J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Kelebihan Bluetooth Versi 5 yang Pasti Belum Ketahui

6 Kelebihan Bluetooth Versi 5 yang Pasti Belum Ketahui

Sabtu, 2 Jul 2016, 15:00 WIB
Bluetooth versi 5 ini membawa peningkatan di bidang jangkauan yang lebih jauh, kecepatan transfer data, dan kemampuan membawa ukuran data yang lebih besar. Ini dia 6 Teknologi Mutakhir Bluetooth Versi 5 yang Pasti Belum Ketahui.

Salah satu fitur jadul yang masih bertahan hingga saat ini adalah Bluetooth. Fitur ini sudah ada sejak sebelum era smartphone loh. Dengan Bluetooth memungkinkan kita untuk saling bertukar data, berkirim file dokumen, foto, lagu, ataupun video. Untuk melakukan pertukaran data menggunakan Bluetooth tidak memerlukan kabel, cukup saling melakukan pairing satu sama lain dalam jarak tertentu. Bluetooth juga dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain meski hanya dalam jarak sekitar 10 meter.

Lembaga di balik teknologi Bluetooth, Special Interest Group (SIG), akan merilis teknologi terbarunya sekitar akhir 2016 hingga awal 2017. Bluetooth versi 5 dikatakan akan membawa peningkatan di bidang jangkauan yang lebih jauh, kecepatan transfer data, dan kemampuan membawa ukuran data yang lebih besar. Mungkin sebagian besar pengguna smartphone tidak menyadari pentingnya versi Bluetooth terbaru dan hanya melihatnya sebagai fitur pelengkap saja. Namun, Bluetooth 5 menjanjikan banyak hal. Berikut 6 hal yang perlu kamu ketahui tentang Bluetooth 5.

BACA JUGA
  • 10 Game Multiplayer Bluetooth Terbaik Android | Super Seru!
  • 10 Aplikasi Terbaik Transfer File Antar Android Tanpa Bluetooth
  • 12 Tips Penting Untuk Mencegah Android Kamu Di-hack Melalui WiFi dan Bluetooth

6 Terobosan Canggih Bluetooth 5 yang Wajib Kamu Ketahui

1. Double Range

Bluetooth 5

SIG mengatakan Bluetooth 5 memiliki jangkauan dua kali lebih luas dibandingkan dengan versi sebelumnya. Sedangkan jangkauan maksimum lebih tergantung pada perangkatnya, perangkat dengan Bluetooth 4.2 biasanya menawarkan 10 meter. Sementera, Bluetooth 5 akan menawarkan jangkauan lebih luas, seperti luas jangkauan yang dimiliki oleh WiFi.

2. 4X Lebih Cepat

Lebih Cepat

Bluetooth 4.0 hanya menawarkan kecepatan hingga 25Mbps, jika dibandingkan dengan kecepatan yang ditawarkan oleh WiFi sangat berbeda jauh. WiFi menjanjikan kecepatan hingga 250Mbps. Nah Bluetooth 5 ini berjanji untuk memiliki kecepatan yang 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth versi 4.2.

3. Informasi Iklan Perangkat Lebih Lengkap

Bluetooth5

Iklan memiliki arti baru dalam dunia Bluetooth. Dimana iklan di sini untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi, mendeteksi, dan terkoneksi ke perangkat Bluetooth lainnya. Ukuran paket saat ini adalah 47 byte, termasuk rincian seperti nama dan jenis perangkat. Bluetooth 5 ini akan memiliki paket berukuran lebih besar, sehingga memungkinkan informasi lebih lengkap untuk dibagi antar perangkat. Bluetooth 5 juga memiliki kepintaran menganalisis jenis koneksi yang diperlukan untuk pengiriman informasi.

4. Informasi Lokasi Bluetooth

Lokasi

Bluetooth 5 akan menawarkan fungsionalitas baru untuk layanan tanpa koneksi, yang sebagian besar terkait dengan informasi lokasi dan navigasi. Dengan menambahkan kapasitas secara signifikan untuk transmisi iklan, Bluetooth 5 akan lebih mendorong adopsi dan penyebaran layanan berbasis lokasi pada pengguna di seluruh dunia.

5. Butuh Hardware Baru

Bluetoothle

Bila pembaruan versi lawas dapat dilakukan dengan pembaruan firmware, Bluetooth 5 membutuhkan perangkat keras dengan persyaratan tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknologi baru ini hanya dapat dinimati oleh perangkat yang memang didesain untuknya. Tapi tidak menutup kemungkinan juga beberapa fitur Bluetooth 5 dapat dinikmati oleh Bluetooth sebelumnya melalui pembaruan perangkat lunak. Menurut SIG saat ini terdapat sekitar 8,2 miliar produk menggunakan teknologi Bluetooth. Mereka memperkirakan Bluetooth akan dipasang di sepertiga semua perangkat IoT pada 2020.

6. Dukungan Internet of Things (IoT)

Bluetooth Iot

Peningkatan jangkauan akan memungkinkan konektivitas perangkat IoT melampaui dinding rumah, sekaligus peningkatan kecepatan akan mendukung transfer data yang lebih cepat. Dengan kemampuan mengantar informasi yang lebih besar, Bluetooth 5 akan menciptakan pengalaman IoT yang lebih mudah dan mulus mengingat Bluetooth 5 juga sanggup meneruskan jenis informasi yang lebih bervariasi ketimbang pendahulunya. Hal ini penting mengingat jumlah perangkat smart home atau Internet of Things (IoT) semakin meningkat setiap harinya dan konsumen pun perlahan kian tertarik untuk mengadopsi perangkat IoT.

Seperti yang kita tahu, mayoritas perangkat IoT saat ini sangat mengandalkan Bluetooth serta aplikasi pendamping di smartphone. Dengan Bluetooth 5 dan segala pembaruannya, kamu akan lebih jarang mengunduh aplikasi hanya untuk menyambungkan perangkat IoT atau smart home. Itulah 6 hal yang perlu kamu ketahui tentang versi Bluetooth terbaru yakni Bluetooth 5. Ya, teknologi terus berkembang pesat. Duh bakal seperti apa ya gambaran teknologi pada tahun 2020 mendatang?

ARTIKEL TERKAIT
Sent File Shareit

Cara Transfer File dari Android ke PC Tanpa Bluetooth

Dot Headset Bluetooth Terkecil Di Dunia Banner

Ini Dia Headset Bluetooth Terkecil di Dunia

Banner Bluetooth

4 Cara Instan Mengatasi Bluetooth Rusak di HP Android

Cara Kirim File Dengan Smartphone Tanpa Mengandalkan Internet Dan Bluetooth Banner

Cara Kirim File dengan Smartphone tanpa Menggunakan Internet dan Bluetooth

Kwikset Kevo Buka Kunci Pintu Menggunakan Bluetooth Banner

Kwikset Kevo, Buka Kunci Pintu Menggunakan Bluetooth

APPS TERKAIT
Bluetooth Driver Installer Icon
Bluetooth Driver Installer 1.0.1.133
Apps bluetoothinstaller
Bluetooth Tic Tac Toe Free Icon
Bluetooth Tic Tac Toe Free 1.0.2
Games Ilumnis
Bluetooth Chess Icon
Bluetooth chess 3.6
Games Haksoft
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jangan Tertipu, 5 Mitos Bluetooth ini Wajib Kamu Abaikan

Jangan Tertipu, 5 Mitos Bluetooth ini Wajib Kamu Abaikan

Bluetooth 5.0, Bakal 2 Kali Lebih Kencang dan 4 Kali Jangkauan Lebih Luas

Bluetooth 5.0, Bakal 2 Kali Lebih Kencang dan 4 Kali Jangkauan Lebih Luas

Samsung Galaxy S8, Smartphone Flagship Pertama dengan Bluetooh 5.0!

Samsung Galaxy S8, Smartphone Flagship Pertama dengan Bluetooh 5.0!

Tahun Baru Makin Seru Dengan 7 Bluetooth Speaker Ini!

Tahun Baru Makin Seru Dengan 7 Bluetooth Speaker Ini!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal