J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Masih Banyak yang Bingung, Ini Perbedaan Android One dan Android Go

Selasa, 30 Jan 2018, 13:00 WIB
Masih bingung apa itu Android Go dan Android One? Sembari belajar tentang dua projek Google itu, nih perbedaan Android One dan Go yang perlu kamu tahu.

Di acara Google I/O yang diselenggarakan pada tahun 2017 kemarin, Google memperkenalkan Android Go. Sistem operasi Android Go pada dasarnya adalah OS Android yang telah mereka modifikasi untuk smartphone dengan spek kelas bawah.

Tapi, perlu diingat jika Google juga mempunyai program Android One di mana mereka merilis smartphone yang menyasar ke kawasan Asia Tenggara. Lalu apa perbedaan Android One dengan Go?

BACA JUGA
  • Support RAM Kecil! Inilah 5 Kelebihan Android Go Untuk Smartphone Murah
  • Wajib Coba! Ini 2 Aplikasi Google Buat Kamu yang Fakir Kuota
  • Google Rilis Android Go untuk Smartphone Murah, Apa Kabar Android One?

Perbedaan Android One dan Android Go

Jika kamu masih bertanya-tanya apa perbedaan antara Android One dan Android Go yang sama-sama mengincar pasar kelas menengah ke bawah? Langsung saja JalanTikus kupas tuntas. Langsung disimak saja ya!

Android One

Android One adalah proyek Google. Mereka merancang hardware dari sebuah smartphone untuk dipasarkan ke negara-negara berkembang. Pada dasarnya Google-lah yang mengontrol semua Android One yang dirilis, mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunaknya, seperti Google Nexus dan Pixel.

Perbedaan Android One Dan Go

Namun, ada beberapa syarat ketat untuk dipenuhi sebagai ide kunci dari Android One. Idenya adalah OS Android murni tanpa modifikasi dari pihak manufaktur, pembaruan keamanan yang berkala, dan spesifikasi maksimum dari sebuah smartphone yang ketat.

Android One

Android Go adalah projek Google yang lebih memfokuskan diri pada sistem operasinya, bukan hardware-nya. Jadi, Google membuat sebuah sistem operasi berbasis Android Oreo yang telah dimodifikasi agar lebih kompatibel dengan smartphone kelas low-end.

Karena dikhususkan pada smartphone kelas bawah, Android Go memiliki sistem manajemen data yang lebih optimal dalam segi penyimpanan dan data seluler. Seperti, ukuran sistem operasi Android Go yang dipangkas hampir setengah dari Android Oreo yang normal.

Perbedaan Android One Dan Go 1
Alasan Xiaomi Android One Lebih Baik Dari Miui
Mau Tau Kenapa?
Android One adalah salah satu proyek yang digagas oleh Google. Performa terbaik, ini 5 alasan kenapa smartphone Xiaomi Android One lebih baik dari MIUI.
LIHAT ARTIKEL

Untuk urusan manajemen kuota internet, Android Go telah dilengkapi dengan fitur 'Data Saver' yang telah dipasang secara default. Jadi, pastinya paket data yang digunakan di smartphone Android Go akan lebih awet ketimbang di smartphone lainnya.

Google juga telah menyediakan beberapa aplikasi khusus yang dibuat untuk Android Go, seperti YouTUbe Go, Files Go, Google Go, dan masih banyak lagi. Playstore juga telah dioptimalkan oleh Google yang lebih menyorot aplikasi yang akan bekerja dengan baik pada perangkat Android Go, seperti Facebook Lite.

Kesimpulan

Pada akhirnya, Android One adalah sekumpulan dari smartphone yang telah diatur oleh Google, sedangkan Android Go adalah sistem operasi yang telah dimodifikasi oleh Google agar lebih ringan dan bisa digunakan oleh banyak smartphone.

Perbedaan Android One Dan Go 2

Tidak ada spesifikasi maksimal yang harus dipenuhi oleh smartphone yang ingin menggunakan Android Go. Jika sebuah manufaktur ingin merilis sebuah smartphone kelas bawah, Google berharap Android Go dapat digunakan oleh mereka.

Sayangnya, JalanTikus belum dapat gambaran apakah ke depannya Google juga akan menanamkan Android Go pada perangkat Android One-nya. Kita tunggu saja sampai Google merilis sebuah smartphone lagi ya!

Akhir Kata

Nah, itulah perbedaan Android One dan Go yang perlu kamu ketahui agar tidak salah kaprah, bahkan menyamakan dua produk Google tersebut. Jadi, jika kamu ingin mencari smartphone dengan spesifikasi kelas bawah, ada baiknya kamu memilih smartphone dengan sistem operasi Android Go ya.

ARTIKEL TERKAIT
Game Buatan Indonesia

Keren! Ini 7 Game Buatan Indonesia yang Berhasil Masuk di Steam

C941e801ad64d6a972c9a8e62d6db652

Skin ML Mah Murah! Ini 5 Item In Game Paling Mahal yang Bikin Nangis Para Gamer

C84beaf4f099d7f06c5d8acf38eee4a6

Wajib Coba! Ini 8 Aplikasi Android Terbaru 2018

Game Android Terbaik 2018 4

7 Game Android Keren yang Mesti Kamu Tunggu di 2018

APPS TERKAIT
Files Go By Google Free Up Space On Your Time Icon
Files Go by Google: Free Up Space On Your Phone 1.0.177260766
Apps Google LLC
Google Go A Fast Easy Fun Way To Search Icon
Google Go: A fast, Easy, Fun Way To Search 1.0.177609757
Apps Google LLC
Youtube Go Icon
YouTube Go - Hemat Kuota Internet 3.04.51
Apps Google Inc.
Facebook Lite Icon Icon
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Apa itu Android Go? Ini 7 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

Apa itu Android Go? Ini 7 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

4 Hal yang WAJIB Kamu Ketahui Tentang Android P!

4 Hal yang WAJIB Kamu Ketahui Tentang Android P!

16 Urutan Versi Android dari Awal Hingga Android Q Terbaru & Terlengkap 2019

16 Urutan Versi Android dari Awal Hingga Android Q Terbaru & Terlengkap 2019

Ini Nih Sejarah Awal Berdirinya Android yang Perlu Kamu Tahu

Ini Nih Sejarah Awal Berdirinya Android yang Perlu Kamu Tahu

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal