarnya kalaupun perang dagang ini terus berlanjut, Xiaomi sebenarnya ada kesempatan untuk suskses di AS, Mengingat harga HP Xiaomi cukup murah.

              3. Keamanan Siber

              Selanjutnya adalah perihal keamanan siber yang selalu menjadi permasalahan AS terhadap perangkat dari Tiongkok. Tak hanya Xiaomi, Huawei dan perusahaan Tiongkok lainnya pun mengalami masalah yang sama.

              Jika kamu baca artikel Jaka tentang masalah AS dengan Huawei, ada kecurigaan terhadap aktivitas 'mata-mata' pemerintah China untuk mendapatkan keuntungan intelijen dan militer AS.

              Hal ini pun menyebabkan banyak produk Tiongkok yang ditarik dari pasaran. Seperti contohnya HP Huawei yang diatarik dari Best Buy. Hal ini pun dapat berdampak bagi penjualan produk-produk Xiaomi.

              Menurut Chris Wray, hal ini dilakukan karena adanya 'kekhawatiran' perusahaan asing (terutama dari China) untuk mengambil alih jaringan telekomunikasi AS.

              We re deeply concerned about the risks of allowing any company or entity that is beholden to foreign governments that don t share our values to gain positions of power inside our telecommunications networks - Chris Wray, FBI

              4. Branding

              Terakhir adalah branding atau aktivitas untuk memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat.

              Saat ini, masih banyak masyarakat AS yang belum kenal dengan merek Xiaomi. Walaupun di negara lain seperti kawasan Asia, Xiaomi sudah dikenal luas.

              Hal ini pun membuat Xiaomi mengembangkan cara untuk memperluas sayapnya hingga bisa menjangkau pasar di AS. Hingga pada 2018 lalu, Xiaomi mengeluarkan anak perusahaannya yang bernama Pocophone.

              Dikutip dari Indian Express melalui wawancaranya dengan Alvin Tse, Head of Product Poco Global, nama Poco dipilih untuk mempermudah masyarakat untuk menyebutkan mereknya.

              Easy to pronounce, easy to spell, easy to remember, for all countries for across the world - Alvin Tse

              Selain itu juga HP ini memiliki harga yang sangat terjangkau jika dilihat dari spesifikasi yang dimiliki. Menurut Jaka sendiri, diperkenalkannya Pocophone adalah langkah Xiaomi untuk memperluas pasarnya.

              Xiaomi sebenanrya sudah ada keinginan untuk memperluas penjualnnya ke kawasan barat seperti AS atau Eropa, yang hingga saat ini masih belum bisa diraih oleh Xiaomi. Bagaimana pendapat kamu?

              Akhir Kata

              Itu dia alasan kenapa Xiaomi kurang terkenal di AS dan hanya ternama di beberapa daerah di kawasan Asia terutama Indonesia. Bagaimana menurut kamu?

              Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

              Baca juga artikel seputar HP Xiaomi atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal