J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Bikin Merinding! Ini 9 Robot Perang Paling Canggih di Seluruh Dunia

              Bikin Merinding! Ini 9 Robot Perang Paling Canggih di Seluruh Dunia

              00
              Kamis, 19 Okt 2017, 20:00 WIB
              Di dunia militer, robot bisa juga digunakan dalam medan peperangan. Berikut ini 9 robot canggih di dunia yang digunakan di medan perang.

              Teknologi robot memang dapat dikembangkan untuk berbagai bidang. Mulai dari kesehatan dan ilmu pengetahuan. Namun apa jadinya jika teknologi robot malah digunakan untuk perang dan memusnahkan umat manusia?

              Robot perang di sini bukan seperti yang kamu pikirkan guys. Bentuknya pun nggak humanoid seperti robot pada serial Evangelion atau Mobile Suit Gundam loh. Berikut Jaka kasih tahu 9 robot perang paling canggih di seluruh dunia. Bikin merinding!

              BACA JUGA
              • 8 Robot Paling Menakutkan yang Pernah Diciptakan
              • Awas! 5 Robot Pembunuh Ini Siap Musnahkan Umat Manusia
              • Canggih! Ini 5 Manusia Setengah Robot yang Hidup di Dunia Nyata

              9 Robot Perang Paling Canggih di Seluruh Dunia

              1. MAARS

              Fa355dac8fd5e14521da485ece0dc672

              Sumber foto: Foto: businessinsider.com

              Kamu sebaiknya jangan meremehkan kemampuan dari Modular Advanced Armed Robotic System atau MAARS. Dengan desainnya yang compact, robot canggih untuk perang ini memiliki bentuk seperti tank dalam skala ukuran lebih kecil.

              MAARS dilengkapi dengan berbagai persenjataan, mulai dari laser, gas air mata, bahkan pelontar granat sekalipun. Sebelumnya ada juga model SWORDS yang digunakan berperang di Irak beberapa tahun lalu.

              2. DOGO

              77c7f6e0be97e1307dc1b712ffd1f338

              Sumber foto: Foto: popularmechanics.com

              DOGO yang dikembangkan oleh General Robotics malah kelihatan seperti sebuah mainan remote control. Tapi siapa sangka, dengan ukurannya yang sebesar tas ransel, DOGO dilengkapi dengan kamera dan pistol 9-milimeter loh.

              Robot canggih untuk perang ini sangat efektif untuk melumpuhkan musuh tanpa menarik perhatian, khususnya dalam membebaskan sandera. DOGO juga dilengkapi lapisan yang cukup kuat, sehingga mampu menahan terjangan peluru.

              3. SAFFiR

              A05feb9ac3cd69deb43ee25ded16a8dc

              Sumber foto: Foto: cnn.com

              Shipboard Autonomous Firefighting Robot atau SAFFiR sangat membantu dalam proses pemadaman kebakaran terutama di atas kapal. Robot ini dilengkapi dengan kamera dan sensor panas sehingga mampu mendeteksi sumber api.

              SAFFiR dibuat oleh mahasiswa dari Virgina Tech, memiliki bentuk humanoid alias menyerupai tubuh manusia. Sayangnya, robot canggih untuk perang ini masih dalam tahap pengembangan sehingga belum sepenuhnya dapat digunakan.

              4. Guardbot

              0d9f3294484ef6f175c6dae4ea83367a

              Sumber foto: Foto: dailymail.co.uk

              Sebuah robot militer nggak selamanya harus dilengkapi dengan persenjataan. Guardbot mengambil peran penting dalam peperangan, terutama untuk urusan pengintaian dengan dilengkapi sebuah kamera.

              Guardbot awalnya didesain untuk digunakan pada penjelajahan planet Mars. Memiliki keunggulan pada bentuknya, Guardbot mampu digunakan dalam berbagai medan, seperti salju, pasir, bahkan mengapung di atas permukaan air.

              5. Gladiator

              00ca0c6a34696dfb30f4e4efb04ba5cb

              Sumber foto: Foto: newatlas.com

              Berbicara tentang Kekaisaran Romawi, pasti lekat dalam pikiran kita dengan gladiator. Prajurit perang inilah yang menginspirasi robot yang didesain oleh U.S. Marine Corps, yaitu Gladiator Tactical Unmanned Ground Vehicle.

              Punya bentuk seperti tank mini, Gladiator dapat digunakan dalam berbagai misi. Dengan kecepatan maksimal hingga 16 km/jam, Gladiator mampu mengangkut sebuah senapan mesin dan pelontar granat.

              6. Alrobot

              66eac3070a12658caa1dccc4c3915a61

              Sumber foto: Foto: dailymail.co.uk

              Gejolak peperangan yang terjadi di Timur Tengah membuat robot militer ikut terlibat di dalamnya. Menurut pemberitaan Baghdad Post, Alrobot yang dikembangkan oleh dua orang pemuda digunakan untuk melawan pasukan ISIS.

              Alrobot digunakan untuk meminimalkan risiko yang diterima oleh prajurit manusia. Alrobot sendiri mampu dikendalikan dari jarak jauh dan dilengkapi dengan persenjataan super berat.

              7. Anbot

              C92350bea28531101eac55ddcc78bf15

              Sumber foto: Foto: popsci.com

              Kamu para gamer mungkin nggak akan asing dengan bentuk robot canggih untuk perang yang satu ini. Anbot yang dikembangkan di Tiongkok oleh National Defense Univesity sekilas memiliki bentuk seperti Wrench Jr. Robot yang ada di seri game Watch Dogs 2.

              Anbot dikembangkan sebagai robot polisi yang digunakan untuk berpatroli. Anbot yang memiliki kecepatan hingga 18 km/jam ini mampu melontarkan alat kejut listrik apabila dalam keadaan bahaya dan darurat.

              8. RoboBee

              Fa9965d6c79f2d65a06f2ab053fc9695

              Sumber foto: Foto: prodigitalweb.com

              Pernahkah terbayang di pikiran kamu mengenai robot dengan ukuran super kecil? Siapa sangka robot yang dikembangkan oleh Harvard s Microbiotics Laboratory ini punya ukuran dan memiliki kemampuan terbang layaknya serangga.

              RoboBee bisa jadi robot masa depan yang digunakan dalam keperluan pengintaian dan militer sekalipun. RoboBee kemungkinan akan dilengkapi dengan kemampuan mentransmisikan video ataupun audio.

              9. PD-100 Black Hornet

              65fc0a7e40671d78ac7693e628bc918e

              Sumber foto: Foto: digitaltrends.com

              Satu lagi robot militer yang bisa terbang dan memiliki bentuk seperti drone mini. PD-100 Black Hornet dibuat oleh perusahaan Prox Dynamics. Black Hornet dilengkapi dengan sebuah kamera yang memungkinkan pengguna merekam video dari jarak yang aman.

              Black Hornet telah digunakan oleh kalangan militer di Inggris. Sepanjang penggunaannya, Black Hornet dapat bekerja dengan baik dalam setiap misi pengintaian.

              Akhir Kata

              Nah, itulah 9 robot perang paling canggih di seluruh dunia. Nggak hanya berbekal senjata, robot perang bisa digunakan untuk misi pengintaian dan penyelamatan. Lalu, manakah yang terbaik menurutmu? Share pendapat kamu pada kolom komentar ya!

              Baca juga artikel seputar Robot atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              APPS TERKAIT
              Mobile Legends Bang Bang Icon
              Mobile Legends: Bang bang Terbaru
              Games Moonton
              Mobile Arena Icon
              Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA
              Games Garena
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal