J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              PENTING! Ini Perbedaan USB OTG dengan USB Host

              PENTING! Ini Perbedaan USB OTG dengan USB Host

              00
              Minggu, 19 Jun 2016, 15:00 WIB
              Saat melihat spesifikasi smartphone, kamu pasti pernah melihat adanya USB Hostd an USB OTG kan? Nah, berikut ini penjelasan mengenai perbedaan USB OTG dan USB Host.

              Saat akan membeli smartphone baru, biasanya kamu melihat spesifikasinya terlebih dahulu gak? Biasanya kamu pasti membandingkan chipset yang digunakan, jumlah memori internal, RAM, ukuran layar, kapasitas baterai, hingga resolusi kamera yang dibawa oleh suatu smartphone. Udah segitu aja?

              Padahal jika kamu jeli, ada satu hal yang juga harus kamu perhatikan, yakni jenis USB dan dukungan USB OTG-nya. Apakah USB OTG saja, atau mendukung USB Host? Karena keduanya berbeda.

              BACA JUGA
              • Cara Cek Apakah Android Kamu Sudah Mendukung USB OTG atau Belum
              • Cara Cetak Gambar LANGSUNG Lewat Android Via USB OTG [Tanpa Root]
              • Apakah Android yang Menggunakan OTG Tetap AMAN Dari Virus?

              Perbedaan USB OTG dan USB Host

              Saat melihat spesifikasi smartphone, kamu pasti pernah melihat adanya USB Type-C, dukungan USB OTG, atau bahkan USB Host. Sebelumnya JalanTikus sudah pernah menjelaskan perbedaan USB Type-C dengan yang lainnya. Nah, apa kamu tahu apa bedanya USB OTG dengan USB Host? Biar kamu gak bingung, simak yuk penjelasannya!

              USB Host

              Sejak diperkenalkan Android Honeycomb, Google sudah mengembangkan Android dengan kemampuan Host Mode. Inilah yang membuat Android kemudian dikembangkan untuk perangkat komputer. Host Mode di Android memungkinkan perangkat smartphone Andorid bertindak sebagai Host (tuan rumah) untuk bisa mengontrol dan terhubung dengan perangkat peripheral untuk membaca USB Flashdisk, keyboard dan mouse.

              Usb Otg Vs Usb Host 2

              Jika kamu menemukan smartphone dengan spesifikasi USB Host, itu artinya smartphone kamu telah aktif Host Mode-nya. Dan hal itu jadi jaminan bahwa smartphone kamu bisa dihubungkan dengan keyboard fisik, mouse, joystick, atau membaca data di USB Flashdisk menggunakan bantuan kabel USB OTG.

              USB OTG

              USB OTG (USB On The Go) adalah kemampuan untuk membaca USB secara langsung di smartphone menggunakan peripheral berupa kabel OTG. Nah, dengan bantuan kabel OTG ini, kamu bisa membaca data yang ada di Flashdisk tanpa harus memindahkannya dengan bantuan komputer.

              Usb Otg Vs Usb Host 1

              Bagi kamu yang suka foto-foto atau download apa-apa menggunakan smartphone, sangat bermanfaat jika memiliki smartphone yang mendukung USB OTG. Jadi kamu gak perlu ribet-ribet menyambungkan smartphone ke komputer saat ingin memindahkan data-data yang kamu miliki. Ribet kan kadang harus colok kabel ke komputer kalo mau pindahin data?

              Kesimpulan

              Jadi kesimpulannya, USB OTG ini akan aktif jika smartphone kamu mendukung Host Mode. Namun ada kalanya kemampuan membaca USB tidak bisa digunakan karena bergantung juga pada sistem operasi, driver, dan kernel yang digunakan.

              Usb Otg Vs Usb Host 3

              Untuk mengetahui apakah smartphone yang kamu gunakan sudah mendukung USB OTG atau belum, silakan baca artikel Cara Cek Apakah Android Kamu Sudah Mendukung USB OTG atau Belum. Semoga bermanfaat!

              APPS TERKAIT
              Intel Android Device Usb Driver Icon Icon
              Intel Android Device USB Driver 1.10.0
              Apps Intel Corporation
              Usb Otg Checker Icon
              USB OTG Checker 5.5
              Apps HSoftDD
              Stickmount
              StickMount 3.10
              Apps Chainfire
              Usb Fix
              UsbFix 8.156
              Apps usbfix

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal