J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review HTC Desire 816 : Layar Lebar, Speaker Menggelegar

              Review HTC Desire 816 : Layar Lebar, Speaker Menggelegar

              00
              Sabtu, 29 Nov 2014, 08:00 WIB
              HTC Desire 816 dibekali spesifikasi kelas menengah dengan harga menengah ke atas.

              HTC Desire is back! Smartphone dengan harga Rp4,5 juta ini dapat mengobati rasa rindu penggemar dan pengguna setia HTC Desire. Ditujukan untuk kelas menengah, HTC menyematkan spesifikasi mumpuni, salah satunya CPU Snapdragon 400 4-core yang memiliki kecepatan di atas rata-rata, yakni 1,6 GHz. Fitur unggulan lainnya yaitu layar cerah dan audio prima.

              Spesifikasi:

              • Chipset: Qualcomm MSM8928 Snapdragon 400
              • CPU: 4-core 1,6 GHz
              • Internal Storage: 8 GB
              • External Storage: Ya
              • Sistem Operasi: Android 4.4
              • RAM: 1,5 GB
              • Layar: 5,5 inci
              • Resolusi: 1280 x 720 piksel
              • Dimensi: 15,6 x 7,8 x 0,8 cm
              • Bobot: 165 gram
              • Baterai: 2.600 mAh
              • Kamera Belakang: 13 MP , Depan : 5 MP
              • Paket Penjualan: Manual, Charger, Kabel data, Earphone
              • Bluetooth: Ya
              • SIM: Dual SIM
              • SIM Card: GSM+GSM
              • NFC: Ya
              • WiFi: Ya
              • Micro USB: Ya
              • Radio: Ya
              • Browser: HTML 5
              • Proteksi: N/A
              • GPS: Ya
              • Warna: Black, White, Red, Gray, Green

              Handling

              Masuk ke dalam katergori phablet, HTC Desire 816 terlihat menawan dengan bentuk tipisnya. Dimensi layar 5,5 inci tidak membuatnya terlihat terlalu besar. Pasalnya, ketebalan 0,8 cm yang dimiliki sedikit mendongkrak kenyamanannya. HTC Desire 816 masih nyaman dipegang dan dikendalikan dengan satu tangan.

              HTC-816_tipis

              Baik dari depan maupun belakang, HTC Desire 816 terlihat menarik meski terbuat dari plastik. Bagian belakangnya menyatu dengan bagian depan, tak ada bagian yang bisa dilepas. Dua buah micro SIM card GSM dan microSD bisa ditempatkan di bagian samping, tepatnya di sisi kanan.

              HTC-816_port

              Sementara bagian depan HTC Desire 816 terlihat menarik karena dua hal. Pertama, bezel atau tepian layarnya terlihat tipis, sehingga menimbulkan kesan bahwa layarnya sangat luas. HTC juga tak menempatkan tombol apa pun, karena HTC Desire 816 menggunakanon-screen button, dimana tiga tombol utama ada di dalam layar dan hanya bisa diakses ketika layar menyala.

              Kedua, ada 16 lubang kecil di bagian atas dan bawah layar. Lubang tersebut adalah speaker stereo yang juga berfungsi sebagai aksen khusus guna mempercantik tampilannya. Tak ketinggalan, HTC menempatkan sebuah lampu notifikasi di bagian dalam bezel layarnya.

              Berbalut material plastik, HTC Desire 816 hasilkan rasa hangat ketika digunakan untuk bermain game setidaknya dalam durasi 20 menit. Namun, hal ini tak sampai mengganggu kenyamanan.

              Software

              Di halaman Lockscreen, HTC Sense 6.0 yang digunakan HTC Desire 816 menampilkan informasi cuaca dengan ikon cuaca yang cukup menarik. Di halaman ini juga disediakan empat shortcut yang sudah ditentukan oleh HTC, yaitu telepon, SMS, browser, dan kamera. Kamu juga bisa langsung mengakses Google Now dari halaman Lockscreen. Jika mendapat missed call atau SMS, kamu bisa tampilkan keduanya di halaman ini.

              htc 816_blinkfeed

              Setelah membuka kunci layar, kamu segera memasuki halaman Homescreen. Seperti biasa, kamu bisa menambahkan shortcut aplikasi maupun widget sebanyak yang kamu mau. Namun ada hal yang membedakannya dibanding user interface Android lainnya, yaitu fitur HTC Blinkfeed. HTC Blinkfeed ada di halaman paling kiri dari halaman Homescreen. HTC Blinkfeed berfungsi menampilkan berita dari berbagai sumber dalam bentuk thumbnail yang disertai gambar dan judul berita, serta bisa digeser terus ke bawah untuk mencari berbagai berita yang tersaji.

              HTC bekerja sama dengan beberapa penyedia konten berita di seluruh dunia dalam mengembangkan HTC Blinkfeed. Di Indonesia, HTC bekerja sama dengan detik.com, merdeka.com, okezone.com, kapanlagi.com, dan beberapa media lainnya untuk menyajikan konten berita terbaru di halaman HTC Blinkfeed setiap harinya. Kamu juga bisa berlangganan konten berita sesuai dengan kategori berita yang kamu sukai saja, misal berita teknologi, keuangan, atau kesehatan saja. Sumber berita yang bisa kamu gunakan tak terbatas berdasarkan Negara kamu tinggal, karena kamu bisa juga berlangganan konten berita dengan beragam bahasa dari seluruh dunia, tentunya secara gratis.

              Pada halaman Menu, HTC menggunakan sistem geser vertical, bukan horizontal. Jadi, kamu bisa mencari ikon aplikasi yang ter-install di dalamnya dengan cara menggeser layar ke bawah, bukan ke samping. Jumlah ikon aplikasi di halaman ini bisa diganti dengan dua pilihan ukuran, yaitu 3 x 4 dan 4 x 5. Melalui halaman Menu, kamu bisa gunakan opsi hide apps untuk menyembunyikan aplikasi tertentu.

              htc 816 theme

              HTC Sense 6.0 pada HTC Desire 816 sediakan sedikit opsi untuk mempercantik tampilannya. Ada fitur theme yang disediakan, namun jumlahnya terbatas, yakni hanya empat theme saja. Begitu pun dengan jenis font yang bisa kamu ganti-ganti. Sayangnya, HTC hanya sediakan dua jenis font alternatif. Kamu bisa menambah jenis font dengan cara men-download-nya sendiri.

              htc 816 notification

              Tampilan halaman notifikasi dan task manager pada HTC Desire 816 memakan suluruh halaman layar. Hal ini semakin memudahkan pengguna karena ikon dan gambar yang ditampilkan menjadi lebih mudah dibaca. Halaman notifikasi menyajikan 12 shortcutdasar pengaturan yang letaknya bisa diubah sesuai kebutuhan dan keinginan.

              htc 816 kidmode

              Khusus untuk pengguna yang memiliki anak balita, HTC menyediakan fitur Kid Mode. Fitur ini bisa digunakan untuk mengunci aplikasi terlarang untuk anak dan hanya bisa dibuka dengan memasukkan angka tahun kelahiran. Jika memiliki lebih dari satu anak, kamu bisa menambahkan lebih dari satu profil anak sehingga mereka hanya bisa jalankan aplikasi yang sudah kamu tentukan sebelumnya yang disesuaikan dengan umur atau kebutuhan masing-masing anak. Di dalamnya terdapat game, video, dan beragam konten menarik lainnya untuk anak.

              Hardware

              Dilihat dari sisi hardware prosesor dan GPU, HTC Desire 816 termasuk ke dalam Android kelas menengah. Di dalamnya terdapat prosesor Snapdragon 400 4-core 1,6 GHz serta GPU Adreno 305. Uniknya, HTC Desire 816 memiliki kapasitas RAM agak nanggung, yaitu 1,5 GB, bukan sekalian 2 GB. Namun setelah kami cek, ternyata kapasitas RAM tersebut sudah sangat mencukupi, karena user interface HTC Sense yang digunakan tidak banyak menghabiskan RAM. Bermain game menengah ke atas juga terasa nyaman menggunakan smartphone ini.

              Layar dan speaker adalah dua hal yang juga menjadi nilai jual HTC Desire 816. Layar 5,5 inci yang digunakan menggunakan jenis Super LCD2 dengan resolusi 1.280 x 720 piksel. Namun anehnya, layar tersebut dapat menampilkan gambar dan tulisan dengan sangat halus dan bersih. Pikselnya pun terlihat sangat padat. Bahkan, sinar matahari di siang hari pun tak mengurangi kecerahan layarnya.

              HTC 816 tombol

              Mungkin, HTC memang merancang HTC Desire 816 sebagai smartphone multimedia. Selain layar jernih, speaker yang dimilikinya juga menjadi salah satu yang terbaik untuk ukuran smartphone. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, HTC menempatkan dua speaker di sisi atas dan bawah smartphone. Ketika kamu menonton dengan kondisilandscape atau berbaring, letak speaker jadi ada di sisi kanan dan kiri, menjadi kombinasi stereo. Speaker ini dinamakan HTC BoomSound dan hanya ada pada smartphone seri tertentu saja. Kami pun mengakui kualitasnya. Suaranya lebih lantang dari speaker Android biasa serta dapat menampilkan detail yang baik. Volume tertinggi tidak membuat suaranya pecah.

              Benchmark

              Hingga kini, ada cukup banyak Android yang memiliki spesifikasi hardware serupa dengan HTC Desire 816. CPU Snapdragon 400 memang banyak digunakan oleh smartphone Android kelas menengah karena perbandingan harga dan performanya yang baik.

              HTC Desire 816 berhasil meraih 21.210 poin pada pengujian AnTuTu Benchmark 4.5.3. Hasil ini sedikit lebih tinggi dibanding Sony Xperia T3 yang juga menggunakan Snapdragon 400, namun dengan kecepatan prosesor lebih kecil, yakni 1,4 GHz. Dibandingkan ZenFone 6 yang menggunakan Intel Atom Z2580 dual-core 2 GHz, skor yang diraih masih sedikit tertinggal.

              HTC 816_antutu

              Baterai menjadi salah satu hal menarik dari HTC Desire 816. Pasalnya, baterai yang digunakan dapat diisi penuh dalam waktu relatif cepat, sekitar 2,5 jam. Padahal, kapasitasnya mencapai 2.600 mAh. Baterai tersebut juga terbukti efisien. Terbukti ketika kami menguji dengan AnTuTu Tester 2.1.0, skor yang diraih tergolong sangat tinggi, yakni 8.671 poin.

              HTC 816_antester

              Sementara dari sisi grafis, performanya tergolong biasa saja. Skor yang dihasilkan serupa dengan Android lain yang juga menggunakan GPU Adreno 305, namun lagi-lagi masih di bawah ZenFone 6 yang menggunakan GPU PowerVR SGX544-MP2.

              HTC 816_3dmark

              Sama seperti performa grafis, kecepatan HTC Desire 816 dalam membuka halaman web browser juga tergolong biasa saja. Skor yang diraih tak berbeda jauh dari rata-rata Android kelas menengah lainnya.

              htc 816 sunspider

              Imaging

              Secara default, aplikasi kamera HTC Desire 816 tidak menampilkan banyak menu pengaturan. Mode kamera yang bisa dipilih secara cepat hanya tiga, yaitu kamera, video, dan selfie. Untuk mengakses pengaturan kameranya, kamu bisa menekan ikon tiga titik putih di sisi kiri bawah layar.

              htc 816_effect kamera

              Dari situ, kamu bisa memilih sepuluh mode foto, mulai dari auto, HDR, anti-shake, backlight, macro, dan lainnya. Sementara nilai ISO bisa dipilih mulai dari ISO 200 hingga ISO 1600. Yang membuatnya berbeda dari kebanyakan kamera Android pada umumnya yaitu adanya opsi untuk menambah kontras, saturasi, dan ketajaman gambar sebelum memotret. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengaplikasikan efek kamera secara real-time, seperti grayscale, sepia, vintage, vignette, depth of field, dan sebelas efek lainnya.

              Kecepatan kamera HTC Desire 816 dalama menangkap gambar tergolong biasa saja. Di kondisi ruangan dengan cahaya kurang terang, sensor kameranya dapat bekerja dengan baik, namun bukan yang terbaik yang pernah kami coba. Begitu pun ketika membidik fokus objek dan menjepret gambar, kameranya tergolong baik, namun bukan yang terbaik.

              Berikut adalah hasil foto di dalam ruangan dengan mode auto tanpa flash. Warna yang dihasilkan sangat natural dan detail buah tersaji dengan baik.

              htc 816 indoor

              Saat menggunakan bantuan flash, hasil foto menjadi lebih terang dan jelas, namun cahaya flash tidak berlebihan dan terlihat merata.

              htc 816 indoor flash

              Foto outdoor dari HTC Desire 816 yang kami rasakan tak sebaik foto di dalam ruangan. Yang kami maksud bukanlah kualitas foto yang jelek. Melainkan pada warna yang dihasilkan yang tak senatural ketika memotret di dalam ruangan. Mungkin ini dikarenakan kamera HTC Desire 816 bisa menangkap banyak cahaya saat berada di area terik.

              htc 816 outdoor
              [tokopedia][/tokopedia]

              Verdict

              Dengan bujet Rp4,5 juta, kamu bisa mendapatkan smartphone Android dengan spesifikasi lebih baik dari HTC Desire 816. Namun, kamu tak akan mendapatkan smartphone layar besar (phablet) dengan speaker menggelegar seperti yang dimilikinya. Bentuk tipis dan bobot ringan juga menunjang nilai jualnya. Oh ya, smartphone ini juga dilengkapi duo kamera dengan resolusi tinggi, 13 MP di belakang dan 5 MP di depan.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal