J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Huawei Nova 2 Lite vs Oppo A3s: Mana yang Lebih Canggih?

Huawei Nova 2 Lite vs Oppo A3s: Mana yang Lebih Canggih?

Senin, 8 Okt 2018, 12:00 WIB
Bingung mau pilih HP 2 Jutaan yang mana yang paling canggih? Tenang, Jaka sudah berikan perbandingan antara Huawei Nova 2 Lite vs Oppo A3S berikut.

Smartphone harga Rp 2 jutaan saat ini tampaknya sudah menjadi standar smartphone murah yang wajib kamu miliki.

Nah di range harga ini ada dua buah smartphone yang menarik untuk diulas, yakni Huawei Nova 2 Lite dan Oppo A3s yang punya harga mirip-mirip.

Kira-kira manakah di antara dua smartphone ini yang lebih pas di kantong kamu?

Langsung aja yuk kita bahas kedua HP Android ini.

Perbandingan Spesifikasi Huawei Nova 2 Lite vs Oppo A3s

Baik Huawei Nova 2 Lite maupun Oppo A3s yang dirilis di kisaran harga 2 jutaan memang menyasar pasar kelas entry level yang perlu smartphone untuk berbagai kebutuhan.

Apalagi saat ini tampaknya banderol harga 2 jutaan sudah tergolong cukup murah dan menggiurkan untuk di miliki, kan?

Sebelum membahas mengenai perbandingan kedua smartphone ini, ada baiknya kamu simak dulu detail spesifikasi Huawei Nova 2 Lite dan Oppo A3s sebagai berkut.

Spesifikasi Huawei Nova 2 Lite Oppo A3s
Dimensi 158.3 x 76.7 x 7.8 mm

155 gram
156.2 x 75.6 x 8.2 mm

168 gram
Layar 5.99 inci IPS LCD capacitive touchscreeb

720 x 1440 piksel
6.2 inci IPS LCD capacitive touchscreen

720 x 1520 piksel
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 octa-core 1.4GHz

GPU Adreno 505
Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 octa-core 1.8GHz

GPU Adreno 506
Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan EMUI 8.0 Android 8.1 Oreo dengan ColorOS 5.1
Memori RAM 3GB, Memori Internal 32GB

MicroSD up to 256GB
RAM 32GB, Memori Internal 32GB

MicroSD up to 256GB
Kamera Kamera Belakang Dual 13MP f/2.2 PDAF + 2MP depth sensor

Kamera Depan 8MP f/2.0
Kamera Belakang Dual 13MP f/2.2 PDAF + 2MP f/2.4 depth sensor

Kamera Depan 8MP f/2.2
Jaringan GSM/HSPA/LTE GSM/HSPA/LTE
Baterai 3000 mAh 4230 mAh
Warna Black, Gold, Blue Red, Dark Purple

Desain Cantik dan Ringkas Bakal Jadi Pilihan

Jika dilihat dari ukurannnya, kedua smartphone ini memiliki ukuran yang hampir sama persis, dimana Huawei Nova 2 Lite berukuran 158.3 x 76.7 x 7.8 mm dan Oppo A3s berukuran 156.2 x 75.6 x 8.2 mm.

Di sisi lain Huawei Nova 2 Lite hadir dengan bobot lebih ringan, yakni 155 gram dibanding Oppo A3s yang 168 gram dengan ketebalan lebih besar karena kapasitas baterai yang dimilikinya.

Secara desain pun, kedua smartphone ini menawarkan desain kekinian dengan bagian belakang mengkilap pada Huawei Nova 2 Lite dan kesan kaca pada Oppo A3s. Sesuai dengan tren masa kini kan?

Nah mungkin yang jadi pembeda adalah desain bagian depan di mana Huawei Nova 2 Lite masih menggunakan layar 5.99 inci dengan rasio 18:9 dan resolusi HD+ (720 x 1440 piksel).

Lalu Oppo A3s sendiri menggunakan layar 6.2 inci beresolusi HD+ (720 x 1520 piksel) dengan ratio 19:9 yang sudah mengusung desain notch alias poni.

Hal ini bakal tergantung preferensi kamu. Namun kalau Jaka memilih, Huawei Nova 2 Lite bakal lebih direkomendasikan karena bakal lebih nyaman dalam menonton video tanpa perlu ada bagian yang terpotong.

Termasuk juga untuk bermain game di mana tombol-tombol yang berada di layar Jaka rasa bakal lebih mudah dijangkau dibanding pada smartphone yang memiliki poni guys.

Sistem Operasi Sama-Sama Andalkan OS Terbaru

Soal urusan sistem operasi, kedua smartphone ini tampaknya nggak perlu diragukan lagi deh. Baik Huawei Nova 2 Lite dan Oppo A3s sudah dibekali dengan Android Oreo.

Mungkin bedanya hanya pada user interface yang digunakan, di mana Huawei Nova 2 Lite menggunakan EMUI 8.0 sedangakan Oppo A3s menggunakan ColorOS 5.1.

Sepanjang penggunaan, kamu bakal menemui kedua user interface ini memiliki tampilan ringan dengan sejumlah kustomisasi dan fitur yang sangat membantu. Balik lagi, soal UI ini kembali ke pilihan kamu sepenuhnya nih!

Performa Chipset Kencang untuk Kebutuhan Harian

Bicara mengenai performa, smartphone harga Rp 2 jutaan sudah sepatutnya bisa mengakomodasi kebutuhan harian. Mulai dari chatting, sosial media hingga main game-game ringan seperti Mobile Legends maupun PUBG Mobile.

Hebatnya kedua smartphone ini sudah dilengkapi dengan processor octa-core yang jelas memiliki kemampuan untuk mengakomodasi hal-hal tersebut.

Huawei Nova 2 Lite sendiri menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 430 dengan dukungan RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa diekspansi hingga 256GB. Sektor baterainya sendiri diperkuat dengan kapasitas 3000 mAh.

Sementara Oppo A3s menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan dukungan RAM 3GB dan memori internal 32GB serta slot memori eksternal hingga 256GB. Bedanya baterai pada Oppo A3s lebih besar, yakni 4230 mAh.

Sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 400-series memang Oppo A3s bakal sedikit lebih unggul, apalagi dengan dukungan baterai yang lebih besar tadi guys.

Kamera dengan Fitur Lowlight Bakal Jadi Pilihan

Untuk sektor fotografi kedua smartphone ini sudah dilengkapi dengan dual kamera pada bagian belakang dan sebuah kamera selfie di bagian depan.

Detailnya Oppo A3s dibekali dengan kamera utama dual 13MP f/2.2 AF + 2MP f/2.4 depth sensor untuk membuat foto bokeh. Di bagian depan pun ada sensor 8MP f/2.2.

Berbeda dengan Huawei Nova 2 Lite dengan kamera utama dual 13MP f/2.2 PDAF + 2MP depth sensor yang telah dibekali dengan fitur Wide Aperture untuk mengatur bokeh, food mode, HDR, watermark dan berbagai opsi menarik beserta filter kamera.

Pada sektor kamera depan pun walau memiliki resolusi sama namun dengan bukaan lebih lebar, tepatnya 8MP f/1.9 untuk menangkap cahaya lebih banyak.

Ditambah juga dengan Smart Selfie Toning Flash bakal membuat foto selfie tampak makin tajam, cerah dan detail pada semua kondisi, termasuk saat minim cahaya alias lowlight.

Fitur Keamanan Pendukung, Fingerprint dan Face Recognition

Walaupun memiliki range harga di kelas menengah, Huawei Nova 2 Lite tetap memberikan fitur keamanan pendukung berbasis biometrik, yakni fingerprint sensor dan face recognition.

Sementara itu Oppo A3s hanya memberikan fitur face recognition tanpa memberikan fingeprint sensor, baik pada sisi depan maupun belakang. Kalau menurutmu mending mana nih?

Triple Slot Sim Card

Nah untuk fitur ini, mungkin masih dianggap sesuatu yang kurang penting. Padahal kegunaannya sangat membantu kamu dalam mobilitas sehari-hari.

Adanya triple slot sim card di Huawei Nova 2 Lite dan Oppo A3S memungkinkan kita bisa memakai 1 slot tersebut untuk kartu Micro SD.

Mungkin baik Huawei dan Oppo menyadari bahwa kedua HP ini memiliki penyimpanan memori yang kurang luas alias cuma 32GB saja. Dengan adanya fasilitas ini, kamu tidak usah lagi kerepotan deh jika memori di HP ini sudah penuh.

Duh makin bingung kan pilih yang mana?

Harga dan Kesimpulan

Lalu manakah yang layak kamu beli? Di sini Huawei Nova 2 Lite memiliki keunggulan mulai dari segi desain, kemampuan fotografi di kondisi lowlight dan sistem keamanan lengkap untuk smartphone harga Rp 2 jutaan.

Sementara itu Oppo A3s memberikan desain layar poni beserta performa mungkin sedikit lebih baik dari Huawei Nova 2 Lite. Namun sayangnya fitur keamanan belum terbilang komplit karena menanggalkan fingerprint sensor guys.

Nah untuk harganya sendiri, Huawei Nova 2 Lite (3/32GB) saat ini dibanderol dengan harga Rp 2.299.000,- dan Oppo A3s (3/32GB) dibanderol Rp 2.699.000,- alias lebih mahal Rp 400 ribuan.

Dengan perbandingan harga yang cukup terpaut jauh, kalau kamu bakal pilih yang mana nih? Hehehe...

Eh ya, tapi jangan lupa juga kalau kamu punya bujet lebih untuk membeli smartphone terbaru dengan spesifikasi terbaik ada juga Huawei Nova 3i yang dibekali dengan 4 kamera, layar Full View dengan notch, desain mewah plus memori internal besar hingga 128GB.

Wah menarik banget kan? Bakal langsung disikat nih kayanya!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

7 Fakta Huawei yang Belum Kamu Tahu, Apalagi yang Nomer 5!

Membongkar Rahasia Storage Smartphone, Jangan Salah Beli!

12 HP Android Murah Spek Dewa Terbaik 2020, Harga di Bawah 1 Jutaan!

Daftar Harga HP HUAWEI Terbaru Juni 2020, Banyak yang Didiskon!

Huawei Y7 Pro 2019 vs Realme 2: Harga 2 Jutaan, Mana yang Lebih Curi Perhatian?

Daftar Harga HP OPPO Terbaru Juni 2020, Banyak Tipe yang Turun Harga!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
PUBG Mobile (Player Unknown Battleground) 0.17.0
Games Tencent Mobile International Ltd.
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal