J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • FINTECH
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review Xiaomi Mi4: Harga Murah Performa Mewah

              Review Xiaomi Mi4: Harga Murah Performa Mewah

              00
              Selasa, 13 Jan 2015, 14:00 WIB
              Review Xiaomi Mi 4, Mi4 adalah satu dari tiga smartphone Android tercepat. Jagoan Asal Cina dengan Kamera Depan 8 MP

              Xiaomi Mi4 adalah satu dari tiga smartphone Android tercepat asal Cina saat ini, selain OnePlus One dan Meizu MX4. Mi4 belum resmi masuk di Indonesia. Jika kamu ingin memilikinya, ada beberapa toko online yang sudah menjualnya dengan harga terjangkau Rp4.999.000.

              Handling

              Mi4 tergolong berat, bobotnya 149 gram. Berat tersebut dikarenakan bahan stainless steel yang digunakan pada bagian tulang rangkanya. Sedangkan bagian depan dan belakangnya dilapisi plastik mengkilat.

              Dengan bobot berat dan material plastik glossy, Mi4 sama sekali tidak terlihat murahan, terlebih lagi setelah memegangnya langsung. Hanya saja, bagian belakangnya bisa dikatakan licin.

              Mi4 memiliki desain unibody, baterai dan penutup belakangnya tidak bisa dilepas. Mi4 hanya memiliki satu slot micro SIM card tanpa slot micro SD. Slot tersebut ada di samping kiri. Tombol volume dan power seluruhnya ditempatkan di bagian kanan, sementara port micro USB ada di bagian bawah bersebelahan dengan speaker.

              Tidak berbeda dari Xiaomi Redmi dan Mi3, bodi Mi4 tergolong cepat panas. Misalnya ketika kamu pakai untuk memotret, merekam video, atau main game lebih dari 15 menit, kamu akan merasakan panas di sekeliling bodi Mi4, terutama bagian belakang dekat kamera.

              Software

              Kehebatan utama Mi4 selain ada pada sisi hardware adalah software ROM yang digunakannya. Mi4 dan smartphone Android lainnya dari Xiaomi menggunakan MIUI dengan banyak fitur dan tampilan menarik. Mi4 sendiri sudah menggunakan MIUI terbaru v6.2.

              MIUI v6.2 pada Mi4 memiliki tampilan yang sangat minimalis dengan warna-warna lembut. Ikon-ikon aplikasi tersaji dengan gambar yang simpel serta background dengan beragam warna menarik. Intinya, MIUI pada Mi4 tidak membuat kamu cepat bosan.

              Seperti biasa, semua smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI tidak memiliki halaman menu. Ketika kamu meng-install aplikasi, seluruhnya akan jadi satu di halaman Homescreen. Jika sudah terlihat berantakan, kamu bisa mengelompokkannya ke dalam folder.

              Keunggulan utama MIUI pada smartphone Xiaomi adalah aplikasi Themes. Pada Mi4, kamu bisa meng-install ratusan hingga ribuan pilihan themes menarik, ada yang bayar, ada pula yang gratis. Dengan mengganti themes, tampilan smartphone akan berubah total, mulai dari Lockscreen, Homescreen, hingga jendela notifikasi dan yang lainnya.

              Yang perlu kamu ketahui, secara default Mi4 tidak memiliki aplikasi Google Play dan layanan Google Service lainnya. Kamu harus meng-installnya sendiri. Kamu juga membutuhkan akun Mi untuk belanja aplikasi pada Mi Store, misalnya themes tadi. Jika kamu belum punya, kamu bisa membuat akun baru.

              Hardware

              Bicara Mi4 sudah pasti membicarakan performa cepat. Xiaomi menyematkan prosesor quad-core 2,5 GHz Snapdragon 801 dan RAM 3 GB di dalam Mi4. Jadi, kamu bisa bayangkan sendiri kecepatan yang dimilikinya.

              ROM MIUI milik Xiaomi terkenal cukup berat, apalagi versi terbarunya. Namun Mi4 bisa menjalankannya dengan sangat lancar karena memiliki RAM 3 GB. ROM MIUI pada Mi4 memakan RAM hingga 1,5 GB sehingga kamu bisa menggunakan sisa kapasitas RAM 1 hingga 1,5 GB lainnya untuk menjalankan berbagai aplikasi.

              CPU-Z for Android
              Apps Productivity CPUID
              DOWNLOAD

              Mi4 bisa menjalankan game Modern Combat 5, salah satu game terbaik dan terberat di Android dengan sangat baik. Game dapat berjalan dengan lancar. Satu-satunya kendala adalah masalah panas yang ditimbulkan.

              Xiaomi membekali Mi4 dengan baterai besar, 3.080 mAh. Kami mencobanya untuk sesekali bermain game dan browsing cukup sering, baterainya bisa mengakomodir kebutuhan seharian penuh, dari pagi hingga malam.

              Selain performa komputasi, performa layar dan speaker Mi4 juga keren. Layar Mi4 berdimensi 5 inci dengan jenis IPS, resolusinya full HD. Kami sangat menyukai tampilan layarnya, terlihat jelas ketika menampilkan tulisan teks kecil-kecil sekali pun. Pemakaian di bawah terik matahari juga tidak menjadi suatu masalah bagi Mi4.

              Speaker Mi4 terletak di bagian bawah, suaranya detail dan lebih kencang dari rata-rata smartphone Android yang ada. Meski suaranya masih kalah lantang dari HTC BoomSound milik HTC Desire 816, kami tetap merasa puas dengan kualitas speaker-nya.

              Kamera

              Kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP. Dengan kedua kameranya, kamu bisa memotret dengan hasil memuaskan menggunakan Mi4. Belum lagi, kamu bisa merekam video 4K menggunakan kamera utama Mi4.

              Memotret menggunakan Mi4 bisa menggunakan mode auto dan manual. Mode manual memungkinkan kamu untuk menentukan nilai ISO, shutter speed, dan fokus objek secara manual. Sedangkan mode auto bisa digunakan kalau kamu tidak mau direpotkan banyak pengaturan.

              Kamera Mi4 dapat hasilkan foto yang baik dengan warna akurat. Untuk memotret di ruangan dengan lampu yang terang, sensor kameranya dapat memotret dengan cepat dan terang. Namun untuk memotret di ruangan agak redup, kameranya menghasilkan noise. Gambar di atas adalah contoh foto di dalam ruangan dengan cahaya sedang. [tokopedia][/tokopedia]

              Conclusion

              Untuk kamu yang sudah capek dengan smartphone lemot tapi tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang untuk sebuah smartphone, Mi4 adalah pilihan yang layak. Kemampuannya berimbang di segala lini, mulai dari prosesor dan RAM canggih, user interface minimalis dan tidak membosankan, serta duo kamera berkualitas, 13 MP dan 8 MP.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal