J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10, Duel Android 1 Jutaan

Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10, Duel Android 1 Jutaan

Sabtu, 7 Feb 2015, 15:42 WIB
Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10 Duel Android 1 Jutaan - Kalau dua hingga tiga tahun lalu persaingan sengit di pasar smartphone hanya ada di kelas high-end, lain cerita dengan persaingan saat ini.

Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10 Duel Android 1 Jutaan - Kalau dua hingga tiga tahun lalu persaingan sengit di pasar smartphone hanya ada di kelas high-end, lain cerita dengan persaingan saat ini. Semakin maraknya smartphone Android terjangkau membuat sebagian produsen smartphone ikut bersaing meluncurkan produk murahnya.

Kali ini, kami akan membahas perbandingan antara dua smartphone Android murah di harga Rp1 juta. Smartphone yang satu datang dari Samsung, yakni Galaxy V, sedangkan satunya lagi berasal dari produsen lokal, yakni MITO Impact Android One A10. Kami membandingkan keduanya berdasarkan kesamaan harga. Harga Samsung Galaxy V saat ini berkisar di Rp1,2 juta, begitu juga harga MITO Impact Android One A10 ada di kisaran Rp1,2 juta.

Desain Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10

Dari sisi desain, Samsung Galaxy V dan MITO Impact Android One A10 memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Samsung Galaxy V memiliki dimensi 12 x 6,3 cm dengan ketebalan 1 cm. MITO Impact Android One A10 hanya sedikit lebih besar dengan dimensi 13,2 x 6,7 cm dengan ketebalan 0,9 cm.

Dari sisi layar, dimensi keduanya hanya terpaut sedikit saja. Samsung Galaxy V memiliki layar lebih kecil dengan diagonal 4 inci dan MITO Impact Android One A10 berdimensi 4,5 inci. Jika diperhatikan, tepian layar kedua smartphone ini terlihat mirip, sama-sama tergolong tebal. Untuk urusan berat, belum diketahui berapa bobot yang dimiliki MITO Impact Android One A10. Namun nampaknya, bobot kedua smartphone Android murah ini tak melebihi 150 gram.

Galaxy V Vs Mito Impact 04

Bentuk bodi keduanya pun tak banyak berbeda. Baik Samsung Galaxy V maupun MITO Impact Android One A10 sama-sama mengusung bentuk rounded dengan empat sudut agak membulat. Karena ditujukan untuk kelas entry-level atau pengguna pemula, keduanya dirancang dengan material plastik. Penutup belakangnya juga sama-sama bisa dibuka. Di dalamnya terdapat dua buah slot SIM card GSM-GSM.

Satu perbedaan terletak pada sisi tombol utama. Tombol menu, back, dan home pada Samsung Galaxy V berupa tombol fisik dan soft button yang ditempatkan di dagu atau tepian bawah smartphone. Pada MITO Impact Android One A10, ketiga tombol tersebut ditempatkan di dalam layar sebagai on-screen button, mirip seperti smartphone Xperia Series milik Sony.

Sistem Operasi Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10

Dalam hal sistem operasi, MITO Impact Android One A10 selangkah lebih unggul dari Samsung Galaxy V. Masuk dalam jajaran Android One, smartphone terbaru MITO tersebut sudah pasti mendapat perhatian khusus dari Google, salah satunya dari sisi sistem operasi.

Ketika dirilis, MITO Impact Android One A10 langsung hadir dengan OS Android Lollipop 5.1. Bahkan, OS tersebut lebih baru dari Google Nexus 6 sekali pun. Namun, user interface yang digunakan adalah UI stock atau bawaan dari Google sehingga tidak banyak memiliki fitur-fitur tambahan.

Galaxy V Vs Mito Impact 03

Di lain sisi, Samsung Galaxy V ditunjang OS Android KitKat 4.4.2 dengan user interface Samsung TouchWiz. Dengan begitu, tampilan yang dimilikinya serupa dengan smartphone kelas atas Samsung lainnya. Perbedaannya, TouchWiz pada Samsung Galaxy V tidak dilengkapi fitur unggulan seperti gesture. Hingga saat ini, Galaxy V belum mendapat update Android Lollipop.

Spesifikasi Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10

Lagi-lagi MITO Impact Android One A10 dapat mengungguli Samsung Galaxy V dari sisi spesifikasi. Sebagai salah satu smartphone murah dari Samsung, Galaxy V hanya ditunjang prosesor single-core 1 GHz, RAM 512 MB, dan storage 4 GB. Hardware tersebut membuat Galaxy V kewalahan dalam hal multitasking serta tidak mampu menjalankan game menengah ke atas.

MITO Impact Android One A10 memiliki hardware lebih baik. Smartphone ini ditenagai prosesor quad-core MediaTek MT6582 1,2 GHz, RAM 1 GB, dan storage 8 GB. Di atas kertas, spesifikasi ini mampu menjalankan game sekelas Asphalt 8 dengan cukup baik. Karena OS-nya dioptimasi langsung oleh Google, performa MITO Impact Android One A10 seharusnya akan terasa optimal.

Bagaimana dengan layar? Ternyata, layar keduanya memiliki kualitas setara. Galaxy V memiliki resolusi 800 x 480 piksel, sedangkan MITO Impact Android One A10 memiliki resolusi 854 x 480 piksel. Perbedaannya, MITO menggunakan panel IPS, Samsung menggunakan panel TFT.

Dengan layar lebih besar, MITO Impact Android One A10 dibekali baterai dengan kapasitas lebih tinggi dari Samsung Galaxy V. Kapasitas baterainya masing-masing yaitu 1.780 mAh dan 1.500 mAh. Kapasitas baterai tersebut sama-sama tergolong kecil, sehingga kemungkinan tak akan bertahan lebih dari 15 jam.

Baca juga : Daftar Harga HP Samsung Terbaru 2015

Kamera Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10

Galaxy V Vs Mito Impact 02

Kamera MITO Impact Android One A10 sedikit lebih baik dari Samsung Galaxy V. Dengan resolusi 5 MP dan fitur autofokus, kameranya di atas kertas bisa menangkap objek lebih fokus dan tajam. Pada Samsung Galaxy V, kameranya beresolusi 3,2 MP namun tidak dilengkapi fitur autofokus. Padahal, fitur ini sangatlah penting untuk sebuah kamera smartphone. Untuk merekam video, kamera MITO Impact Android One A10 bisa merekam gambar bergerak hingga resolusi HD 720p. Pada Samsung Galaxy V, kamu bisa merekam video dengan resolusi 480p saja.

Harga Samsung Galaxy V vs MITO Impact Android One A10

Dengan beberapa perbedaan spesifikasi dan fitur, kedua smartphone entry-level ini memiliki kesamaan dari sisi harga. Harga Samsung Galaxy V dan MITO Impact Android One A10 sama-sama membanderol keduanya dengan harga Rp1,2 juta. Harga tersebut memang terasa pas karena keduanya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna Android di kelas entry-level.

Artikel Menarik Lainnya:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal