J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Seberapa Penting Fitur Kedap Air Pada Smartphone?

Seberapa Penting Fitur Kedap Air Pada Smartphone?

Selasa, 31 Jan 2017, 18:00 WIB
Smartphone waterproof atau tahan air kembali naik daun. Namun, seberapa penting sebenarnya fitur kedap air pada smartphone? Simak ulasannya..

Sejatinya fitur water resistance, waterproof atau tahan air pada smartphone bukanlah hal baru. Sony Mobile bisa disebut sebagai pelopor smartphone tahan air dengan Sony Xperia Z yang diluncurkan tahun 2012 lalu.

Namun, tren smartphone kedap air ini kembali 'naik daun' karena Samsung Galaxy S7 dan Apple iPhone 7 juga dilengkapi fitur tahan air. Sekarang malah seakan menjadi 'fitur wajib' yang harus dimiliki pada smartphone high-end. Nah, seberapa penting sih fitur tahan air pada smartphone?

BACA JUGA
  • CAT S60, Smartphone Tahan Banting dengan Kamera Pendeteksi Panas
  • 5 Waterproof Pouch Terbaik yang Cocok Banget Kamu Bawa Liburan

Seberapa Penting Fitur Kedap Air Pada Smartphone?

Definisi yang Sebenarnya

Definisi

Pada smartphone tahan air, tentunya kamu bakal menemukan istilah "water resistant" dan "waterproof". Apa bedanya?

Water resistant merupakan istilah yang digunakan untuk smartphone yang tidak akan rusak ketika terkena percikan air. Contohnya seperti air hujan, atau tumpahan air minum.

Sementara, waterproof merupakan istilah yang digunakan untuk smartphone yang bisa ditenggelamkan ke dalam air. Tapi, dalam jangka waktu tertentu.

Seperti yang sudah kamu ketahui, kode sertifikasi IP dengan dua angka dibelakangnya menunjukan bahwa semakin tinggi nomor yang digunakan, tingkat ketahanannya akan semakin bagus. Namun, kode sertifikasi tersebut hanya sebatas menunjukan tingkat ketahanan perangkat dalam satuan ATM atau atmosphere.

Sebenarnya tidak ada smartphone yang benar-benar anti air. Sejauh ini, smartphone Android high-end punya sertifikasi IP68. Di mana bisa menyelam lebih dari 1 meter dan dengan batas waktu ditentukan oleh manufaktur, maksimal bisa menyelam hingga 1,5 meter selama 30 menit.

Fitur Tahan Air = Asuransi

Ip

Umumnya perangkat elekronik, terkhusus smartphone selalu dihadapkan pada masalah kerusakan yang diakibatkan oleh debu dan air. Tak heran jika pabrikan ponsel melengkapi fitur tahan air dan debu untuk menghindari kerusakan dari kedua faktor tersebut.

Buat kamu yang pernah mengalami smartphone-nya rusak akibat terkena air, misalnya kehujanan. Pasti ingin membeli smartphone baru yang tahan terhadap air, jadi bisa bertindak sebagai asuransi juga. Sayangnya masih sedikit smartphone dengan fitur tersebut dan kebanyakan hanya terdapat pada smartphone flagship yang terbilang cukup mahal.

Biaya Pembuatan Lebih Mahal

Biaya Pembuatan Lebih Mahal

Terus kenapa hanya sedikit perusahaan pembuat smartphone yang memproduksi smartphone dengan fitur tahan air. Padahal pengguna smartphone pasti menginginkan fitur ini.

Ternyata biaya yang dibutuhkan untuk membuat ponsel tahan air cukup tinggi. Menurut pendiri Xiaomi, Lei Jun, apabila fitur tahan air ditambahkan, maka akan menaikkan harga smartphone Xiaomi 20-30 persen dari harga yang sekarang.

Belum lagi biaya pengembangan untuk memastikan smartphone tetap tahan air, mengharuskan smartphone itu sendiri tidak boleh mengalami kerusakan sekecil apapun agar tidak tercipta celah yang menyebabkan air dapat meresap ke dalam.

Biaya tentu saja berbeda-beda tergantung pada produsen, tetapi pasti akan selalu meningkatkan biaya produksi perangkat. Selain itu, membuat smartphone kedap air juga akan mempengaruhi ukuran, ketebalan, berat, dan mungkin kualitas audio dari speaker.

Jadi, sudikah kamu membayar lebih untuk fitur kedap air pada smartphone?

Akhir Kata

Waterproof Xperia

Ketika kamu membeli smartphone kedap air, artinya kamu membayar lebih untuk perlindungan ekstra. Namun, bukan berarti dengan sengaja kamu bisa mencelupkan ke air seperti mengambil foto underwater. Peringkat IP ini tidak mencakup penggunaan di bawah air. Bahkan, Sony menulis ulang definisi tahan air pada smartphone-nya.

Tidak ada jawaban yang pasti, seberapa penting fitur kedap air pada smartphone. Meski begitu, menurut beberapa penelitian kebanyakan smartphone yang rusak memang akibat terkena air. Jadi, bagaimana pendapat kamu? Tertarik untuk memiliki smartphone tahan air?

Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Tips Jadi Fotografer Handal 7

5 Rahasia Untuk Jadi Fotografer Handal Dengan Smartphone

E3e71c458af4c9ed1ac22276d65d7c47

5 Game Simulasi Hacking Terbaik Yang WAJIB Kamu Coba!

Jangan Menjual Samsung Galaxy S4 Banner

Nggak Usah Jual Samsung Galaxy S4 Kamu, Ini Alasannya!

APPS TERKAIT
Logo Kmbtechnologies Klaksontelolet Icon
Klakson Telolet 4.4
Apps KMB Technologies
Logo Disney Disneygif Icon
Disney GIF 1.0.9
Apps Disney
Logo Telkom Useetv Icon
UseeTV 4.4.4
Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Bersosial Icon
Bersosial 5.0.1
Apps DanPros
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Cara Membuat Smartphone Tahan Air Tanpa Beli yang Baru

5 Cara Membuat Smartphone Tahan Air Tanpa Beli yang Baru

Musim Hujan? Lakukan 6 Cara Mengatasi Smartphone yang Kehujanan Ini

Musim Hujan? Lakukan 6 Cara Mengatasi Smartphone yang Kehujanan Ini

Jangan Panik Saat Smartphone Kena Air, Ini Solusinya!

Jangan Panik Saat Smartphone Kena Air, Ini Solusinya!

Arti Kode Sertifikasi Smartphone Tahan Air (IP67 dan IP68)

Arti Kode Sertifikasi Smartphone Tahan Air (IP67 dan IP68)

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal