J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perbedaan Macbook Air dan Pro, Supaya Tidak Salah Beli!

7 Perbedaan Macbook Air dan Pro, Supaya Tidak Salah Beli!

Kamis, 7 Mei 2020, 18:00 WIB
Berencana beli MacBook tapi bingung pilih yang mana? Biar nggak salah pilih, sebaiknya ketahui dahulu perbedaan MacBook Air dan Pro berikut ini, geng.

Kalau kamu ingin memiliki laptop yang simple dan ringkas, MacBook adalah pilihan yang tepat. Produk Apple ini semakin diminati karena menawarkan banyak fitur canggih.

Saat kamu memutuskan untuk membeli MacBook, kamu mungkin merasakan dilema antara memilih MacBook Air atau MacBook Pro. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Lalu, MacBook mana yang terbaik untukmu? Nah, biar nggak salah pilih, sebaiknya kamu simak perbedaan MacBook Air dan Pro berikut ini, geng.

Perbedaan Macbook Air dan Pro

Buat orang yang nggak begitu akrab dengan laptop Apple, perbedaan MacBook Pro dan Air mungkin nggak terlalu terlihat karena karakteristiknya hampir sama.

Nah, kalau membandingkan MacBook Pro vs MacBook Air, kira-kira mana yang lebih unggul? Biar nggak penasaran, simak perbedaan Macbook Air dan MacBook Pro berikut ini.

1. Segmen Pasar

Perbedaan MacBook Pro Dan Air 1 Custom 1c403

Hal paling mendasar yang bisa kamu lihat dari bedanya MacBook Air dan Pro adalah segmen pasar yang dituju. Keduanya memang diciptakan untuk kelas yang berbeda.

MacBook Pro, seperti namanya, ditujukan untuk para profesional seperti desainer hingga content creator karena memiliki kinerja tangguh untuk aktivitas berat.

Sementara MacBook Air diperuntukkan bagi pelajar atau pekerja kantoran. Sebab, laptop terbaik dengan desain tipis ini sangat cocok untuk aktivitas ringan, geng.

2. Desain dan Ukuran

Perbedaan MacBook Pro Dan Air Custom 2c3b6

Beda MacBook Pro dan Air dari segi desain memang nggak terlalu terlihat. Sebab, keduanya memiliki bodi yang terbuat dari aluminium dengan permukaan matte yang khas.

Kedua MacBook ini juga memang portable. Tapi, MacBook Pro tersedia dari ukuran 13-16 inci dengan ukuran yang lebih besar dan lebih berat, geng.

Sedangkan MacBook Air 2020 dirancang lebih tipis dan ringan dengan ukuran 13 inci. Sehingga banyak yang menyukainya karena lebih elegan dan mudah dibawa.

3. Kualitas Layar

Perbedaan MacBook Pro Dan Air 2 Custom F42dc

MacBook Pro memiliki Retina Display dengan kualitas tergantung versinya, yakni 13,3 inci beresolusi hingga 2.560 x 1.600 piksel, dan 16 inci beresolusi hingga 3072 x 1920 piksel.

Sementara MacBook Air 2020 dilengkapi dengan layar Retina ukuran 13,3 inci dengan LED-Backlit Glossy Widescreen yang bisa mendukung resolusi hingga 2.560 x 1.600 piksel.

Perbedaan MacBook Pro dan Air ini memang sangat signifikan. Setelah melihat spesifikasi tadi, bisa disimpulkan bahwa MacBook Pro cocok menjadi laptop untuk desain grafis.

Perbedaan Macbook Air dan Pro Lainnya...

4. Kapasitas Penyimpanan

Perbedaan MacBook Pro Dan Air Harga Custom B6243

Perbandingan MacBook Pro dan Air di sektor penyimpanan memang hampir mirip, terlebih antara MacBook Air 2020 dan MacBook Pro 13 inci, geng.

MacBook Air terbaru memiliki kapasitas RAM hingga 16GB dan penyimpanan SSD cepat mulai dari 256GB yang bisa dikonfigurasi hingga 2TB.

Sedangkan MacBook Pro 2019 memiliki RAM hingga 32GB dengan penyimpanan SSD hingga 4TB untuk versi 13 inci, dan RAM hingga 64GB dengan SSD hingga 8TB untuk versi 16 inci.

MacBook Pro memang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih luas, tapi kamu bisa memilih MacBook Air 2020 kalau nggak memiliki terlalu banyak file untuk disimpan.

5. Performa

Perbedaan MacBook Pro Dan Air 5 Custom 93d05

Setiap Macbook dengan versi dan tipe yang berbeda pastinya memiliki performa yang berbeda pula. Performa juga merupakan salah satu perbedaan Macbook Pro dengan Air.

MacBook Air 2020 menggunakan prosesor yang berbeda tergantung versinya, yakni Intel Core i3 quad-core hingga versi Intel Core i7 quad-core, geng.

Sementara MacBook Pro 13 inci dilengkapi prosesor Intel Core i7 quad-core, dan MacBook Pro 16 inci memiliki prosesor Intel Core i7 dan i9 hingga 8 core.

Di sektor keamanan, MacBook Air 2020 masih mengusung Touch ID, sedangkan MacBook Pro 13 inci maupun 16 inci dilengkapi Touch Bar sebagai fitur terbaru.

6. Daya Tahan Baterai

Perbedaan MacBook Pro Dan Air 3 Custom 90106

Beda MacBook Air dan Pro juga bisa dilihat dari baterainya. MacBook terkenal dengan ketahanan baterainya yang di atas rata-rata kalau dibandingkan dengan laptop lain.

Ketahanan baterai MacBook Air diklaim sebagai All Day Battery Life. Dilansir dari TechRadar, MacBook Air 2020 diklaim bisa bertahan hingga 11 jam.

Lalu, gimana dengan MacBook Pro 2019? MacBook Pro 2019 versi 13 inci bisa bertahan hingga 10 jam, sedangkan versi 16 inci bisa bertahan hingga hampir 11 jam.

7. Harga

Perbedaan MacBook Pro Dan Air Layar Custom 34edb

Selain spesifikasi tadi, perbedaan harga MacBook Air dan Pro juga harus menjadi salah satu pertimbangan kalau ingin membeli MacBook yang tepat, geng.

Seperti yang Jaka bilang tadi, MacBook Pro terbaru ditujukan untuk segmen pasar kelas atas, sehingga harganya lebih mahal dari MacBook lainnya.

MacBook Pro 2019 13 inci dibanderol mulai dari Rp19 jutaan, dan versi 16 inci dijual mulai dari Rp32 jutaan. Harga ini tentu sesuai dengan fitur yang dibawa.

Sedangkan MacBook Air 2020 dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp16 jutaan saja. Untuk harga laptop Apple yang lebih lengkap, kamu bisa cek di sini.

Akhir Kata

Itu tadi 7 perbedaan MacBook Air dan Pro yang harus kamu tahu agar nggak salah pilih, geng. Meski terlihat mirip, ternyata keduanya memiliki perbedaan signifikan.

Kalau kamu ingin laptop dengan desain tipis dan harga terjangkau, MacBook Air bisa menjadi pilihan. Sementara kalau menimbang performa, MacBook Pro juaranya.

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Alasan Harga Macbook Selalu Mahal Banner

6 Alasan Harga Apple MacBook Selalu Lebih Mahal dari Laptop Lain

Macbook Air 2020 660c9

MacBook Air 2020 Gak Worth It untuk Dibeli, Apa Alasannya?

Banner Jonathamorrison Macbook Killer

4 Notebook Murah ini Lebih Keren dari MacBook Pro

48e84407ccc79d99ba7dee491e824e04

5 Laptop Alternatif Macbook Pro dengan Harga yang Murah dan Lebih Terjangkau!

Asus Laptops 3fbde

7 Merk Laptop Terbaik 2020 yang Canggih, Awet, & Anti Lemot!

10 Laptop Gaming Terbaik Untuk Gamer Sejati Game Apapun Pasti Ngangkat C36dd

10 Laptop Gaming Terbaik 2020 untuk Gamer Sejati, Game Apapun Ngangkat!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal