J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review Sony Xperia Z3 Compact: Monster Kecil Tahan Air

              Review Sony Xperia Z3 Compact: Monster Kecil Tahan Air

              00
              Minggu, 30 Nov 2014, 13:15 WIB
              Review Sony Xperia Z3 Compact bahasa Indonesia. Smartphone yang memiliki layar 4,6 inci ini disokong spesifikasi terbaik saat ini. Prosesor Qualcomm Snapdragon 801, RAM 2 GB, dan dibalut dengan desain yang menawan.

              Smartphone kecil dengan performa ekstra besar. Sony Xperia Z3 Compact disokong spesifikasi terbaik saat ini, dibalut dengan desain yang menawan. Tak banyak smartphone kecil dengan performa besar, Xperia Z3 Compact adalah salah satunya.

              Handling

              Ketika berbicara tentang desain Sony Xperia Z3 Compact, semua pembahasan mengacu pada hal-hal positif. Smartphone ini memiliki layar 4,6 inci, namun dimensi keseluruhannya tergolong kecil. Sebagai perbandingan, Motorola Moto E memiliki dimensi layar 4,3 inci dengan dimensi bodi 12,5 x 6,5 cm. Sedangkan Z3 Compact dengan layar 4,6 inci memiliki dimensi bodi 12,7 x 6,5 cm.

              Kami mendapat sampel produk dengan warna hitam. Dengan bodi berlapis kaca di bagian belakangnya, Sony Xperia Z3 Compact terlihat mewah karena bisa memantulkan refleksi cahaya lampu. Kamu juga bisa bercermin menggunakan smartphone ini.

              Masih sama seperti pendahulunya, Sony Xperia Z3 Compact mengusung bentuk kotak. Sony sedikit memperbaiki desainnya dengan memberikan lekukan di keempat sudutnya guna memberikan kenyamanan tangan penggunanya.

              Oh ya, karena Z3 Compact dirancang tahan air, letak slot SIM card, microSD, dan micro USB tersembunyi di balik karet penutup. Jadi, pastikan karet tersebut tertutup rapat ketika kamu membawanya berenang agar air tidak masuk ke dalam mesin.

              Software

              Secara default, Sony Xperia Z3 Compact sudah menggunakan OS Android 4.4.4. OS baru ini membawa sedikit perubahan pada tampilan user interface. Kini, ikon aplikasi terlihat lebih besar dan lebih padat.

              Sony memberikan animasi keren berupa efek partikel cahaya yang bisa bergerak dinamis ketika kamu membukan Lockscreen. Sementara pada halaman Menu dan Homescreen, Sony tak banyak memberikan pilihan kustomisasi untuk mengubah tampilan. Dengan menggeser halaman hingga mentok ke kanan pada halaman Menu, kamu bisa melihat quick menu untuk mencari aplikasi, menyortir urutan aplikasi, mengakses Play Store, hingga menghapus aplikasi secara cepat.

              Saat menekan tombol Recent Apps, kamu tak hanya disajikan deretan aplikasi yang sedang berjalan. Lebih dari itu, kamu juga bisa menjalankan aplikasi khusus bernama Small Apps secara bersamaan, seperti browser, kalkulator, kalender, email, dan yang lainnya. Aplikasi tersebut ditampilkan dalam window kecil yang posisinya bisa kamu atur.

              Bagi kamu pengguna PlayStation 4, Sony menyediakan aplikasi Remote Play yang bisa di-download gratis di Google Play Store. Aplikasi ini bisa menghubungkan smartphone Sony Xperia Z3 Series dengan konsol PlayStation 4 melalui jaringan WiFi. Jadi, kamu bisa memainkan game PS 4 di layar smartphone sambil makan atau bahkan mandi, tak harus di depan televisi.

              Hardware

              Kamu bisa menyebut Z3 Compact sebagai monster kecil. Jika kamu orang yang mencari performa smartphone terbaik saat ini namun tak ingin direpotkan dengan dimensi layar yang kelewat besar, Z3 Compact menjadi pilihan tepat.

              Z3 Compact mungkin menjadi satu-satunya smartphone Android dengan ukuran paling kompak dan spesifikasi teratas yang ada untuk saat ini. Prosesornya sama seperti Xperia Z3, HTC One M8, dan Xiaomi Mi4, yaitu Qualcomm Snapdragon 801 quad-core 2,5 GHz. Dukungan RAM 2 GB dan internal storage 16 GB semakin menunjang performanya.

              Sony membekali Z3 Compact dengan layar 4,6 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel, lebih rendah dari Z3 yang memiliki resolusi 1.920 x 1.080 piksel pada layar 5,2 inci. Namun, resolusi pada Z3 Compact tersebut sebenarnya sudah pas karena masih nyaman dilihat pada layar di bawah 5 inci. Sebagai smartphone unggulan, Z3 Compact dilengkapi dengan teknologi X-Reality yang membuat layar Z3 Compact dapat menampilkan warna yang cerah.

              Dengan resolusi yang hanya 720p, di atas kertas Z3 Compact bisa menyajikan performa sedikit lebih baik dari Z3 maupun smartphone sekelasnya yang memiliki resolusi 1080p, terutama saat bermain game. Pasalnya, dengan resolusi lebih rendah, visual yang diproses menjadi lebih ringan. Dengan Sony Xperia Z3 Compact, kamu bisa memainkan semua game Android yang ada dengan sempurna.

              Baterai 2.600 mAh juga menjadi salah satu keunggulan Z3 Compact. Dengan kapasitas yang besar, Z3 Compact dapat bertahan setidaknya selama dua hari dengan pemakaian harian standar, seperti browsing dan aktif di beberapa media sosial. Namun ketika digunakan untuk bermain game, setidaknya baterainya masih bisa bertahan seharian.

              Benchmark

              Di atas kertas, Sony Xperia Z3 Compact tak akan kesulitan melewati fase benchmark. Benar saja, pada pengujian AnTuTu Benchmark v4.5.3, skor yang diraih sangat besar, yaitu 35.339.

              Tak hanya prosesor, baterai Sony Xperia Z3 Compact juga jadi keunggulannya. Skor 9.263 poin pada pengujian AnTuTu Tester menjadikannya sebagai smartphone Android dengan ketahanan baterai terbaik yang pernah kami coba. Setidaknya, Z3 Compact bisa bertahan hingga dua hari untuk pemakaian normal.

              Mengandalkan GPU Adreno 330, praktis membuat Z3 Compact bisa meladeni semua game berat Android saat ini. Pengujian 3DMark Ice Storm Unlimited bisa dilewati dengan sangat memuaskan.

              Untuk browsing, kecepatan yang dihasilkan sudah memuaskan, namun bukan yang tercepat. Kemampuannya masih kalah cepat dibanding Xiaomi Mi3 atau bahkan ASUS ZenFone 6.

              Imaging

              Kamera menjadi nilai jual Sony Xperia Z3 Compact. Resolusi sebesar 20,7 MP di atas kertas bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan mudah. Ada begitu banyak mode foto yang bisa kamu gunakan untuk hasilkan foto sekreatif mungkin.

              Anggapan tersebut tidak salah. Dengan Z3 Compact, kamu bisa memotret dengan mudah. Sensornya bekerja dengan sangat baik, dapat membidik dan menangkap objek foto dengan cepat. Flash-nya pun bekerja dengan sangat optimal dan natural karena tidak membuat foto menjadi terlalu terang.

              Kamera Z3 Compact dilengkapi dengan fitur AR (augmented reality) dimana kamu bisa bermain-main dengan animasi ketika memotret, seperti menambahkan objek dinosaurus, bunga, dan yang lainnya.

              Kamu juga bisa membuat foto "bokeh" dengan mudah menggunakan mode foto Background defocus dengan hasil foto yang bisa menyaingi kamera SLR.

              Yang tak kalah menarik tentu saja kemampuannya memotret dan merekam video di dalam air. Untuk memotret di dalam air, kamu bisa gunakan tombol shutter karena layar otomatis tak bisa menerima respon ketika di dalam air.

              Berikut adalah hasil foto menggunakan Z3 Compact dengan mode Superior Auto dan resolusi maksimal 20,7 MP. Foto di bawah ini diambil di dalam ruangan tanpa flash. Hasilnya, foto sangat tajam dengan warna tak jauh berbeda dari aslinya.

              Saat memotret dengan bantuan flash, hasilnya juga masih memuaskan. Sinar flash tak terlihat berlebihan sehingga tak merusak kualitas foto.

              Verdict

              Sangat sulit mencari smartphone Android "kecil" dengan performa besar. Pilihan terbaik saat ini adalah Sony Xperia Z3 Compact, monster kecil yang juga bisa dibawa menyelam. Selain performa tinggi, kualitas kamera dan ketahanan baterainya patut diacungi dua jempol.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal