J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Review Samsung Galaxy A80: Triple Rotating Camera yang Mengesankan

Review Samsung Galaxy A80: Triple Rotating Camera yang Mengesankan

Rabu, 21 Agt 2019, 11:30 WIB
Menjadi seri teratas Galaxy A Series, Samsung Galaxy A80 punya unsur pembeda terutama dari teknologi Triple Rotating Camera. Lalu apa saja pembeda lainnya?

Dibanding seri Galaxy A lainnya, ponsel yang Jaka review kali ini punya inovasi pembeda dan terbilang cukup antimainstream loh!

Samsung Galaxy A80 menjadi seri teratas lini Galaxy A Series yang menawarkan teknologi mutakhir di sektor kamera, yakni Triple Rotating Camera.

Kabarnya fitur ini pula bakal memberikan kualitas foto dan video yang sama, baik pada sisi depan maupun belakang. Bagaimana ulasannya? Simak review Galaxy A80 selengkapnya di bawah ini ya!

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Harga Spesifikasi Samsung Galaxy A80 56cd3

Samsung Galaxy A80 menjadi salah satu jajaran HP Samsung terbaru yang diperkenalkan pertama kali pada April 2019 bertempat di Bangkok, Thailand.

Smartphone yang ditujukan untuk para content creator dan anak muda ini memang menekankan akan fitur kamera, baik untuk foto, video, maupun membuat konten live yang naik daun belakangan ini.

Bukan hanya menonjolkan sektor kamera saja, Galaxy A80 yang dibanderol Rp9 jutaan ini pula punya fitur keren nan memukau lainnya loh!

Sebelum membahas lebih dalam, mending kamu simak dulu spesifikasi Samsung Galaxy A80 pada tabel berikut, geng.

Spesifikasi Samsung Galaxy A80
Dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm
Bobot 220 gram
Layar Super AMOLED capacitive touchscreen

6.7 inci 1080 x 2400 piksel (FullHD+)
Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)

Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver)
GPU Adreno 618
Sistem Operasi Android 9.0 Pie

One UI
RAM 8GB
Memori Internal 128GB

No microSD
Kamera Belakang + Depan Triple: 48MP, f/2.0. PDAF + 8MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) + TOF 3D camera, f/1.2

LED flash, HDR, panorama, HDR
Baterai 3.700 mAh dengan Super Fast Charging 25W
Jaringan GSM/HSPA/LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Fitur USB Type-C, fingerprint (under display)
Warna Angle Gold, Ghost White, Phantom Black
Tanggal Rilis April 2019 (Thailand) & Juli 2019 (Indonesia)

Nah, jika kamu masih penasaran dengan segala fitur dan kelebihan yang ada pada Samsung Galaxy A80 bisa cek selengkapnya di sini, geng.

Desain Bongsor dengan Build Quality Apik

Saat pertama kali menggenggam Samsung Galaxy A80, Jaka merasakan kalau smartphone satu ini bisa dikatakan cukup bongsor dengan dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm dan bobot 220 gram.

Layarnya sendiri punya dimensi 6.7 inci dengan rasio 20:9, yang mana Samsung menyebutnya sebagai Cinematic Infinity Display dengan tampilan bersih tanpa notch maupun punch-hole.

Sama seperti HP Samsung lainnya, Galaxy A80 juga menggunkan panel Super AMOLED dengan resolusi FullHD+ (1080 x 2400 piksel), geng.

Kalau bicara soal build quality, Samsung Galaxy A80 terbilang baik. Layarnya punya proteksi Corning Gorilla Glass 3 dan bodi belakangnya dengan Corning Gorilla Glass 6.

Bagian bingkai alias frame pun telah menggunakan bahan metal yang membuatnya kokoh dalam genggaman.

Sementara untuk bagian sisinya, tombol Power diletakkan di sebelah kanan. Sementara tombol Volume ada di sebelah kiri. Sayangnya, Galaxy A80 belum memiliki tombol Bixby yang terintegrasi.

Pada bagian atas ada sebuah lubang microphone dan pada bagian bawah terdapat speaker, microphone, port USB Type-C, serta slot dual SIM.

Samsung Galaxy A80 juga menghilangkan fitur port jack audio 3.5mm sehingga kamu perlu menggunakan headset Bluetooth atau wireless untuk mendengarkan musik.

Kekurangan lainnya adalah bodi belakang berbahan kaca yang mudah meninggalkan sidik jari. Namun bisa disiasati dengan menggunakan hardcase khusus yang terdapat dalam paket pembelian.

Inovasi Triple Rotating Camera, Bagaimana Hasilnya?

Kamera Samsung Galaxy A80 1a0f4

Triple Rotating Camera menjadi nilai jual utama dari Samsung Galaxy A80. Menggunakan modul kamera yang sama, baik pada sisi depan maupun belakang, lantas apakah hasilnya akan sama memuaskan?

Sebagaimana diketahui, kamera Samsung Galaxy A80 terdiri dari tiga sensor, yakni 48MP f/2.0 dengan Sony IMX586, 8MP ultrawide 123 derajat, dan TOF 3D camera.

Jaka pun telah melakukan pengujin baik untuk kualitas foto kamera belakang, kamera depan untuk selfie, dan video, geng. Ulasannya sebagai berikut.

Hasil Kamera Belakang Samsung Galaxy A80

Untuk kualitas kamera belakang, Samsung Galaxy A80 tentu nggak bisa diragukan lagi mengingat banderol harganya yang mencapai Rp9 jutaan.

Hasil foto tampak detail baik pada pemotretan siang maupun malam hari. Fitur Live Focus pun bekerja sangat baik dalam memindai objek, terlebih dengan bantuan TOF 3D camera yang dimilikinya.

Jaka juga mengetes menggunakan Night Mode, walaupun hasilnya tidak jauh berbeda dengan mode normal. Di mana pada Night Mode, detail awan pada malam hari bakal nampak lebih terlihat, geng.

Terlebih lagi untuk Night Mode yang dimilikinya kamu cukup menggunakan bantuan tangan saja untuk menghasilkan gambar yang jelas dan tidak shaky.

Hasil Kamera Depan Samsung Galaxy A80

Beralih ke kamera depan untuk selfie, Samsung Galaxy A80 tampaknya memberikan perbedaan pada tone warna yang digunakan. Berbeda saat kamu menggunakan mode kamera belakang.

Di sini tone yang dihasilkan akan otomatis melakukan enhance pada wajah, terutama saat melakukan foto selfie.

Hasilnya bisa dibilang cukup detail, apalagi untuk foto kamera depan terdapat setidaknya tiga mode, yakni Normal, Wide, dan Ultrawide.

Untuk hasil foto selfie di mode Normal dan Wide hasilnya cukup tajam dan warna cukup akurat. Sementara untuk mode Ultrawide, sayangnya tone warna jadi agak kekuningan.

Dan juga hasilnya agak sedikit blur yang mungkin disebabkan karena shutter speed yang berjalan lebih lambat dibanding pada mode Normal maupun Wide.

Hasil Video Samsung Galaxy A80 (Super Steady Mode On)

Sementara untuk tes video Jaka memaksimalkan untuk menggunakan mode Super Steady yang sebelumnya hadir pada seri flagship smartphone Samsung.

Hasilnya video akan tampak lebih stabil dan minim guncangan yang mentok pada resolusi FullHD 1080p @30 fps, baik pada kamera depan maupun belakang.

Di mana pada mode normal, kamera Samsung Galaxy A80 juga sanggup merekam video hingga resolusi 4K @30 fps, geng.

Pengujian Performa dan Kinerja Game Mobile

Performa Samsung Galaxy A80 Bf6e3

Dapur pacu pada Samsung Galaxy A80 menggunakan Qualcomm Snapdragon 730G dengan fabrikasi 8nm. Chipset ini sendiri terdiri dari 2x2.2 GHz Kryo 470 Gold dan 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver.

Embel-embel "G" pada Snapdragon 730G juga menandakan bahwa chipset ini mumpuni untuk melibas game, terutama dalam urusan grafis.

Samsung pun mengklaim, chipset Snapdragon 730G ini memiliki performa 15% lebih kencang dan lebih baik dari saudaranya, yakni Snapdragon 730.

Dengan dukungan RAM 8GB dan memori internal 128GB, bagaimanakah hasil benchmark dari Samsung Galaxy A80?

Hasil Benchmark Samsung Galaxy A80

Terlihat dari beberapa pengujian dengan menggunakan aplikasi benchmark, Samsung Galaxy A80 mencatat hasil yang memuaskan.

Pada AnTuTu Benchmark v.7.2.3 mendapat skor 207.006 poin, Geekbench 4.4.1 Single Core 2.505 poin dan Multi Core 6.944 poin.

Ada pula 3DMark Sling Shot Extreme - OpenGL ES 3.1 2.404 poin dan Sling Shot Extreme - Vulkan 2.264 poin, serta PCMark Work 2.0 sebesar 7.229 poin.

Hasil Pengujian Game Samsung Galaxy A80

Lalu bagaimana untuk performanya dalam bermain game? Jaka sendiri mencoba untuk memainkan beberapa game Android dengan grafis HD, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan PES 2019.

Dengan menggunakan setting rata kanan seperti di atas, hasilnya lagi-lagi cukup memuaskan.

Mobile Legends dengan semua setting aktif dan mencatatkan gameplay yang mulus, walau opsi High Frame Rate belum hadir pada perangkat ini.

Kemudian pada PUBG Mobile langsung mendapat rekomendasi setting High dan pada PES 2019 bisa melibas grafis di mode High Resolution dan Frame Rate di 60 fps.

Fitur Lain: Super Fast Charging 25W

Fast Charging Galaxy A80 28a33

Selain urusan kamera dan performa, Samsung Galaxy A80 juga nggak ketinggalan dalam menyematkan teknologi pengisian daya cepat, Super Fast Charging 25W yang terdapat dalam paket pembelian.

Berbekal baterai 3.700 mAh dengan adapter dan kabel bawaan, perlu waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk baterai terisi penuh dari kondisi baterai tersisa 20%.

Oh ya, baterai Samsung Galaxy A80 juga sanggup bertahan seharian untuk penggunaan normal, seperti browsing, media sosial, dan bermain beberapa game ya.

Screenshot Pengisian Baterai Samsung Galaxy A80

Layaknya HP Samsung lainnya, Galaxy A80 juga telah dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar. Namun tidak dilengkapi dengan fitur pembuka kunci wajah alias face unlock.

Samsung Galaxy A80 juga telah menggunakan One UI berbasis Android 9.0 Pie yang membuat pengoperasiannya lebih mudah.

Berbekal TOF 3D camera hadir pula aplikasi Quick Measure yang berfungsi untuk mengukur benda di sekitar tanpa memerlukan alat ukur seperti penggaris loh.

Kesimpulan

Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy A80 72cee

Dari review Samsung Galaxy A80 di atas, menurutmu apakah Samsung Galaxy A80 worth-it untuk dimiliki?

Sebelum itu Jaka juga telah mendaftar beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A80 sebagai berikut, geng.

Kelebihan Samsung Galaxy A80

  • Triple Rotating Camera yang inovatif dan punya kualitas terbaik.
  • Kinerja dan performa chipset Snapdragon 730G yang andal dalam berbagai kondisi.
  • Kapasitas RAM dan memori internal yang lapang.
  • Fitur TOF 3D camera yang andal dalam melakukan pengukuran digital.
  • Pengisian daya baterai cepat dengan Super Fast Charging 25W.

Kekurangan Samsung Galaxy A80

  • Teknologi kamera yang masih perlu direvisi, seperti perbedaan kualitas kamera depan dan belakang.
  • Tidak hadirnya port jack audio 3.5mm.
  • Tidak mendukung slot memori eksternal dengan microSD.
  • Belum mendukung sertifikasi IP68.
  • Speaker belum stereo, hanya terdapat pada bagian bawah saja.

Nah, itulah sekilas review Samsung Galaxy A80 yang telah Jaka uji coba dan mencoba berbagai fiturnya. Bagaimanakah pendapat kamu mengenai HP Samsung yang satu ini?

Yuk tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya, geng!

Baca juga artikel seputar Samsung atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko

ARTIKEL TERKAIT
Hp Samsung Untuk Main Game Banner F6a87

8 HP Samsung Untuk Main Game, Lancar Main PUBG!

Fitur Tersembunyi One Ui Samsung Banner 0a4bc

7 Fitur Tersembunyi di HP Samsung, Bisa Auto Dark Mode?

Hp Samsung Tahan Air 1755c

10 HP Samsung Tahan Air dan Debu, Bisa Dibawa Berenang!

Hp Samsung Di Bawah 2 Jutaan Banner B4e80

Daftar Harga HP Samsung di Bawah 2 Jutaan Terbaru 2020 | Cocok untuk PUBG!

Hp Samsung Bisa Rata Kanan Pubg 0325c

HP Murah Samsung Bisa Rata Kanan PUBG? Inilah Fakta Dibalik Misterinya!

Inovasi Unik Samsung 41807

Inilah 7 Produk Unik dari Samsung selain Smartphone | Ada Taman Hiburan!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal