J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Review vivo X50 Pro: HP Kamera Gimbal Bonus Gaming Gahar!

Review vivo X50 Pro: HP Kamera Gimbal Bonus Gaming Gahar!

Minggu, 26 Jul 2020, 18:30 WIB
vivo X50 Pro akhirnya resmi rilis di Indonesia dengan membawa teknologi Gimbal Camera. Bagaimana performanya? Berikut review vivo X50 Pro selengkapnya.

Tak henti-hentinya vivo Indonesia menghadirkan berbagai inovasi lewat produk smartphone terbaru mereka, termasuk salah satunya vivo X50 Pro yang baru saja diluncurkan pada 16 Juli kemarin, geng.

Mengusung tagline "Photography. Redefined.", vivo X50 Pro mencoba untuk mendefinisikan kembali arti inovasi teknologi lewat fitur kameranya yang diklaim sebagai smartphone pertama dengan teknologi Gimbal Stabilization.

Mengedepankan sektor fotografi sebagai salah satu nilai jual utamanya, lalu apakah HP vivo satu ini memang layak untuk dikategorikan sebagai HP kamera terbaik? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Review vivo X50 Pro: HP Kamera Gimbal dengan Performa Gaming Menakjubkan

Vivo X50 Pro Harga Dan Spesifikasi Dfc4d
Sumber foto: JalanTikus

Setelah sebelumnya memboyong vivo V19 ke tanah air dengan mengunggulkan sektor kamera selfie 32MP, kali ini vivo Indonesia menawarkan opsi HP kamera terbaik lainnya lewat vivo X50 Pro.

Smartphone flagship terbaru andalan vivo ini bukan hanya membawa teknologi kamera terbaru saja, tapi juga keunggulan lain di sektor layar, dapur pacu, hingga performa baterai serta fitur NFC-nya.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan HP ini dan berencana untuk membelinya dalam waktu dekat, mending simak dulu review Jaka soal vivo X50 Pro selengkapnya.

Desain Modern dengan Layar Penuh yang Lega

Sekilas desain vivo X50 Pro ini hampir mirip dengan pendahulunya yaitu vivo V19. Di bagian bodi belakangnya, tersemat modul Quad Camera yang disusun dalam bingkai kotak vertikal.

Tak ada sensor fingerprint seperti HP Android kebanyakan, karena fitur ini telah disematkan pada layar vivo X50 Pro yang mengusung konsep under display fingerprint, geng.

Bagian sisi kanan dan kiri bodi belakangnya dibuat dengan desain melengkung sehingga sangat nyaman untuk digenggam. Pantulan cahaya yang dihasilkan dari tema warna Alpha Grey pada casing belakang vivo X50 Pro juga menambah kesan mewah dan modern.

Beralih ke bagian layar, vivo X50 Pro tampil elegan dengan desain 3D Curved Screen serta panel AMOLED FullHD+ (1080 x 2376 piksel) berukuran 6.56 inci yang sudah mendukung refresh rate 90Hz.

Tak ketinggalan juga fitur HDR10+ yang membuat layarnya mampu menyajikan warna tajam dan detail gambar yang lebih baik lagi.

Desain layar penuh yang dimiliki HP vivo X50 Pro sendiri dapat terwujud berkat konsep kamera punch-hole berukuran super kecil yakni 3.96 mm, yang diletakkan di bagian pojok kiri atas layar.

Sementara itu, di bagian sisi kanan bodi terdapat tombol volume dan power yang empuk dan mudah dijangkau jari. Sedangkan di sisi kiri bodinya dibiarkan kosong tanpa kehadiran tombol atau slot apapun.

Namun ini berbeda jauh ketika kamu mulai beralih ke bagian bawah. Yup! Di sini kamu akan menemukan slot dual SIM Card, port USB type-C, mikrofon, dan speaker grill.

Sayangnya, slot dual SIM Card pada vivo X50 Pro ini nggak bisa kamu manfaatkan untuk digunakan sebagai tempat memori eksternal, geng.

Pada bagian atas, nggak ada apapun kecuali lubang mikrofon dan tulisan "Professional Photography" yang seolah mempertegas bahwa vivo X50 Pro memang dihadirkan untuk kebutuhan profesional fotografi.

Inovasi "Big Eye" Gimbal Camera, Teknologi Revolusioner Untuk Hasil Stabil

Vivo X50 Pro D891f

Dengan tagline yang diusungnya, sektor kamera tentunya jadi pembahasan paling penting sekaligus menarik dari vivo X50 Pro kali ini, geng!

Seperti yang sudah Jaka singgung sebelumnya, vivo X50 Pro menjadikan sektor kamera sebagai salah satu selling point berkat inovasi teknologi Gimbal Stabilization Camera yang mereka juluki sebagai "Big Eye".

Bahkan, teknologi gimbal kamera pada vivo X50 Pro ini diklaim mampu menghasilkan stabilitas tiga dimensi dan sudut pandang mencapai 300% lebih besar dari fungsi Optical Image Stabilizer (OIS) tradisional pada umumnya, lho!

Lalu, seperti apa sih performa kamera vivo X50 Pro yang menjadi teknologi andalan ini? Nah, di sini Jaka sudah melakukan beberapa uji coba dari kamera vivo X50 Pro yang bisa kamu simak berikut ini.

Hasil Kamera Selfie vivo X50 Pro

Selain menonjolkan spesifikasi kamera utamanya, vivo X50 Pro juga tampaknya cukup serius dalam memenuhi kebutuhan selfie para penggunanya, geng.

Terbukti, vivo X50 Pro nggak tanggung-tanggung menyajikan lensa wide kamera selfie beresolusi 32MP dengan aperture f/2.5 yang dibalut dalam desain punch-hole.

Besaran megapiksel yang ditawarkannya pun nggak cuma sebatas angka. Karena setelah Jaka coba sendiri, kamera selfie vivo X50 Pro ini memang mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus layaknya HP kamera selfie terbaik.

Pada kondisi indoor dan cukup cahaya, mode normal kamera 32MP vivo X50 Pro dapat menangkap detail wajah dengan cukup baik, serta tone warna yang tetap natural.

Sementara pada kondisi outdoor dan cukup cahaya, gambar yang dihasilkan tentunya jauh lebih baik dengan komposisi warna yang lebih tajam.

Namun, efek beauty pada kamera selfie vivo X50 Pro ini memang cukup terlihat dan mampu menghilangkan noda-noda bekas jerawat di wajah. Tapi, buat kamu para cewek yang hobi narsis, Jaka sih yakin kalau kamu bakal suka dengan hasilnya.

Hasil Kamera Utama 48MP vivo X50 Pro

Selanjutnya beralih ke sektor kamera utama vivo X50 Pro, di mana salah satu lensanya sudah dibekali sensor 48MP dengan dukungan teknologi Gimbal Stabilization, geng.

HP vivo X50 Pro sendiri membawa konfigurasi Quad Camera di mana masing-masing punya resolusi 48MP f/1.6 (wide), 8MP f/3.4 (periscope telephoto), 13MP f/2.5 (portrait), dan 8MP f/2.2 (ultrawide).

Dari hasil uji coba yang Jaka lakukan, kamera utama vivo X50 Pro ini mampu mengambil gambar dengan hasil yang sangat memuaskan bahkan dalam keadaan low light sekalipun.

Pada mode normal dengan kondisi cahaya cukup, hasil jepretan vivo X50 Pro memiliki komposisi warna yang terlihat tajam dengan dynamic range yang luas. Detail yang dihasilkan pun sudah bagus.

Untuk mode Super Wide-angle, kamera ultrawide 8MP yang dimiliki vivo X50 Pro sendiri diklaim dapat memperluas sudut pengambilan gambar hingga 120 derajat.

Hasilnya? Sesuai dengan klaim vivo, HP ini mampu mengambil gambar dengan sudut luas serta kualitas yang tetap terjaga.

Kemudian beralih ke mode Super Macro, di mana kamera vivo X50 Pro ini dapat memotret objek dengan hasil yang jelas dan tetap jernih meskipun diambil dari jarak fokus yang sangat dekat.

Lalu, satu lagi mode yang disediakan oleh vivo X50 Pro ini yaitu mode Bokeh, geng. Pada mode Bokeh, efek blur yang dihasilkan sangat rapi dan membuat objek terlihat lebih menonjol.

Sayangnya, jika dilihat lebih jelas dan dekat lagi mode Bokeh ini justru membuat detail objek jadi menurun.

Untuk perekaman video, kamu nggak perlu meragukan kualitasnya! Karena berkat teknologi Gimbal Camera yang dimilikinya, vivo X50 Pro mampu menghasilkan kualitas video yang sangat memuaskan dan pastinya stabil alias minim guncangan.

Hasil Kamera Utama (Mode Malam) vivo X50 Pro

Hal lainnya yang nggak kalah menarik dari kamera vivo X50 Pro ini adalah hasil tangkapan gambar dalam keadaan minim cahaya alias di malam hari, geng.

Pasalnya, berkat stabilitas Sistem Kamera Gimbal dan sensor IMX598 yang dimiliki oleh vivo X50 Pro ini, membuat cahaya yang masuk menjadi lebih banyak sehingga gambar yang dihasilkan tetap bagus.

Tak hanya itu, kamera vivo X50 Pro juga akan secara otomatis mengaktifkan fitur Extreme Night Vision yang disertai algoritma AI Noise Reduction dalam kondisi minim cahaya.

Dari hasil pengujian Jaka pada kondisi malam hari menggunakan vivo X50 Pro, hasilnya sangat memuaskan. Kamu akan mendapatkan hasil tangkapan gambar yang tetap jelas dan juga detail yang tetap terjaga.

Kerennya lagi, noise yang dihasilkan pun cenderung sangat minim dan kamu akan teralihkan oleh warna tajam serta dynamic range yang luas.

Hanya saja ketika fitur lensa Super Wide-angle diaktifkan, noise mulai terlihat walaupun nggak terlalu terlihat jelas.

Pengujian Performa dan Kinerja Gaming

Mengunggulkan sektor kamera lengkap dengan dukungan teknologi Gimbal Camera yang luar biasa, lalu apakah performa dan kinerja gaming vivo X50 Pro biasa-biasa saja? Menariknya, sama sekali nggak, geng!

Di sektor dapur pacu, vivo X50 Pro ditenagai chipset Snapdragon 765G fabrikasi 7 nm yang mampu berjalan di kecepatan maksimum 2.4 GHz.

Yap! Chipset buatan Qualcomm ini menawarkan kinerja unggul serta hemat konsumsi energi, dan yang lebih kerennya lagi sudah mendukung konektivitas 5G.

Namun, sayangnya karena konektivitas 5G di Indonesia masih belum ada jadi teknologi ini terpaksa dinon-aktifkan dan nggak bisa kamu gunakan, bahkan untuk penggunaan di luar Indonesia.

HP vivo X50 Pro juga sudah dibekali RAM 8GB serta ruang penyimpanan internal 256GB yang cukup lapang. Lalu, bagaimanakah hasil pengujiannya dengan aplikasi benchmarking?

Hasil Benchmark vivo X50 Pro

Dari hasil pengujian Jaka menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, vivo X50 Pro mendapatkan skor 317.223 poin.

Sementara dalam pengetesan menggunakan Geekbench 5, vivo X50 Pro mengantongi skor 624 untuk Single-Core dan 1916 untuk Multi-Core.

Terakhir, dalam pengetesan yang Jaka lakukan menggunakan PCMark Work 2.0 hasilnya vivo X50 Pro mendapatkan skor sebesar 8.659 poin.

Hasil Pengujian Performa Gaming vivo X50 Pro

Meskipun hadir tanpa label HP gaming, namun hasil mengejutkan diraih ketika Jaka mencoba vivo X50 Pro ini untuk memainkan beberapa game berat; PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Asphalt 8.

Pada game Mobile Legends, Jaka bisa menggunakan pengaturan grafis High dan game sanggup berjalan sangat mulus dengan frame rate yang stabil tanpa lag.

Sedangkan pada game PUBG Mobile, kinerja yang dihasilkan nggak jauh berbeda alias tetap memuaskan dengan settingan grafis rata kanan.

Terakhir pada game Asphalt 8 tersedia pilihan grafis hingga High dengan settingan default di Medium.

Namun ketika Jaka mencoba untuk mengubahnya ke pengaturan High, sayangnya settingan ini selalu kembali lagi menjadi Medium setiap kali game melakukan restart.

Menariknya, meskipun dipakai bermain game dalam durasi waktu lama pun suhu HP vivo X50 Pro ini masih tergolong stabil dan nggak panas. Bisa dibilang hangat-hangat kuku gitu, geng.

Untuk mendukung aktivitas gaming semakin seru, vivo X50 Pro juga menghadirkan fitur Game Turbo yang berfungsi untuk mengoptimasi game yang sedang dimainkan.

Fitur Fast Charging dan NFC yang Mengagumkan

Kualitas kamera mumpuni, performa dan kinerja gaming gahar, lalu apa lagi ya keunggulan yang ditawarkan oleh vivo X50 Pro ini?

Salah satunya yang paling menarik untuk dibahas adalah soal pengisian daya baterainya, geng. Dibekali baterai berkapasitas besar yakni 4.315 mAh, tentu akan memerlukan waktu lama untuk mengisi penuh daya baterai vivo X50 Pro ini.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Soalnya vivo X50 Pro sudah dibekali dengan teknologi vivo FlashCharge 2.0 dengan kekuatan arus 33W yang memungkinkan kamu untuk mengisi penuh daya baterai secara instan dan cepat.

Dari hasil pengujian yang Jaka lakukan, untuk mengisi penuh baterai HP vivo X50 Pro dari kondisi low battery hingga full 100% dibutuhkan waktu hanya 1 jam saja.

Tak hanya itu, konsumsi baterainya pun tergolong hemat meskipun digunakan untuk menjalankan aktivitas multitasking seperti bermain media sosial, nonton video YouTube, bermain game, dan membuka aplikasi streaming musik.

Fitur menarik lainnya dari vivo X50 Pro yang menarik untuk dibahas adalah fitur NFC Multifunctions yang menawarkan pengalaman multifungsi, geng.

Ya! fitur NFC pada vivo X50 Pro ini bukan hanya memungkinkan kamu untuk mentransfer file atau mengisi saldo e-Money saja, melainkan juga untuk memindahkan fungsi kartu akses ke smartphone.

Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir ketika lupa membawa kartu akses saat ingin masuk ke ruangan kantor atau apartment karena bisa dilakukan via smartphone. Canggih, kan?

Harga dan Spesifkasi vivo X50 Pro

Vivo X50 Pro Indonesia A0d0e
Sumber foto: JalanTikus

Gimana? Mantap banget, kan, performa serta kinerja gaming HP vivo X50 Pro ini?

Nah, buat kamu yang penasaran lebih detail lagi mengenai spek vivo X50 Pro selengkapnya, kamu bisa langsung simak lewat tabel di bawah ini:

Detail vivo X50 Pro
OS Android 10, Funtouch 10.5
Display AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

6.56 inches, 104.6 cm2 (~90.6% screen-to-body ratio)

1080 x 2376 pixels (~398 ppi density)

HDR10+

90Hz refresh rate
Processor Chipset: Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)

CPU: Octa-core (1x2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1x2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 475 Silver)
GPU Adreno 620
RAM 8GB RAM
Memory Internal 256GB
Main Camera 48 MP, f/1.6, (wide), PDAF, gimbal OIS

8 MP, f/3.4, 135mm (periscope telephoto), 1/4.0", PDAF, OIS, 5x optical zoom

13 MP, f/2.5, 50mm (portrait), 1/2.8", 0.8 m, PDAF, 2x optical zoom

8 MP, f/2.2, 120 , 16mm (ultrawide), 1/4.0", 1.12 m
Front Camera 32 MP, f/2.5, 26mm (wide), 1/2.8", 0.8 m
Battery Non-removable Li-Po 4315 mAh

Fast charging 33W

"Ada rupa, ada harga", mungkin itu slogan yang tepat untuk HP vivo satu ini, geng. Melihat vivo X50 Pro spesifikasi di atas, harga HP ini memang nggak bisa dikatakan murah.

Pada acara peluncurannya, vivo X50 Pro Indonesia sendiri dibanderol seharga Rp9.999.000,- untuk kapasitas RAM 8GB serta memori internal 256GB. Harga yang dinilai pantas untuk sebuah HP flagship kamera besutan vivo.

Kesimpulan

Harga Vivo X50 Pro Indonesia D2dc4
Sumber foto: JalanTikus

Nah, itu tadi ulasan Jaka mengenai vivo X50 Pro, smartphone terbaru vivo yang mengunggulkan teknologi Gimbal Camera serta spesifikasi mumpuni, geng.

Lalu, apakah vivo X50 Pro ini memang worth it untuk dimiliki di 2020? Sebelum menyimpulkannya, mending kamu simak dulu kelebihan dan kekurangan vivo X50 Pro selengkapnya berikut ini.

Kelebihan vivo X50 Pro

  • Kualitas Kamera Mumpuni: Berkat modul Quad Camera serta sistem Kamera Gimbal, performa dan kualitas kamera vivo X50 Pro memang terbukti unggul.

  • Perekaman Video Stabil: Teknologi "Big Eye" Gimbal Camera juga membuat hasil perekaman video vivo X50 Pro jauh lebih stabil dari guncangan, bahkan jika dibandingkan dengan OIS di iPhone 11 Pro.

  • Memori Lega: Dengan kapasitas RAM 8GB dan memori internal 256GB, vivo X50 Pro mampu memenuhi kebutuhan multitasking dan menyimpan berbagai dokumen media.

  • Chipset Tangguh: Meski bukan menggunakan chipset kelas atas seperti Snapdragon seri 800, namun Snapdragon 765G pada vivo X50 Pro menawarkan performa tangguh dan hemat baterai.

  • Fitur Fast Charging: Fitur fast charging berkekuatan 33W membuat durasi pengisian daya baterai menjadi jauh lebih cepat.

  • Layar 90Hz: Untuk menunjang performa gaming dan multimedia, layar vivo X50 Pro sudah mendukung refresh rate 90Hz yang menawarkan tampilan mulus.

Kekurangan vivo X50 Pro

  • Detail Objek Kadang Menurun: Di beberapa kondisi, detail objek hasil foto terkadang menurun dan akan sangat terlihat jika gambar diperbesar.

  • Efek Beauty Hanya Diminati Segelintir Orang: Meskipun hasilnya memuaskan, namun efek beauty pada kamera smartphone sebenarnya hanya diminati oleh segelintir orang saja.

  • Tidak ada Jack Audio 3.5 mm: vivo X50 Pro sayangnya hadir tanpa port jack audio 3.5 mm yang sebenarnya masih sangat diminati kalangan pengguna.

  • Konektivitas 5G Non-Aktif: Meskipun menggunakan chipset yang sudah mendukung koneksi 5G, sayangnya teknologi ini nggak bisa kamu nikmati bahkan saat berada di luar Indonesia.

  • Tidak Mendukung Wireless Charging: Tak seperti HP Android kebanyakan di rentang harga sama yang sudah menanamkan fitur wireless charging, vivo X50 Pro sayangnya mengabaikan soal ini.

  • Speaker Mono: Di harganya yang nyaris 10 juta, X50 Pro hanya dibekali speaker mono (bukan stereo) dengan kualitas yang bisa dibilang standar. Letaknya yang berada di bawah bodi juga membuat suaranya sedikit tertahan karena tertutup oleh jari terutama ketika bermain game.

Akhir Kata

Nah, itulah dia review mengenai vivo X50 Pro yang telah Jaka uji coba melalui berbagai pengujian, mulai dari sektor fotografi, performa dan kinerja gaming, baterai, hingga hasil benchmark.

Kesimpulannya, di harga Rp9.999.000 untuk satu unit vivo X50 Pro ini bisa dikatakan worth it tapi juga di lain sisi nggak.

HP ini mungkin akan terasa worth it buat kamu yang mencari HP dengan kualitas perekaman video stabil dan minim guncangan untuk kebutuhan vlogging atau lainnya.

Tapi, untuk kamu yang mementingkan soal penggunaan chipset kelas atas, harga nyaris 10 juta yang ditawarkan oleh vivo X50 Pro ini mungkin akan terasa mahal.

Mengingat ada cukup banyak kompetitornya yang menawarkan chipset kelas atas di rentang harga yang nggak jauh berbeda. Kalau menurut kamu gimana? Yuk, share pendapatnya di kolom komentar bawah!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Kelebihan Dan Kekurangan Vivo V19 Banner 17bb9

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo V19, Jawaranya Foto Malam Hari?

Daftar Harga Hp Vivo Terbaru Juni 2020 Banner 69930

Daftar Harga HP vivo Terbaru Juni 2020, vivo V Series Banting Harga!

Daftar Hp Vivo Ram 4gb Murah 2020 Banner 99159

12 HP vivo RAM 4GB Murah & Terbaik 2020, Harga Mulai 1 Jutaan!

Hp Vivo Harga 1 Jutaan Murah 2020 Banner 717f0

10 HP vivo Harga 1 Jutaan Terbaik 2020, Terbaik di Kelasnya!

Kelebihan Kekurangan Vivo Y50 Banner 20296

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y50, HP vivo Y Series Terbaik Saat Ini!

Realme C3 Vs Vivo Y12 D96d4

Adu realme C3 vs vivo Y12, HP 1 Jutaan dengan Triple Camera!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
vivo Z1 Pro Harga dan Spesifikasi 2020 | Bisa Main PUBG Rata Kanan?

vivo Z1 Pro Harga dan Spesifikasi 2020 | Bisa Main PUBG Rata Kanan?

vivo Z1 Pro vs realme 5 Pro, Adu Performa Game Rata Kanan!

vivo Z1 Pro vs realme 5 Pro, Adu Performa Game Rata Kanan!

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo V19, Jawaranya Foto Malam Hari?

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo V19, Jawaranya Foto Malam Hari?

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y50, HP vivo Y Series Terbaik Saat Ini!

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y50, HP vivo Y Series Terbaik Saat Ini!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal