Inilah Perbedaan Fungsi Memori RAM dan Memori Storage pada Smartphone

Default

Kalau kamu membeli smartphone, khususnya dengan sistem operasi Android, kamu akan dihadapkan dengan begitu banyak pilihan. Setiap smartphone Android memiliki hardware utama yang berbeda-beda. Hardware utama tersebut terdiri dari prosesor, memori RAM, dan memori storage.

Yang perlu kamu tahu, memori RAM dan memori storage itu berbeda lho. Meski namanya sama-sama memori, keduanya memiliki fungsi berbeda. Jadi, jangan sampai tertukar ya! RAM adalah memori yang digunakan untuk membantu kerja prosesor, yaitu menyimpan file-file yang sifatnya sementara. Misalnya ketika kamu browsing internet, file-file yang kamu akses seperti history halaman website yang kamu buka, video YouTube yang pernah kamu putar akan tersimpan di dalam RAM.

BACA JUGA
  • Tips Agar BBM di Android Agar Tidak Boros Memori dan RAM
  • Tips Wajib Untuk Kamu yang Pakai Smartphone dengan RAM 1 GB
  • Modal Goceng, Kamu Bisa Ciptakan Hologram Keren di HP Android Sendiri!
Memori Android B

Kapasitas RAM juga jauh lebih kecil dari memori storage. RAM pada smartphone biasanya hanya berkapasitas maksimal 4 GB. Sementara storage bisa mencapai 128 GB, seperti Samsung Galaxy S6 atau Apple iPhone 6 misalnya. Lalu, apa fungsi storage?

Memori Android

Storage memiliki kapasitas lebih besar. Fungsinya yakni untuk menyimpan file secara permanen. Misalnya lagu, video, foto, dokumen, dan data-data lainnya yang memang kamu miliki dan bisa kamu buka kapan saja. Storage juga digunakan untuk menyimpan aplikasi yang kamu install. Untuk mengetahui dan memastikan berapa kapasitas memori RAM dan memori storage pada smartphone yang kamu gunakan, kamu bisa melihatnya melalui aplikasi CPU-Z. Jadi, jangan tertukar lagi ya antara RAM dan storage.

Artikel menarik lainnya:

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal