J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Perbandingan realme Narzo vs realme 6 | Spek Serupa, Pilih yang Mana?

Minggu, 20 Des 2020, 20:00 WIB
Perbandingan realme narzo vs realme 6 bisa kamu simak selengkapnya di sini! Mana yang lebih baik di antara dua HP identik ini?

HP realme Narzo yang dirilis pada Juni 2020 memiliki desain dan spesifikasi yang begitu mirip dengan realme 6 yang rilis lebih dulu pada Maret 2020. Dengan demikian, menarik untuk melakukan perbandingan antara realme Narzo vs realme 6.

Peluncuran realme Narzo di Indonesia bisa dibilang cukup meriah. Menggandeng musisi kenamaan Tanah Air untuk menciptakan lagu tema khusus, HP ini diharapkan menjadi kompetitor kuat di kelas entry-level.

Meskipun ditawarkan dengan harga murah, namun realme tidak membekali HP-nya dengan spesifikasi asal-asalan. Sayangnya, ternyata tidak semua aspek pada smartphone ini merupakan inovasi baru karena sebelumnya telah digunakan pada realme 6.

Oleh karena itu, banyak yang ingin tahu apa sebenarnya perbedaan realme Narzo dan realme 6. Kalau kamu juga penasaran, ketahui jawabannya melalui penjelasan di bawah ini.

Perbandingan Spesifikasi dan Harga realme Narzo vs realme 6

Baik realme Narzo maupun realme 6 menggunakan Mediatek Helio G90T yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman gaming. Selain itu, keduanya memiliki konfigurasi empat kamera di bagian belakang dan layar sebesar 6,5 inci.

Selain dari segi spesifikasi, desain keduanya juga terbilang mirip. Mengusung tema warna hologram, penempatan kamera dan sensor fingerprint pada realme Narzo dan realme 6 juga sama.

Tapi, dua HP realme terbaru ini juga memiliki perbedaan, lho. Supaya tidak bingung mencarinya, langsung saja simak perbandingan realme Narzo vs realme 6 Indonesia berikut ini.

Desain dan Layar: Sudah Mengusung Refresh Rate 90Hz

Realme Narzo Vs Realme 6 660ad
Sumber foto: LesEco

Desain realme Narzo terinspirasi dari cahaya bulan dan gerhana yang ditawarkan dalam pilihan warna Just Black dan Just White.

Kecerahan dan saturasi warnanya meningkat berkat teknologi pelapisan optik baru, sehingga menghasilkan efek visual yang menarik.

Pada sisi kanan, hanya ada tombol power sekaligus sensor fingerprint, sementara di bagian kiri ada tombol volume dan tiga slot SIM card. Bagian belakangnya menjadi tempat kamera yang memanjang secara vertikal.

Sementara itu, realme 6 memiliki konsep Comet Design dengan tekstur glossy dan memantulkan cahaya yang akan menyatu ke bagian bawah tengah, tepat pada port USB Type-C, sehingga menyerupai laju komet di langit.

Warnanya tersedia dalam pilihan Comet Blue dan Comet White. Sedangkan untuk penempatan tombol di bagian kanan dan kiri serta posisi kamera belakang juga sama dengan realme Narzo.

Bergeser ke bagian layar, baik realme Narzo maupun realme 6 memiliki lebar 6,5 inci dengan screen-to-body ratio mencapai 90.5% dan desain punch hole di pojok kiri atas sebagai tempat kamera depan.

Resolusi keduanya juga sudah Full HD+ (1080 x 2400 pixels), sehingga tampilan visualnya lebih tajam dan detail. Bagi kamu yang mencari HP 90Hz murah, keduanya bisa menjadi pilihan, nih.

Layar realme Narzo dan realme 6 memiliki kecepatan refresh 90Hz alias mampu menghasilkan 90 frame per detik, sehingga transisi dan pergerakan di layar menjadi lebih halus dan lancar.

Dapur Pacu: Sama-Sama Menggunakan MediaTek Helio G90T

Realme Narzo Vs Realme 6 Indonesia 2868f
Sumber foto: MediaTek

Selain penempatan tombol power, kamera belakang, dan spesifikasi layar, satu kesamaan lain pada perbandingan realme 6 vs realme Narzo adalah chipset MediaTek Helio G90T yang ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan gaming.

Bermain game dengan grafis tinggi seperti PUBG Mobile, Fortnite, dan Free Fire pun tidak akan mengganggu kinerja kedua HP ini. Kamu bisa mencapai setting smooth extreme dengan lancar dan tanpa lag, meskipun suhu sedikit meningkat.

Chipset tersebut disertai dengan CPU octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55) fabrikasi 12nm dan GPU Mali-G76 MC4. Ditambah dengan teknologi Hyper Boost dan frame rate 90Hz, tentu aktivitas gaming menjadi semakin optimal.

Bedanya, realme Narzo hanya dilengkapi satu konfigurasi memori internal, yaitu 128GB/4GB RAM. Sedangkan realme 6 juga memiliki memori internal 128GB, namun dengan dua dua pilihan RAM, yaitu 4GB dan 8GB.

Kamera: Kamera Utama realme 6 Lebih Unggul

Realme Narzo Vs Realme 6 Gsmarena Fa075
Sumber foto: GSMArena

Sekilas, kamera pada realme Narzo dan realme 6 terlihat sama, mulai dari jumlah, posisi, hingga jenis lensa yang digunakan.

Namun, realme 6 lebih unggul karena sudah menjadi HP kamera 64MP dibanding realme Narzo yang masih menggunakan kamera utama 48MP.

Selebihnya, realme 6 dan realme Narzo memiliki resolusi yang sama, yaitu 8MP (ultrawide), 2MP (macro), dan 2MP (depth).

Dilengkapi juga dengan fitur Super Nightscape 2.0 dengan teknologi Multi-Frame Noise Reduction, sehingga foto malam hari tetap terang dan jelas.

Beralih ke kamera depan, lagi-lagi keduanya memiliki kesamaan. Resolusi kamera selfie pada realme Narzo dan realme 6 adalah 16MP yang didukung dengan filter Smart Beauty, mode HDR, dan efek bokeh.

Baterai: Kapasitas Sama Besar

Perbedaan Realme Narzo Vs Realme 6 454bc
Sumber foto: Gizmochina

Baik realme Narzo maupun realme 6 memiliki kapasitas daya 4.300 mAh. Meskipun tidak sejumbo HP baterai besar terbaik lainnya yang mencapai 6.000 mAh, namun kapasitas tersebut mampu bertahan seharian.

Proses charging juga lebih efisien berkat dukungan teknologi 30W Flash Charging yang diklaim dapat mengisi daya hingga penuh dalam waktu satu jam.

Kamu juga tidak perlu khawatir terhadap risiko overheat atau overcharge. Karena realme Narzo dan realme 6 dilengkapi dengan fitur proteksi lima lapis yang mampu melindungi hardware selama proses pengisian daya.

Fitur: Sensor Sidik Jari yang Responsif

Hp Realme Narzo Vs Realme 6 F1a52
Sumber foto: XDA Developers

Sebagai sesama produk rilisan realme, sistem operasi yang digunakan pada realme Narzo dan realme 6 adalah Android 10 dengan user interface realme UI yang ringan, sederhana, dan mudah dioperasikan.

Port USB dan pengeras suara pada realme Narzo dan realme 6 juga dilengkapi dengan segel dan lapisan anti debu untuk mencegah masuknya percikan air karena keduanya telah mengusung Splash-resistant Design.

Fitur lain yang tidak kalah canggih adalah sensor fingerprint super cepat yang mampu membuka kunci hanya dalam waktu 0,29 detik.

Penempatannya yang menjadi satu dengan tombol power jadi lebih menarik dari segi estetika, sehingga tidak kalah dengan HP fitur fingerprint dalam layar.

Spesifikasi Lengkap realme Narzo vs realme 6

Perbandingan Realme Narzo Vs Realme 6 Fb4ac

Setelah kamu mengetahui perbandingan realme Narzo vs realme 6 di atas, pasti kamu sudah mendapat lebih banyak gambaran tentang keduanya.

Mungkin kamu juga sudah mulai menentukan pilihan, namun masih ragu apakah smartphone yang kamu pilih memang lebih baik dibanding satunya.

Nah, supaya semakin yakin dengan pilihanmu, coba cek spesifikasi realme Narzo dan realme 6 secara lebih lengkap di bawah ini.

Spesifikasi realme Narzo Spesifikasi realme 6
Desain & Layar

6.5 inches IPS LCD, 90Hz, Full HD+ (1080 x 2400 pixels), 20:9 ratio, screen to body ratio 90.5%
Desain & Layar

6.5 inci IPS LCD, 90Hz, Full HD+ (1080 x 2400 pixels), 20:9 ratio, screen to body ratio 90.5%
Sistem Operasi

Android 10, Realme UI
Sistem Operasi

Android 10, Realme UI
Chipset

CPU: Mediatek Helio G90T (12 nm) Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)

GPU: Mali-G76 MC4
Chipset

Mediatek Helio G90T (12 nm) Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)

GPU: Mali-G76 MC4
Memori & RAM

128GB/4GB RAM
Memori & RAM

128GB/4GB RAM

128GB/8GB RAM
Kamera Belakang

48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8 m, PDAF

8 MP, f/2.3, 119 (ultrawide), 1/4.0", 1.12 m

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP B/W, f/2.4, (depth)
Kamera Belakang

64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72", 0.8 m, PDAF

8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4.0", 1.12 m

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP B/W, f/2.4, (depth)
Kamera Depan

16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.06", 1.0 m
Kamera Depan

16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.06", 1.0 m
Baterai

Non-removable Li-Po 4300 mAh
Baterai

Non-removable Li-Po 4300 mAh
Warna

Just Black, Just White
Warna

Comet Blue, Comet White

Harga realme Narzo vs realme 6

Realme Narzo Vs Realme 6 Spesifikasi F54e6

Meskipun realme Narzo dan realme 6 memiliki spesifikasi yang hampir mirip, namun keduanya memiliki harga yang berbeda. HP realme 6 yang menawarkan resolusi kamera lebih besar tentunya dijual dengan harga lebih tinggi.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir perbedaannya akan jauh, karena harga HP realme memang terkenal terjangkau, termasuk untuk realme Narzo yang harganya bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Harga realme Narzo (4/128GB): Rp2.999.000,-

>>>Beli HP realme Narzo langsung di sini<<<

Nah, sekarang coba bandingkan dengan harga realme 6 yang memiliki konfigurasi memori internal sama dengan realme Narzo, yaitu 128GB/4GB RAM. Bahkan, untuk RAM 8GB, harganya juga masih sangat terjangkau, lho.

  • Harga realme 6 (4/128GB): Rp3.099.000,-

  • Harga realme 6 (8/128GB): Rp3.299.000,-

>>>Beli HP realme 6 langsung di sini<<<

KESIMPULAN: realme Narzo dan realme 6, Mana yang Terbaik?

Realme Narzo Vs Realme 6 Harga Ad42c
Sumber foto: Gadget Pilipinas

Berdasarkan perbandingan realme Narzo vs realme 6 di atas, memang tidak terlihat perbedaan yang terlalu signifikan di antara dua HP ini. Namun, bisa dikatakan bahwa realme 6 lebih unggul dbanding realme Narzo.

Alasannya, resolusi kamera utama realme 6 lebih tinggi dibanding realme Narzo, yaitu 64MP. Cocok untuk kamu yang mementingkan aspek fotografi pada sebuah smartphone.

Selain itu, realme 6 juga menyediakan pilihan RAM 8GB yang lebih besar dibanding RAM 4GB pada realme Narzo.

Berkat RAM sebesar ini, kamu bisa melakukan aktivitas multitasking dengan lancar dan loading time aplikasi jadi lebih singkat.

Meskipun demikian, spesifikasi yang sedikit lebih tinggi juga membuat harga realme 6 sedikit lebih mahal dibanding realme Narzo. Tapi, kalau perbedaan harga ini tidak jadi masalah, maka kamu bisa menjatuhkan pilihan pada realme 6.

Akhir Kata

Nah, itu dia perbandingan realme Narzo vs realme 6 yang memiliki desain dan spesifikasi mirip, namun tetap ada perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing. Harganya pun juga sedikit berbeda.

Sekarang kamu sudah yakin, kan, ingin memilih yang mana? Semoga artikel di atas bisa menjadi pedoman bagi kamu yang sedang mencari HP kualitas terbaik dengan harga terjangkau menjelang akhir tahun 2020 ini, ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Realme Narzo 20 Spesifikasi 45456
Perbandingan realme Narzo 20 Pro vs realme 7 | Mana yang Terbaik?
Realme Narzo 20 Vs Redmi Note 9 Banner 98fad
Perbandingan realme Narzo 20 vs Redmi Note 9 | Duel HP Gaming Murah!
Banner 84803
Perbandingan realme 5 Pro vs Redmi Note 8 Pro, Duel HP Android Rp3 Jutaan!
Hp Realme Terbaik Harga 1 Jutaan 4e89b
10 HP realme Gaming Terbaik 2020 | Murah & Berkualitas
Hp Realme Yang Ada Nfc 8d418
5 Rekomendasi HP Realme yang Ada NFC, Murah dan Berkualitas!
Hp Realme Harga 1 Jutaan Ad366
10 HP realme Harga 1 Jutaan Terbaik & Terbaru, Murah Berkualitas!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal