J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Teknologi Besar yang Harusnya Sudah Menghilang di Tahun 2018

              7 Teknologi Besar yang Harusnya Sudah Menghilang di Tahun 2018

              00
              Jumat, 12 Jan 2018, 18:30 WIB
              Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi digital memang semakin maju, berbagai inovasi pun bermunculan. Tapi dari sekian banyak inovasi yang ada, tidak semuanya berjalan dengan lancar.

              Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi digital memang semakin maju, berbagai inovasi pun bermunculan. Tapi dari sekian banyak inovasi yang ada, tidak semuanya berjalan dengan lancar. Ada yang bertahan di posisi yang sama, namun ada juga yang menghilang dan tidak terlihat sama sekali.

              Memasuki tahun 2018, persaingan teknologi pun semakin sengit dan menakutkan, bahkan bagi para perusahaan besar sekalipun. Mereka yang tidak mampu untuk berinovasi dengan cerdas dan cepat maka terpaksa harus tersingkir dari pasar dunia. Maka inilah 7 teknologi besar yang 'mau tak mau' harus menghilang di tahun 2018.

              BACA JUGA
              • 5 Tren Smartphone Ini PASTI Booming di Tahun 2018
              • 10 Teknologi Ini Paling Ditunggu-tunggu Oleh Umat Manusia
              • 5 Teknologi Ini Malah Beresiko Merusak Alam Semesta

              7 Teknologi Besar yang Harusnya Sudah Menghilang di Tahun 2018

              1. Windows Phone

              47f363774ba6b2855f86a832fcdf509d
              Sumber foto: Sumber: windowscentral.com

              Pada bulan Oktober 2017 lalu, para pengguna Windows Phone terpaksa harus menelan kabar buruk. Pasalnya, wakil Presiden of Operating Systems Microsoft, Joe Belfiore mengatakan di akun Twitter-nya:

              "Untuk para pengguna Windows Phone sebaiknya kalian tidak mengharapkan fitur baru dan smartphone baru dari seri Windows Phone."

              Joe Belfiore juga mengungkapkan alasan kenapa Windows Phone tidak dilanjutkan, ia mengatakan:

              "Selama ini pengguna Windows Phone tidak pernah mencapai target yang kita inginkan."

              Bahkan Joe Belfiore mengatakan ia telah berpindah ke Android karena memiliki hardware dan software yang mengagumkan. Tapi tenang saja, karena untuk kamu yang masih memiliki Windows Phone. Microsoft akan terus memberi dukungannya dalam bentuk perbaikan bug, pembaruan keamanan, pembaruan aplikasi, dan masih banyak lagi.

              2. Microsoft Kinect

              438b5e8da3a7771fa1dea7aee5a3bcaf
              Sumber foto: Sumber: techjuice.pk

              Lagi-lagi, salah satu produk Microsoft harus menghilang di tahun 2018 ini. Tepatnya pada bulan Oktober 2017 lalu, Microsoft secara resmi menghentikan produksi Microsoft Kinect karena angka penjualannya yang terus menurun dari tahun ke tahun. Untuk kamu yang belum tahu apa itu Microsoft Kinect, perangkat ini merupakan kontroler Xbox 360 dan Xbox One.

              Berbeda dengan kontroler konvensional Xbox, Microsoft Kinect menggunakan sensor gerak dan sensor suara. Sebenarnya kontroler ini sempat populer di masanya, bahkan telah masuk di Guinness World Records karena nilai penjualannya yang sangat fantastis di tahun 2011.

              Walaupun perangkat ini tidak lagi diproduksi, Microsoft berhasil menyelamatkan beberapa elemen Microsoft Kinect yang kini diproduksi oleh perusahaan AR Hololens untuk menciptakan Cortana dan Windows Hallo.

              3. TV 3D

              551ef7ec018979d473a03cb0518733ae
              Sumber foto: Sumber: lg.com

              Siapa sangka teknologi yang sempat bertahan puluhan tahun ini harus tergerus sedikit demi sedikit dan pada akhirnya harus menghilang. Di tahun 2017 sebagian besar produsen TV seperti Samsung, LG, dan Sony telah berhenti mendukung TV 3D. Mereka beralasan bahwa TV 3D mulai ditinggalkan oleh para penggunanya.

              Mari kita bahas kenapa para pengguna TV 3D mulai bosan dengan teknologi ini. Seseorang yang hendak melihat TV 3D diharuskan memakai kacamata khusus untuk memaksimalkan efek 3D tersebut. Inilah hal yang sering dikeluhkan oleh para konsumen, kacamata tersebut membuat kikuk dan sering membuat mata terasa tegang.

              Mungkin itulah alasan kenapa Vizio, Sharp, dan TCL tidak menghadirkan TV 3D di acara CES 2017. Salah satu acara pameran teknologi paling bergengsi di dunia. Sebagai gantinya, perusahaan-perusahaan tersebut kini lebih fokus untuk memproduksi TV 4K, Smart TV, dan Curve TV.

              4. Apple iPod Shuffle dan iPod Nano

              48269d0143ce05d9b7c9040f57b41577
              Sumber foto: Sumber: cultofmac.com

              Tiga tahun berselang setelah Apple menghentikan produksi iPod Classic, kini Apple menghentikan produksi iPod Nano dan Shuffle di bulan Juli. Kedua perangkat tersebut merupakan perangkat hiburan yang memiliki fungsi hampir sama dengan MP3.

              Semenjak adanya smartphone dengan storage (penyimpanan) jumbo, nilai penjualan perangkat ini pun terus menurun. Ditambah lagi selama 2 tahun semenjak perangkat ini dirilis, Apple belum pernah memperbaharui perangkat ini. Sehingga Apple iPod Shuffle dan iPod Nano ini selalu menjadi perangkat hiburan yang berjalan secara mandiri atau hanya bisa berjalan secara offline.

              5. AIM (AOL Instant Messenger), Pelopor Instant Messaging

              Efe8f7c3d081986f00b380c1a5cb9014
              Sumber foto: Sumber: consumerist.com

              Jika kamu pernah mengalami masa muda di tahun 90an pasti tidak asing dengan software yang satu ini. Bisa dibilang AIM merupakan cikal bakal terciptanya Instant Messaging yang tengah populer saat ini. Tapi sayang pada awal bulan ini, AIM telah ditutup secara penuh dan tidak bisa diakses lagi.

              Seperti yang dikutip oleh developer AIM sendiri melalui website resminya, mereka mengatakan, "Pada tanggal 15 Desember 2017, produk dan layanan AOL Instant Messenger akan ditutup dan tidak akan berfungsi lagi."

              Usut punya usut, AIM ditutup karena sepi pengguna yang telah berpindah ke Instant Messaging moderen saat ini seperti Facebook, WhatsApp, Line, dan masih banyak lagi.

              6. Google Tango

              49a7b4153ff1b387f66102fb04bb8e9e
              Sumber foto: Sumber: digitaltrends.com

              Google Tango merupakan salah satu rencana paling ambisius yang pernah dibuat oleh Google. Google Tango merupakan rencana untuk mengembangkan teknologi AR (Augmented Reality) menjadi lebih baik. Tapi apa daya, akhrinya Google sendirilah yang mengatakan bahwa Google Tango akan dihentikan pada tanggal 1 maret 2018 nanti.

              Proyek ini dihentikan karena kurangnya peminat yang tertarik dengan Google Tango. Namun, Google belum menyerah begitu saja karena mereka tengah mengembangkan proyek baru yang bernama ARCore. Berbeda dengan Tango yang menitikberatkan AR pada hardware, ARCore merupakan proyek Augmented Reality yang menitikberatkan pada software.

              Jadi, nantinya teknologi AR dapat digunakan oleh hampir seluruh perangkat smartphone yang ada. Tidak seperti Tango yang memerlukan perangkat khusus seperti Asus ZenFone AR yang saat ini tidak laku di pasaran.

              7. NES Classic Edition

              F469300d3fd36e4386ac7767ef60ca38
              Sumber foto: Sumber: polygon.com

              Teknologi besar lainnya yang harus menghilang di tahun 2018 adalah NES Classic Edition. Tepatnya pada bulan April nanti, Nintendo secara resmi menghentikan produksi perangkat satu ini. Belum jelas kenapa Nintendo menghentikan proyek tersebut, mereka hanya menuliskan kabar dihentikannya NES Classic Edition yang disampaikan kepada IGN. Perwakilan Nintendo of America mengatakan,

              "Sepanjang bulan April, wilayah NOA akan menerima pengiriman terakhir dari Nintendo NES Classic Edition untuk tahun ini."

              Itulah 7 teknologi yang harus menghilang dan mungkin untuk selamanya. Jika kita lihat, penyebab utama dan terbanyak kenapa 7 teknologi di atas menghilang adalah adanya teknologi baru yang lebih baik dan lebih diminati oleh masyarakat dunia saat ini.

              Banner: techadvisor.co.uk

              APPS TERKAIT
              Facebook Icon
              Facebook for Android
              Apps Facebook, Inc.
              Whatsapp Icon
              WhatsApp Messenger 2.19.46
              Apps WhatsApp Inc.
              Datally Mobile Data Saving Wifi App By Google Icon
              Datally: Mobile Data-Saving & WiFi App by Google 1.0
              Apps Google LLC
              Microsoft Launcher Tema Android Icon
              Microsoft Launcher - Tema Android 4.2.1.38412
              Apps Microsoft

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal