J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Review Chuwi Hi13: Kualitas Bintang Lima Harga Kaki Lima!

Review Chuwi Hi13: Kualitas Bintang Lima Harga Kaki Lima!

Rabu, 26 Apr 2017, 16:00 WIB
Microsoft Surface merupakan laptop hybrid dari merek ternama, tentu harganya juga lumayan. Kalau cari yang hemat, kebetulan sedang mampir di kantor Jaka yaitu Chuwi Hi13. Merek cina nih, kira-kira oke nggak ya? Yuk simak!

Seiring dengan perubahan gaya hidup, saat ini populer sebuah laptop jenis baru. Laptop tersebut yaitu laptop hybrid atau 2 in 1, dimana selain bisa menjadi laptop juga bisa menjadi tablet. Salah satu laptop hybrid populer, yaitu Microsoft Surface.

Microsoft Surface merupakan laptop hybrid dari merek ternama, tentu harganya juga lumayan. Kalau cari yang hemat, kebetulan sedang mampir di kantor Jaka yaitu Chuwi Hi13. Merek cina nih, kira-kira oke nggak ya? Yuk simak!

BACA JUGA
  • Susul Kesuksesan Seri Lapbook, Chuwi Hadirkan Lapbook 12.3
  • Review Chuwi Lapbook 15,6: Wow! MACBOOK Killer Seharga Rp 3 Jutaan
  • Wow! Tablet Murah Ini Saingi Surface 4 Seharga Rp 10 Jutaan, Benarkah?

Review Chuwi Hi13

Foto Jalantikus Chuwihi13

Laptop hybrid Chuwi Hi13 ini baru saja dirilis di Cina, jadi Jaka yakin pasti kamu nggak akan menemukan laptop hybrid jenis ini di pasaran Indonesia. Karena Jaka rupanya termasuk orang yang beruntung, dimana Jaka termasuk dari beberapa orang yang diperbolehkan mencoba laptop hybrid ini.

Merupakan laptop hybrid kelas flagship terbaru milik Chuwi. Namanya kelas flagship, tentunya punya segudang fitur menarik. Namun dengan segudang fitur menarik tersebut, rupanya Chuwi Hi13 dibanderol dengan harga terjangkau. Hmm, apakah fiturnya benar-benar bisa di andalkan? Mari kita bahas.

Kisaran harga: Rp 5,5 Jutaan

Isi Paket Pembelian

  • Tablet PC
  • Keyboard Dock
  • HiPen H3 (Pen Stylus)
  • Charger USB-C
  • Kabel USB-C to USB
  • Panduan Bahasa Inggris

Spesifikasi Lengkap

Detil Spesifikasi
Prosesor Intel Celeron Apollo Lake N3450
Grafis Intel HD 500 (Gen 9)
RAM 4GB DDR3L
Storage Internal eMMC 64GB dan External MicroSD Hingga 128GB
Kamera Depan 2.0 MP dan Belakang 5.0 MP
Stylush HiPen H3
Display 13.5 inchi, 3000x2000, 267 PPI
Speaker 4 Audio Speaker
Wifi Dual Band 2.4 dan 5.2 Ghz
Port Konektivitas 2x Standard USB, 1x USB Tipe C, 1x Micro USB, 1x Micro HDMI, 1x Jack Audio 3.5mm
Baterai 10.000mAh, 24W Fast Charging
Built Material/Design Metal Unibody (Fanless)
OS Windows 10 Home 64-Bit

A. Desain

A.1. Laptop

Foto Jalantikus Chuwihi131
Sumber foto: Gambar: Tampak Depan
Foto Jalantikus Chuwihi132
Sumber foto: Gambar: Tampak Samping
Foto Jalantikus Chuwihi133
Sumber foto: Gambar: Tampak Depan Tertutup
Foto Jalantikus Chuwihi134
Sumber foto: Gambar: Tampak Samping Tertutup
Foto Jalantikus Chuwihi136
Sumber foto: Gambar: Tampak Samping Tertutup 2
Foto Jalantikus Chuwihi137
Sumber foto: Gambar: Tampak Layar Terbalik
Foto Jalantikus Chuwihi138
Sumber foto: Gambar: Tampak Tablet Saja
Foto Jalantikus Chuwihi139
Sumber foto: Gambar: Tampak Dock Saja

Saat pertama kali Jaka memegang laptop ini, terus terang kagum dengan kualitas built qualitynya. Sebelumnya Jaka sudah pernah mencoba Chuwi Lapbook 15, tapi terus terang Chuwi Hi13 ini benar-benar berbeda. Built qualitynya kokoh, sudah begitu material yang dipergunakan benar-benar baik.

Kalau dilihat secara desain, laptop hybrid ini juga memiliki estetika yang baik. Cocok untuk pengguna yang memang mencari gaya. Pada bagian logo Chuwi, terlihat samar-samar. Jadi bagi kamu yang suka malu pakai merek cina, logo Chuwi-nya nggak terlalu terlihat kok. Jadi bisa terlihat seolah kamu pakai merek berkelas.

A.2. Pen Stylus

Foto Jalantikus Chuwihi1310

Disertai Pen Stylus dengan kode nama HiPen H3, sudah mendukung hingga 1024 tingkat sensitifitas tekanan. Maksudnya apabila kamu menggambar pakai Pen Stylus ini nantinya antara ditekan penanya keras-keras dan lembut, hasil tarikan garisnya akan berbeda. Dimana ditekan keras-keras artinya garis tebal, apabila ditekan lembut artinya garis tipis.

Saat Jaka mencoba menggambar pakai Chuwi Hi13, terus terang Jaka canggung. Mungkin karena memang Jaka jarang menggambar pakai Drawing Tablet, jadi serasa agak aneh dan malah takut layar tergores atau pecah. Di satu sisi, entah kenapa Jaka merasa Pen Stylusnya agak terasa tajam. Itu juga jadi salah satu alasan Jaka merasa takut tergores atau pecah. Kembali lagi, mungkin ini semua karena Jaka belum biasa.

A.3. Charger

Foto Jalantikus Chuwihi1312

Charger yang dipakai untuk Chuwi Hi13, sudah mempergunakan koneksi USB-C. Sudah mendukung juga fitur Ultra-Fast Charging, dimana kapasitas baterai sebesar 10.000 mAh bisa terisi penuh sambil dipakai dalam waktu kurang dari 3 jam. Ketahanan baterainya sendiri untuk pemakaikan normal bisa hingga 8 jam. Tentu tergolong cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

B. Performa Hardware

B.1. Prosesor

Foto Jalantikus Benchhi131okbgt
Foto Jalantikus Benchhi132ok
Sumber foto: Gambar: Benchmark CPU-Z
Foto Jalantikus Benchhi133ok
Sumber foto: Gambar: Benchmark Cinebench R15

Prosesor yang dipakai tablet ini terus terang cukup mengejutkan buat Jaka. Dimana biasa laptop hybrid memakai prosesor seri Intel Atom, namun Chuwi Hi13 memakai Intel Celeron N3450. Dimana prosesor ini sudah memiliki 4 core dan 4 thread, lalu performa multi threadnya ternyata setara dengan Intel Core i5 Broadwell U Series.

Kalau disandingkan secara fitur dengan Intel Core i5 Broadwell U Series, tentu Intel Celeron N3450 masih kalah. Tapi terus terang, ini sangat lumayan. Namun sayang karena dipasangkan dengan RAM 4GB, membuat peluang multi tasking pada tablet ini jadi terbatas. Alhasil agak sedikit tricky untuk mengoptimalkannya, namun bagi kamu yang memiliki kemampuan dasar komputer Jaka rasa nggak akan sulit.

B.2. RAM

Foto Jalantikus Benchhi134
Foto Jalantikus Benchhi136
Foto Jalantikus Benchhi135
Sumber foto: Gambar: Benchmark MaxxMem

Berbeda dengan Chuwi Lapbook 15 yang kecepatan RAM terbatasi di 1066 Mhz, Chuwi Hi13 sudah mendukung kecepatan RAM hingga 1600 Mhz. Namun kembali lagi seperti penjelasan Jaka sebelum, dimana sayangnya hanya dibekali kapasitas sebesar 4GB. Dimana jadinya multi tasking agak susah dilakukan, kita harus bisa mengatur penggunaan RAM sedemikian rupa agar efisien.

B.3. Internal Storage

Foto Jalantikus Benchhi1312
Foto Jalantikus Benchhi137
Sumber foto: Gambar: Benchmark Crystal Disk

Mempergunakan flash memory dengan chip NAND dari Samsung. Dimana chip NAND dari Samsung bisa dibilang merupakan yang terbaik diantara semua chip NAND yang ada. Meski nggak secepat SSD SATA 3, tapi kecepatan flash memory Chuwi Hi13 ini tergolong lumayan. Oh ya karena ini sudah bukan hard disk, maka guncangan pada laptop ini sama sekali bukan masalah.

B.4. Kualitas Layar

Foto Jalantikus Benchhi1310
Foto Jalantikus Benchhi1311
Sumber foto: Gambar: Hasil Foto Layar Dengan DSLR

Di antara semua, kualitas layar merupakan salah satu yang buat Jaka terkejut. Nggak hanya memiliki resolusi tinggi 3000x2000 yang hampir setara resolusi 4K, tapi memiliki fitur yang benar-benar IPS dan kualitas warna yang baik. Sudut pandang layarnya juga sudah luas, hampir 180 derajat.

Kalau disandingkan dengan kualitas layar tablet PC ternama, Chuwi Hi13 ini Jaka jamin nggak kalah. Seperti yang Jaka bilang, Jaka sendiri terus terang terkejut dengan kualitasnya. Fitur touch screennya juga sudah sangat sensitif, pokoknya oke punya kalau bicara kualitas layar.

B.5. Kamera

Foto Jalantikus Benchhi138
Sumber foto: Gambar: Hasil Kamera Depan
Foto Jalantikus Benchhi139
Sumber foto: Gambar: Hasil Kamera Belakang

Namanya barang murah, tentu nggak bisa unggul di semua aspek. Untuk kualitas kamera depan adalah 2MP, hasil foto nggak begitu baik tapi tergolong cukup untuk webcam. Sementara kamera belakang adalah 5MP, nggak terlalu bagus tapi cukup lumayan. Lagipula Jaka rasa siapa sih yang mau berfoto-foto pakai tablet PC sebesar ini. Dengan adanya kamera juga sudah bagus buat Jaka, kamera depan sih cukup banget kok untuk webcam.

B.6. Speaker

Foto Jalantikus Chuwihi13sound

Speakernya ada empat, jadi nggak seperti stereo yang memakai dua speaker. Chip sound yang dipakai adalah merek Realtek, yang rupanya chip sound ini juga dipakai oleh Microsoft Surface Studio. Pantas apabila kualitas suaranya bagus dan oke tanpa masalah. Bahkan kalau disandingkan dengan laptop atau smartphone atau tablet PC yang dua speaker atau bahkan satu speaker, kualitas suara Chuwi Hi13 ini menang jauh.

C. Pengujian Gaming

C.1. Uji Coba Game

Foto Jalantikus Gamehi131ok
Sumber foto: Gambar: Game Point Blank
Foto Jalantikus Gamehi132ok
Sumber foto: Gambar: Game One Piece: Pirate Warrior 3
Foto Jalantikus Gamehi133ok
Sumber foto: Gambar: Game Mighty No. 9
Foto Jalantikus Gamehi134ok
Sumber foto: Gambar: Game Devil May Cry 4

Laptop ini sebetulnya jelas tidak di desain untuk gaming. Tapi biasanya ada beberapa pengguna memaksakan, nggak ada salahnya sih melakukan gaming ringan. Untuk itu, Jaka melakukan uji coba terhadap beberapa game. Berikut bagan hasil uji cobanya.

Judul Game Setting FPS Rata-Rata
Point Blank Max @768p 45 FPS
One Piece: Pirate Warriors 3 Low @720p 30 FPS
One Piece: Burning Blood Low @720p 15 FPS
Mighty No. 9 Low @720p skala 50% 15 FPS
Devil May Cry 4 Low @720p 10 FPS

C.2. Suhu Laptop Saat Main Game

Foto Jalantikus Gamehi135
Sumber foto: Gambar: Cek Suhu Via HWInfo

Kalau kamu membaca ulasan Jaka pada Chuwi Lapbook 15 sebelum ini, kamu akan mendapati bahwa laptop tersebut memiliki pendinginan yang kurang. Namun pada Chuwi Hi13 yang sudah mengusung material bodi metal, hal ini tidak terjadi lagi. Pada pengujian dengan temperatur ruangan agak tinggi, jarak TjMax masih bisa berada dikisaran 15'C.

Dengan desain laptop seperti ini, temperatur ruangan akan sangat berpengaruh sekali. Jaka yakin suhu yang kamu dapat bisa lebih rendah, karena terus terang Jaka uji coba diruang tanpa ventilasi dan kipas angin. Kamu bisa bayangkan betapa panasnya suhu ruangan di siang hari. Apalagi jika kamu memakai AC, pasti jauh lebih dingin lagi.

D. Kesimpulan

D.1. Kelebihan

  • Desain sangat menarik dan bergaya.
  • Kemampuan prosesor tinggi.
  • Layar cerah dan kaya warna.
  • Suara speaker jernih, kencang dan tidak pecah.
  • Internal storage berkecepatan tinggi.
  • Kualitas built quality sangat baik.
  • Harga bersaing.

D.2. Kekurangan

  • RAM kurang besar.
  • Tergolong berat.
  • Dual band WiFi tidak mendukung 5.8 Ghz.
  • Standar wireless 802.11n tidak bisa berjalan.

Apabila Jaka harus memberikan nilai terkait produk ini, maka nilainya adalah 8/10. Jaka rasa produk ini akan cocok bagi kamu pria dengan pengetahuan dasar komputer dan ingin bergaya. Nggak cocok buat wanita karena berdasarkan survei kecil Jaka, rata-rata mengatakan terlalu berat. Kalau buat Jaka sendiri terus terang sih nggak masalah kalau soal berat.

Intermezzo / Tambahan

Kalau dilihat nampaknya sepak terjang Chuwi di Indonesia semakin serius. Bagi teman-teman yang tidak mau ketinggalan berita terkait dengan Chuwi, teman-teman juga bisa mengikutinya melalui tautan berikut.

Banner Jalantikus Lapbook1
Review Chuwi Lapbook 15
Saat ini ada merek Cina yang sedang naik daun di Indonesia, merek tersebut adalah Chuwi. Beruntung kali ini Jaka mendapatkan barang demonya, yaitu laptop Chuwi Lapbook 15,6. Penasaran seperti apa produknya? Yuk simak!
LIHAT ARTIKEL

Seperti itu pengalaman Jaka setelah beberapa hari selama liburan menguji Chuwi Hi13. Sangat cocok sebagai alternatif bagi kamu yang nggak sanggup beli Microsoft Surface, di satu sisi secara keseluruhan juga nggak kalah kok sama laptop hybrid ternama tersebut. Ok guys, berminat beli Chuwi Hi13? Share pendapat kamu!

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Chuwi atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Jalantikus Lapbook1

Review Chuwi Lapbook 15,6: Wow! MACBOOK Killer Seharga Rp 3 Jutaan

Banner Jalantikus M650

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Foto Jalantikus Rival500

Mouse Terbaik Untuk Game MOBA/MMO? Cek Review SteelSeries Rival 500!

Banner Techporn Hargaramnaik

Harga RAM PC/Laptop Naik Hingga 2 Kali Lipat! Kok Bisa Ya?

Banner Techradar Bitcoin5tahun

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Review Chuwi Lapbook 15,6: Wow! MACBOOK Killer Seharga Rp 3 Jutaan

Review Chuwi Lapbook 15,6: Wow! MACBOOK Killer Seharga Rp 3 Jutaan

Begini Cara Mudah Dapat Laptop Hybrid Canggih Chuwi SurBook GRATIS!

Begini Cara Mudah Dapat Laptop Hybrid Canggih Chuwi SurBook GRATIS!

Baru Seminggu, Laptop Cina Hybrid Mirip Microsoft Surface Laku Diborong!

Baru Seminggu, Laptop Cina Hybrid Mirip Microsoft Surface Laku Diborong!

Cuma Rp4 Jutaan, Duit THR Bisa Buat Beli Microsoft Surface?

Cuma Rp4 Jutaan, Duit THR Bisa Buat Beli Microsoft Surface?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal