J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review Oppo Find 5 Mini: Versi Mini yang Tetap Memuaskan

              Review Oppo Find 5 Mini: Versi Mini yang Tetap Memuaskan

              00
              Jumat, 23 Jan 2015, 11:20 WIB
              Mengikuti jejak Samsung, HTC, dan juga Sony, Oppo turut merilis smartphone versi mini dari salah satu smartphone unggulannya, Find 5. Smartphone mini ini juga mengusung nama yang sama, hanya saja ditambahkan embel-embel Mini menjadi Oppo Fi

              Review Oppo Find 5 Mini - Mengikuti jejak Samsung, HTC, dan juga Sony, Oppo turut merilis smartphone versi mini dari salah satu smartphone unggulannya, Find 5. Smartphone mini ini juga mengusung nama yang sama, hanya saja ditambahkan embel-embel Mini menjadi Oppo Find 5 Mini.

              Handling

              Bodi Oppo Find 5 Mini bisa dikatakan berbentuk kotak. Namun di ujung setiap sisinya masih memiliki sedikit lengkungan, begitu pun dengan bagian dagunya yang cenderung melengkung. Bagian belakangnya memiliki lapisan material kaca yang memiliki tekstur kotak-kota berukuran sangat kecil menjadikannya terlihat cantik.

              Sekilas, Oppo Find 5 Mini seperti smartphone unibody. Kami cukup kesulitan mencari dimana letak slot SIM card-nya. Setelah melihat di sekeliling bodinya, barulah ditemukan sebuah lubang kecil yang bisa ditekan untuk membuka penutup casing belakangnya. Ternyata, baterai pada Oppo Find 5 Mini tidak bisa dilepas. Membuka penutup casing belakangnya hanya untuk memasukkan dua micro SIM card dan sebuah micro SD.

              Setelah mencoba menggunakan beberapa hari, kami merasa bodi Oppo Find 5 Mini sangat nyaman digenggam, bahkan lebih nyaman dari rata-rata smartphone dengan ukuran layar di bawah 5 inci. Bobotnya (128 gram) juga pas, tidak terlalu ringan dan mantap di tangan.

              Software

              ColorOS pada Oppo Find 5 Mini berjalan sangat smooth. UI khusus milik Oppo ini menawarkan sejumlah fitur menarik, salah satunya adalah theme. Seperti kebanyakan UI milik smartphone asal Cina, yaitu Xiaomi dan Lenovo, ColorOS juga menyediakan banyak pilihan theme. Asyiknya, theme tersebut bisa benar-benar mengubah tampilan layar smartphone sehingga memberikan pengalaman dan sensasi yang berbeda.

              Satu lagi hal menarik dari ColorOS milik Oppo Find 5 Mini adalah dukungan motion gesture. Fitur motion misalnya, bisa digunakan untuk menelepon seseorang hanya dengan mendekatkan smartphone ke telinga. Saat ada panggilan telepon, kamu bisa menolak panggilan tersebut dengan membalik posisi smartphone dengan layar menhgadap ke bawah.

              Fitur gesture juga tak kalah menarik. Kamu bisa menjalankan aplikasi apa pun dengan cepat hanya dengan menyentuh layar dengan gerakan tertentu. Kamu bebas menentukan gerakan sapuan layar seperti apa. Misalnya, kamu bisa menentukan gerakan menyentuh layar dengan bentuk lingkaran untuk menjalankan aplikasi kamera. Kamu bisa menciptakan gesture apa pun yang kamu mau untuk menjalankan aplikasi di dalam smartphone.

              Hardware

              Varian Mini biasanya selalu mengalami pemangkasan spesifikasi. Sama halnya dengan Oppo Find 5 Mini yang mengalaminya. Smartphone ini dibekali prosesor MediaTek MT6582 quad-core 1,3 GHz. Prosesor tersebut memang cukup banyak digunakan untuk smartphone-smartphone Android kelas menengah. Sementara RAM-nya berkapasitas 1 GB.

              Karena UI pada Oppo Find 5 Mini dikembangkan dengan sangat baik dan optimal, kami merasa spesifikasi kelas menengah tersebut terasa sangat baik. Menggeser-geser menu pada Oppo Find 5 Mini terasa sangat lancar dan nyaman.

              Dari sisi layar, Oppo Find 5 Mini memiliki resolusi 960 x 540 piksel. Sebenarnya, resolusi tersebut bisa dikatakan sudah tertinggal untuk saat ini. Rata-rata smartphone kelas menengah setidaknya sudah menggunakan resolusi 1.280 x 720 piksel. Apalagi, layar Oppo Find 5 Mini cukup besar, 4,7 inci.

              Namun pada kenyataannya, kami masih cukup nyaman membaca dan browsing Internet pada Oppo Find 5 Mini. Mungkin hal ini dibantu oleh jenis layar IPS yang dimilikinya. Jadi, meski resolusinya ada di bawah rata-rata, layarnya tetap mampu menyajikan tampilan optimal dan cerah.

              Satu hal yang mengurangi performa Oppo Find 5 Mini adalah kapasitas media penyimpanannya. Dengan kapasitas 4 GB, kamu hanya bisa meng-install aplikasi terbatas. Pasalnya, Oppo Find 5 Mini hanya memiliki ruang sebesar 1 GB saja yang bisa digunakan untuk meng-install aplikasi atau game. Jadi, kamu tak bisa meng-install banyak aplikasi di dalamnya.

              Imaging

              Oppo termasuk salah satu produsen smartphone Android yang unggul pada sisi kamera. Hal ini juga terlihat pada Oppo Find 5 Mini yang memiliki kamera 8 MP dengan sebuah flash.

              Sebenarnya, tidak banyak mode pengaturan yang bisa kamu gunakan pada kamera Oppo Find 5 Mini, seperti tidak adanya pengaturan ISO. Namun setidaknya, Oppo Find 5 Mini memiliki mode beautify yang biasanya sangat berguna untuk foto selfie. Untuk merekam video, kameranya bisa menghasilkan video dengan resolusi maksimal 720p. Namun hasilnya tergolong biasa-biasa saja. [tokopedia][/tokopedia]

              Conclusion

              Dengan harga Rp2,7 jutaan, Oppo Find 5 Mini menawarkan performa kelas menengah yang memuaskan. Kameranya juga tergolong baik. Yang perlu diperhatikan adalah kapasitas storage-nya yang bisa dikatakan terbatas.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal