Tips agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis dan Rusak

Seringkali baterai smartphone rusak atau bocor dikarenakan kurangnya perhatian pemilik perangkat untuk merawat baterai. Bahkan bisa saja baterai smartphone meledak seperti kasus-kasus yang sering muncul. Hal ini perlu disadari pengguna smartphone bahwa merawat baterai smartphone adalah hal yang sangat penting. Selain untuk menghindari kerusakan, merawat baterai smartphone juga akan sangat berguna bagi lifetime baterai tersebut. Lifetime baterai akan berpengaruh pada awet nya baterai smartphone. Kamu juga tidak perlu sering me-recharge smartphone jika lifetime baterai smartphonemu maksimal.

Nah, kali ini Jalantikus akan membagikan tips untuk merawat baterai smartphone. Berikut ini cara-cara yang harus kamu tempuh agar baterai kamu tidak cepat rusak.

[list] [li] Jangan simpan baterai atau smartphonemu di suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi jangan coba-coba kamu meninggalkan smartphone atau baterainya di dalam mobil/dashboard untuk waktu yang lama pada siang hari. Suhu di atas 40 derajat celcius akan mengurangi performa baterai smartphonemu.[/li] [li]Jangan menaruh baterai yang satu dengan yang lain dengan kutub-kutub yang saling berhubungan. Selain itu apabila kamu menyimpan sebuah baterai bersamaan dengan sebuah koin atau benda metal lainnya, baterai akan menjadi pemicu hubungan arus pendek.[/li] [/list]

Untuk menghemat baterai, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. [list type=decimal] [li] Matikan GPS yang tidak perlu. Menyalakan GPS terus menerus membuat paket data terus berjalan dan memaksa ponsel terus dalam posisi bekerja sehingga baterai pun semakin terkuras.[/li] [li] Matikan WiFi dan Bluetooth apabila tidak diperlukan. Sama seperti GPS, hal ini hanya akan membuat smartphone mengkonsumsi daya baterai lebih besar.[/li] [li] Rutin mengecek Task Manager, matikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan namun tidak perlu. Pengecekan ini harus kamu lakukan secara berkala. Misalnya setiap 1 atau 2 jam sekali.[/li] [li] Atur brightness (kecerahan layar) pada tingkat kecil. Selain dapat mengurangi konsumsi baterai, hal ini juga baik untuk mata kamu.[/li] [li]Hindari penggunaan widget-widget yang kurang perlu, seperti wallpaper animasi misalnya.[/li] [li]Gunakan aplikasi untuk memonitor daya baterai. Aplikasi ini dapat berfungsi untuk mengawasi suhu baterai atau konsumsi daya baterai untuk masing-masing aplikasi pada smartphone kamu.[/li] [li]Untuk smartphone yang memiliki fitur airview dan eye gesture, sebaiknya fitur-fitur tersebut dimatikan bila tidak terlalu diperlukan.[/li] [/list]

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal