7 Franchise Film yang Hancur Akibat Satu Keputusan | Salah Strategi!

Default

Pada beberapa kasus, franchise film biasanya nggak dilanjutkan karena mulai kehilangan minat para penggemarnya. Namun, pada beberapa contoh yang lain, hal ini terjadi akibat kesalahan pengambilan keputusan.

Contohnya juga bermacam-macam, mulai dari membunuh karakter penting, mengganti seorang aktor, mengubah rating film, terlalu lama mengeluarkan sekuel, atau bahkan terlalu banyak mengeluarkan film baru.

Hal ini berakibat pada nilai komersial dan kritik yang didapat oleh franchise film tersebut, sehingga membuatnya seperti nggak memiliki masa depan lagi.

Kalau kamu penasaran apa saja franchise film yang hancur akibat satu keputusan besar, simak penjelasannya di bawah ini.

7 Franchise Film yang Melakukan Satu Kesalahan Besar

Menjaga minat penggemar untuk terus mengikuti satu franchise film tentu bukan perkara mudah. Berbagai cara dilakukan supaya pihak studio nggak kehilangan sumber pendapatan mereka.

Tapi, langkah yang diambil bisa saja salah, geng. Meskipun pada awalnya diharapkan membawa keuntungan lebih, namun ternyata yang didapat justru kerugian.

Berikut adalah beberapa franchise film ternama yang mengambil satu keputusan yang salah hingga berdampak pada keberlangsungan franchise tersebut.

1. Terminator

Terminator Dark Fate 10123

Meskipun franchise film Terminator telah mengalami penurunan sejak dua film originalnya yang disutradarai oleh James Cameron, namun setidaknya tiga film selanjutnya nggak benar-benar melakukan kesalahan fatal.

Tapi, Terminator: Dark Fate (2019) justru mengacaukan segalanya dengan membuat T-800 (Arnold Schwarzenegger) membunuh John Connor muda (Edward Furlong) pasca dikirim ke masa lalu oleh Skynet.

Hal ini memang segaja dilakukan karena ada karakter sentral baru, yaitu Dani Ramos (Natalia Reyes). Sayangnya, kabar mengenai kematian Connor membuat banyak orang enggan menonton Terminator: Dark Fate yang akhirnya menjadi film Terminator dengan pendapatan terendah.

2. The Mummy

The Mummy 0e0dc

Akibat Rachel Weisz mengalami masalah dengan naskah film The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor (2008) dan baru saja melahirkan, maka aktris ini diganti di tengah proses produksi oleh Maria Bello.

Sayangnya, chemistry antara Bello (Evelyn O'Connell) dan Brendan Fraser (Richard O'Connell) nggak sama seperti ketika Fraser dipasangkan dengan Weisz. Selain itu, Interpretasi Bello terhadap karakternya juga lebih serius dan kurang hangat dibanding ketika Weisz memerankannya.

Akibatnya, meskipun sudah menggandeng Jet Li sebagai villain, namun film ini tetap nggak bisa meraih hasil yang memuaskan di bioskop.

3. Sin City

Sin City E07b7

Salah satu aturan pada franchise film adalah membuat sekuel dalam jarak yang nggak terlalu jauh dengan film sebelumnya. Sayangnya, Sin City nggak mengikuti aturan tersebut yang berakibat pada berakhirnya franchise film ini.

Padahal, Sin City (2005) menuai banyak pujian sebagai film yang diadaptasi dari novel grafis karya Frank Miller, khususnya mengenai gaya visual dan pemilihan para aktor.

Naskah untuk sekuelnya juga sudah selesai sejak 2007, namun Sin City: A Dame to Kill For baru tayang pada 2014 akibat menyesuaikan jadwal para pemainnya serta birokrasi studio yang terlalu rumit.

4. Independence Day

Independence Day Da8f5

Minat penggemar terhadap sekuel Independence Day langsung menurun begitu Roland Emmerich, sang sutradara, mengumumkan bahwa Will Smith nggak akan kembali.

Kabarnya, Smith meminta bayaran 50 juta USD yang dianggap terlalu tinggi, namun sang aktor sendiri menyatakan bahwa jadwal syutingnya bertabrakan dengan Suicide Squad (2016).

Akhirnya, Steven Hiller yang sebelumnya diperankan oleh Smith menjadi karakter dihapus dari film sekuel dengan cara dibuat terbunuh secara off-screen.

5. Star Wars

Star Wars The Rise Of Skywalker E3395

Meskipun bukan film Star Wars terburuk, namun The Rise of Skywalker (2019) menjadi yang paling nggak kreatif dan terlalu banyak bergantung dengan film-film sebelumnya.

Palpatine (Ian McDiarmid) kembali tanpa alasan yang jelas, Lando (Billy Dee Williams) dipaksakan masuk ke dalam jalan cerita, Rey (Daisy Ridley) terungkap sebagai cucu Palpatine, dan karakter-karakter lain yang hanya menjadi penerus dari elemen yang sudah ada sebelumnya.

Pada akhirnya, franchise film Star Wars lebih banyak bergantung pada klan Skywalker tanpa berusaha membuat arah baru untuk generasi penonton selanjutnya.

6. The Lego Movie

The Lego Movie Fe8d0

Film The Lego Movie (2014) menjadi film sukses yang dikira bakal gagal karena hanya sebagai iklan panjang untuk produk Lego. Nyatanya, minat penggemar terhadap kelanjutannya justru sangat tinggi.

Akhirnya, Warner Bros. pun menggencarkan proyek film selanjutnya yang justru too much dengan film The Lego Batman Movie dan The Lego Ninjago Movie yang masing-masing dirilis pada 2017.

Akhirnya, penonton yang sudah bosan dengan film-film Lego nggak berminat menonton The Lego Movie 2: The Second Part (2019) yang gagal mendapatkan setengah pemasukan film pertamanya, terlepas dari review yang bagus.

7. The Expendables

The Expendables E0e1f

Dua film pertama The Expendables menjadi sarana yang baik bagi para penonton yang mengharapkan adegan aksi brutal, penuh darah, dan berbagai tipikal film-film action R-rated lainnya.

Sayangnya, rating The Expendables 3 justru berubah menjadi PG-13 demi menjangkau penonton yang lebih luas. Hal ini pun membuat adegan-adegan aksi menjadi lebih aman, yang justru menghilangkan minat para penggemar lama.

Padahal, cukup dengan dilakukan perubahan kecil untuk memperbaiki film ini, yaitu mengganti rating-nya kembali menjadi R, maka franchise film The Expendables pun akan tetap diminati oleh penonton.

Akhir Kata

Itu dia berbagai franchise film terkenal yang reputasinya rusak akibat satu keputusan yang salah. Meskipun beberapa di antaranya masih ada kemungkinan untuk terus dilanjutkan, namun beberapa yang lain rasanya sudah kehilangan masa kejayaannya, geng.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Action Terbaru 7546e
12+ Film Action Terbaru dan Terbaik 2021, Penuh Aksi Menegangkan!
Film Disney Live Action 318ae
15 Film Disney Live-Action Terbaik dan Terbaru 2021, Dijamin Seru!
58486 Der Herr Der Ringe Picsay 7b3af
7 Film Fantasi Terbaik yang Wajib Ditonton Bareng Pacar Saat Akhir Pekan
Film Korea Romantis Terbaik E383a
10 Film Korea Romantis Terbaik Wajib Tonton, Bikin Jomlo Baper!
Film Musikal Terbaik 6cbcf
10 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa | Bikin Kamu Nangis Bombay!
1 Pan0tntfxezva5ewmc8mog 00692
7 Film Bajak Laut Terbaik Sepanjang Masa, Penuh Petualangan Seru!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal