J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Review Samsung Galaxy Note 4: Tampil Memikat dengan Stylus Sakti

Review Samsung Galaxy Note 4: Tampil Memikat dengan Stylus Sakti

WIB
Review Samsung Galaxy Note 4: Smartphone Android dengan aksesori berupa stylus yang paling banyak dikenal saat ini mungkin hanya Samsung Galaxy Note. Di seri terbarunya, Samsung Galaxy Note hadir dengan berbagai penyempurnaan.

Smartphone Android dengan aksesori berupa stylus yang paling banyak dikenal saat ini mungkin hanya Samsung Galaxy Note. Di seri terbarunya, Samsung Galaxy Note hadir dengan berbagai penyempurnaan.

Handling

Ciri khas Galaxy Note seri serbelumnya, yakni Galaxy Note 3 tetap dipertahankan pada Galaxy Note 4, yaitu bagian penutup belakangnya yang terbuat dari material seperti kulit. Bagian tersebut membuat Galaxy Note 4 jadi terasa asyik dipegang serta terlihat mewah.

Penutup belakang tersebut dapat dibuka. Bentuknya benar-benar tipis dan enteng. Baterai Galaxy Note 4 juga dapat dibuka dengan mudah. Hal ini jadi keunggulan Note 4 karena kamu bisa dengan mudah mengganti baterainya jika sudah rusak.

Samsung Galaxy Note 4 05

Meski layarnya lebar (5,7 inci), Galaxy Note 4 memiliki ketebalan 0,8 cm saja. Untuk ukuran tangan orang Indonesia, baik cowok maupun cewek, Note 4 masih terasa oke digenggam. Bobotnya juga terasa pas, tidak terlalu berat, tidak terlalu ringan. Yang membuatnya berat yaitu karena rangka Note 4 berbahan metal.

Bagian kameranya berbentuk kotak, agak sedikit menonjol keluar. Di bawah kameranya terdapat lampu flash dan sensor sidik jari. Sedangkan di bagian belakang paling bawah terdapat speaker.

Software

Bicara soal software dan user interface, Galaxy Note 4 adalah yang paling lengkap. Secara default, Note 4 menggunakan Android 4.4.2. Sementara user interface-nya menggunakan Samsung Touchwiz.

Note 4

Galaxy Note 4 jago dalam menjalankan aplikasi secara bersamaan, atau dikenal istilah multitasking. Jadi, kamu bisa menjalankan dua hingga lima aplikasi bersamaan. Meski begitu, performanya tetap terasa prima, tidak ada lag sedikit pun.

Seperti biasa, ciri khas dari Galaxy Note 4 adalah S-Pen. S-Pen dapat berfungsi optimal dengan bantuan aplikasi pendukung. Menggunakan S-Pen, kamu bisa melihat preview foto dari Gallery tanpa menyentuh layar, melainkan cukup mendekatkan ujung S-Pen ke atas layar. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menggeser halaman website saat browsing menggunakan aplikasi Internet Browser bawaan Samsung.

Note 4 2

Galaxy Note 4 punya empat aplikasi khusus S-Pen, yaitu Action memo, Smart select, Image clip, dan Screen write. Keempatnya memiliki fungsi berbeda, namun serupa. Intinya, kamu bisa menggunakan keempat apps tersebut untuk menggambar dengan presisi, menulis secara manual, memotong gambar dan memasukkannya ke dalam coret-coretan yang kamu buat, dan hal serupa lainnya. Untuk menggambar atau menulis, kamu bisa gunakan aplikasi S-Note.

Hardware

Dengan harga Rp9 juta, Galaxy Note 4 sudah pasti tidak kekurangan sedikit pun dari sisi hardware. Prosesornya memiliki delapan inti core dengan kecepatan maksimal 1,9 GHz. Belum lagi ditambah RAM 3 GB yang membuatnya sangat oke untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Dari sisi layar, Galaxy Note 4 memiliki kerapatan 515 ppi. Kami jamin, layarnya dapat menampilkan foto dengan sangat jernih dibandingkan smartphone kelas atas lain. Penyebabnya adalah resolusi layar sebesar 2.560 x 1.440 piksel yang digunakannya jauh lebih tinggi dari resolusi 1.920 x 1.080 pada kebanyakan smartphone kelas atas Android.

Samsung Galaxy Note 4 02

Di bagian belakang Note 4, kamu bisa menemukan ada dua garis berupa lubang speaker. Lubang tersebut memiliki ukuran sangat kecil. Namun tidak disangka, speaker Note 4 bisa mengeluarkan suara yang keras dan detail. Kamu bakal nyaman mendengarkan musik maupun bermain game.

Di luar fungsi utama sebagai alat komunikasi dan sarana hiburan, Galaxy Note 4 juga punya fungsi tambahan lain, yaitu untuk fasilitas kesehatan. Note 4 memiliki sensor sidik jari di bagian belakang yang bisa kamu gunakan untuk mengukur status kesehatan, seperti detak jantung, tingkat stress, kualitas tidur, hingga kualitas oksigen yang ada di dalam tubuh. Semuanya bisa kamu akses menggunakan aplikasi S-Health.

Samsung Galaxy Note 4 03

Imaging

Sebelumnya kami pernah me-review Samsung Galaxy K-Zoom, smartphone Android dengan kamera superior. Saat itu, kami merasa puas dengan kualitas kameranya yang beresolusi 20,7 MP. Namun saat mencoba kamera Note 4 yang hanya beresolusi 16 MP, kami bahkan lebih puas dengan hasilnya.

Note 4 3

Kamera Note 4 bisa menangkap objek dengan warna yang cerah, namun tidak berlebihan. Selain itu, detail gambar juga masih tetap tajam bahkan ketika melakukan zoom. Memotret di tempat terang maupun gelap juga sama asyiknya, karena hasilnya tetap optimal.

Note 4 4

Untuk merekam video, Note 4 juga termasuk jagonya. Kameranya bisa merekam video 4K (2160p) dengan 30 fps. Atau, kamu juga bisa merekam video full HD (1080p) dengan 60 fps.

Verdict

Samsung Galaxy Note 4 bisa dikatakan sebagai salah satu raja Android di tahun 2014. Komposisi hardware-nya boleh jadi setara dengan smartphone Android lain seperti Xiaomi Mi4, HTC One M8, OnePlus One, atau Meizu MX4. Namun yang membedakannya ada pada sisi S-Pen dan sensor sidik jari untuk kesehatan yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya.

Harga

Untuk beragam harga hp samsung terbaru bisa cek disini. [tokopedia][/tokopedia]

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
VIDEO: Apa Jadinya Jika Galaxy Note 5 Baru Ini Dihantam Palu?

VIDEO: Apa Jadinya Jika Galaxy Note 5 Baru Ini Dihantam Palu?

3 Jagoan Baru Samsung: Galaxy Note 4, Galaxy Note Edge, dan Gear S

3 Jagoan Baru Samsung: Galaxy Note 4, Galaxy Note Edge, dan Gear S

Spesifikasi Sama Dengan Galaxy S6, Perlukah Bayar Lebih Untuk Galaxy Note 5?

Spesifikasi Sama Dengan Galaxy S6, Perlukah Bayar Lebih Untuk Galaxy Note 5?

Samsung Galaxy Note 4 Dijual Hanya Rp10.000!

Samsung Galaxy Note 4 Dijual Hanya Rp10.000!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal