J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Xiaomi Redmi Note 2 vs. Meizu M2 Note, Mana yang Lebih Baik?

              Xiaomi Redmi Note 2 vs. Meizu M2 Note, Mana yang Lebih Baik?

              00
              Sabtu, 22 Agt 2015, 08:51 WIB
              Agar lebih jelas mengenai Redmi Note 2 dan Meizu M2 Note, kami akan membandingkan keduanya diri sisi spesifikasi dan harga. Selebihnya kamu bisa menilai sendiri, smartphone mana yang layak kamu miliki.

              Xiaomi lagi-lagi meluncurkan HP Android berkualitas dengan harga terjangkau. HP Android tersebut tiada lain adalah Xiaomi Redmi Note 2. Smartphone ini menawarkan spesifikasi hardware yang mumpuni dengan banderol harga yang menggiurkan. Sampai-sampai di China, 800 ribu unit Redmi 2 habis terjual hanya dalam waktu 12 jam. Sayangnya Xiaomi Redmi Note 2 saat ini belum masuk Indonesia.

              Sama-sama dari China, smartphone lain yang memiliki spesifikasi dan harga hampir serupa dengan Redmi Note 2 dan telah lebih dulu masuk Indonesia adalah Meizu M2 Note. Sama seperti Redmi 2, Meizu M2 Note juga menawarkan spesifikasi kelas menengah yang mumpuni dengan banderol harga yang cukup terjangkau.

              Agar lebih jelas mengenai Redmi Note 2 dan Meizu M2 Note, kami akan membandingkan keduanya diri sisi spesifikasi dan harga. Selebihnya kamu bisa menilai sendiri, smartphone mana yang layak kamu miliki.

              Desain

              Sama-sama mengusung nama Note, kedua smartphone ini memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan bentuk yang lebar dan tipis. Dilihat dari tampilan luarnya, desain bodi Xiaomi Redmi Note 2 hampir tidak ada bedanya dengan versi pendahulunya, yakni Xiaomi Redmi Note. Di bagian belakang terdapat kamera, logo MI, dan deretan lubang speaker, sementara di depan terdapat tiga soft button yaitu Home, Menu, dan Back yang tidak memiliki backlight.

              redmi note 2 vs meizu m2 note 01

              Untuk Meizu M2 Note, smartphone ini memiliki desain sedikit berbeda dibanding kebanyakan HP Android pada umumnya, terutama di bagian depan. Di bagian dagu smartphone (di bawah layar), Meizu hanya menempatkan satu buah tombol navigasi, yaitu tombol Home saja layaknya iPhone. Untuk mengakses menu Back, kamu bisa menyentuh tombol Home tersebut. Sedangkan untuk menampilkan Recent App, kamu bisa mengaksesnya dengan menyapu dagu smartphone ke arah layar. Desain tombol Home seperti ini dinilai sebuah inovasi dan berbeda dari biasanya.

              Kualitas Layar

              Baik Xiaomi Redmi Note 2 maupun Meizu M2 Note memiliki resolusi layar Full HD (1.920 x 1.080 piksel). Tampilan layar keduanya sama-sama terlihat tajam dengan kerapatan piksel layar yang hampir sama, Redmi Note 2 401 ppi dan Meizu M2 note 403 ppi. Meski begitu, teknologi layar yang digunakan keduanya berbeda. Redmi Note 2 menggunakan teknologi layar IPS LCD capacitive touchscreen, sedangkan Meizu M2 Note menggunakan teknologi layar IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide) dari Sharp.

              Sistem Operasi dan User Interface

              Dengan harga di bawah Rp 2 jutaan, kedua smartphone ini sudah menggunakan sistem Android Lollipop 5.0. Untuk user interface-nya, Xiaomi Redmi Note 2 menjalankan MIUI 7 yang belum lama ini resmi meluncur, sedangkan Meizu M2 Note menggunakan UI Flyme 4.51. Meski dari sisi tampilan dan fitur kedua UI-nya tersebut berbeda, namun ada satu kemiripan yang jelas terlihat, yaitu tidak memiliki halaman App Drawer. Semua aplikasi yang diinstal akan masuk di halaman Homescreen.

              Hardware

              Di sisi hardware, Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan prosesor Helio X10 octa-core Cortex-A53 2 GHz dengan chipset MT6795 dari MediaTek, GPU PowerVR G6200, dan RAM 2 GB. Sedangkan Meizu M2 Note menggunakan prosesor octa-core 1.3 GHz Cortex-A53 Mediatek MT6753, Mali-T720MP3, dan RAM 2 GB.

              Melihat perbedaan hardware keduanya, di atas kertas Xiaomi Redmi Note 2 bisa dibilang unggul dengan kombinasi hardware lebih tinggi dari Meizu M2 Note. Menurut kabar yang beredar, skor Antutu Benchmark dari Redmi Note 2 mencapai 50 ribu poin. Sementara skor Antutu Benchmark Meizu M2 Note berada di angka 31 ribuan.

              Selebihnya, hardware keduanya cenderung sama, seperti pilihan storage internal 16 atau 32 GB, serta baterai 3.060 mAh (Redmi Note 2) dan 3.100 mAh (Meizu M2 Note).

              redmi note 2 vs meizu m2 note 02

              Kamera

              Untuk memotret, resolusi kamera Xiaomi Redmi Note 2 sama persis dengan kamera yang dimiliki Meizu M2 Note. Di bagian belakang, keduanya memiliki kamera beresolusi 13 MP dan di bagian depan terdapat kamera 5 MP. Kamera Redmi Note 2 didukung dengan satu LED Flash, sedangkan kamera Meizu M2 Note didukung dual-tone LED Flash. Aplikasi kamera kedua smartphone ini menyajikan banyak fitur, seperti autofocus, panorama, HDR, Manual, dan mode beauty.

              BACA JUGA
              • 6 Alasan Mengapa Meizu M2 Note WAJIB Jadi Smartphone Pilihan Kamu
              • Xiaomi Luncurkan Versi Global MIUI 7

              Harga

              Xiaomi Redmi Note 2 saat ini belum tersedia di Indonesia. Di China, harga Xiaomi Redmi Note 2 versi prosesor 2 GHz dan storage 16 GB dijual seharga US$ 125 atau sekitar Rp 1,7 juta. Sementara untuk Xiaomi Redmi Note 2 versi prosesor 2,2 GHz dengan storage 32 GB dijual dengan harga US$ 160 atau sekitar Rp 2,2 juta. Sedangkan untuk Meizu M2 Note di Indonesia dijual dengan harga Rp 1.999.000.

              Artikel lainnya:

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!