J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Kecoak Termasuk?! Ini 5 Teknologi yang Terinspirasi dari Hewan

              Kecoak Termasuk?! Ini 5 Teknologi yang Terinspirasi dari Hewan

              00
              Kamis, 26 Okt 2017, 08:00 WIB
              Kebanyakan ilmuwan ternyata dapat inspirasi dari hewan. Berikut 5 teknologi yang tercipta karena terinspirasi dari hewan.

              Teknologi diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Lagi-lagi kalimat ini Jaka gunakan jadi pembuka artikel yang memang ngebahas soal teknologi. Sama seperti karya seni, diciptakannya teknologi ternyata juga membutuhkan inspirasi.

              Tahukah kamu dari mana datangnya inspirasi para ilmuwan saat ingin membuat sebuah teknologi baru? Gak semua sama memang, tapi kebanyakan dari mereka ternyata terinspirasi dari hewan atau binatang. Gak percaya? Berikut Jaka ulas lima teknologi yang diciptakan karena terinspirasi dari hewan.

              BACA JUGA
              • 22 Ilustrasi Tentang Manusia dan Hewan yang Pasti Bikin Kamu Ketakutan
              • Bagaimana Wujud Hewan dalam Kandungan Ibunya? Inilah 15 Fotonya
              • Hahaha! 20 Foto Hewan Ini Mirip dengan Artis Hollywood

              5 Teknologi yang Terinspirasi dari Hewan

              1. Kamera Pendeteksi Gerak (Mata Lalat)

              Teknologi Hewan 1

              Nyaris semua orang pasti setuju kalo dibilang hewan yang satu ini adalah salah satu yang paling mengganggu. Kita pasti kesal kalo makanan enak yang siap kita kunyah tiba-tiba dihinggapi lalat. Tapi jangan salah, hewan yang satu ini justru jadi inspirasi terciptanya teknologi keren lho.

              Kamera pendeteksi gerak ternyata diciptakan karena sang ilmuwan terinspirasi oleh mata lalat. Pasalnya, mata hewan terbang ini ternyata mampu membedakan objek berdasarkan warna dan bisa mendeteksi objek yang bergerak dengan jelas.

              2. Robot Pelari Cepat (Kaki Kecoak)

              Teknologi Hewan 2

              Hewan yang satu juga gak kalah dibenci sama manusia. Selain menggelikan, hewan ini dikenal dengan kemampuan bertahan hidup yang hebat alias susah banget mati. Ternyata, kaki kecoak jadi inspirasi seorang ilmuwan untuk membuat sebuah robot.

              Ya. Kaki kecoak yang berjumlah enam ini dikagumi banyak ilmuwan karena dianggap hasil evolusi yang mengangumkan. Keenam kaki tersebut mampu menghasilkan gerak yang unik dan membuat kecoak bisa berlari cepat. Hal itu kemudian menjadi inspirasi untuk dibuat sebuah robot pelari cepat.

              3. Teknologi 3D (Mata Udang Mantis)

              Teknologi Hewan 3

              Kamu tentu tahu apa itu teknologi tiga dimensi atau 3D, kan? Untuk penggila film, pastinya sudah sering menyaksikan film 3D di bioskop. Tapi apakah kamu tahu asal mula terciptanya teknologi yang satu ini? Ternyata, pembuat 3D mendapat inspirasi dari udang. Bukan otak udang, tapi mata udang, tepatnya mata udang mantis.

              Mata udang mantis punya kemampuan menangkap cahaya yang terpolarisasi. Hal itu kemudian menjadi dasar terciptanya teknologi 3D. Perbandingannya adalah jika mata manusia cuma bisa melihat dengan kombinasi tiga warna primer, maka mata udang mantis bisa sampai 11-12 warna primer!

              4. Radar Kapal Selam (Sonar Lumba-lumba)

              Teknologi Hewan 4

              Pernah merasakan sensasi mengelilingi dasar laut dengan kapal selam? Teknologi yang digunakan pada kapal selam ternyata gak jauh-jauh dari laut. Ya. Para ilmuwan menjadikan kemampuan sonar yang dimiliki lumba-lumba sebagai inspirasi.

              Sonar adalah sistem yang digunakan lumba-lumba untuk berkomunikasi dan menerima rangsangan. Sistem itu dapat menghindari lumba-lumba dari benturan benda yang ada di sekitarnya. Sonar tersebut kemudian diadaptasi ke dalam radar kapal selam.

              5. Wingsuit (Sayap Tupai Terbang)

              Teknologi Hewan 5

              Tupai terbang adalah salah satu hewan pemegang rekor dunia lho. Rekor sebagai binatang terbang yang seharusnya gak bisa terbang karena kemampuannya meluncur adalah sejauh 288 meter! Tupai bisa terbang berkat sayap yang bisa mereka kembangkan saat di ketinggian.

              Tupai terbang mengembangkan sayap dari kulit tubuh dan menggunakannya sebagai alat penahan udara ketika meluncur di antara pepohonan. Metode itu kemudian diadaptasi ke dalam wingsuit atau yang biasa kita kenal dengan baju terbang.

              Akhir Kata

              Itulah lima teknologi yang dibuat karena terinspirasi dari hewan. Gak nyangka kalo ternyata hewan banyak jadi inspirasi para ilmuwan menciptakan teknologi? Makanya, sayangi hewan dan stop kekerasan fauna!

              Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              Animal Face Icon
              Animal Face 1.2.3
              Apps Easy Tiger Apps
              Suarahewan Icon
              Animal Sounds Uwa and Friends 1.1
              Apps Hicca Studios
              Marbel Dunia Hewan Icon Icon
              Marbel Dunia Hewan 1.3
              Apps Educa Studio
              Marbel Belajar Hewan Dan Suaranya Icon Icon
              Marbel Belajar Hewan dan Suaranya 1.10
              Apps Educa Studio
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal