RUGI BANDAR! Jangan Beli 10 Merk Smartphone Android Paling Gampang Rusak di 2018

Banyak pertimbangan yang bakal kamu lakukan saat membeli sebuah smartphone. Mulai dari spesifikasi, kapasitas baterai, kamera hingga berapa awetnya hingga perangkat ini rusak dan nggak bisa digunakan kembali.

Nah melihat hal ini tentu menarik buat mengulas daftar merk smartphone Android apa saja yang paling bermasalah dan gampang rusak di tahun 2018. Berikut Jaka sudah punya data selengkapnya guys!

BACA JUGA
  • 20 Smartphone Android 4G Terbaik di Bawah 1 Jutaan 2018
  • 20 Smartphone Android Dual Kamera Terbaik 2 Jutaan 2018
  • 15 Smartphone Android Terbaik 3 Jutaan 2018

Ini 10 Merk Smartphone Android Paling Bermasalah di 2018

Android yang kini dikembangkan oleh Google bisa dibilang menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan. Tentu hal ini dapat dikatakan menyaingi popularitas Apple yang dikenal dengan iOS pada jajaran iPhone dan iPad yang dimilikinya.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Smartphone Android Lebih Baik dari iOS

Sama seperti beberapa tahun lalu, Blancco Technology Group telah mengeluarkan hasil survei mengenai merk-merk smartphone Android yang sering mengalami masalah. Apa sajakah mereka?

1. Samsung - 27.4%

Merk Smartphone Android Paling Bermasalah 2018 01 12e01
Sumber foto: slashgear.com

Sama seperti tahun sebelumnya, Samsung masih menduduki posisi pertama smartphone dengan tingkat kegagalan (failure rate) hingga 27.4%. Besarnya angka ini tampaknya juga dipengaruhi oleh market share Samsung yang secara global masih menjadi posisi puncak, yakni 23.4%.

Baca Juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru 2018 (Update)

Selain itu, Samsung yang bersaing ketat dengan Apple pada urusan penjualan ini memiliki berbagai lini smartphone di hampir semua kelas. Mulai dari kelas entry level, mid-end hingga flagship sekelas seri Galaxy S dan Galaxy Note.

Tentu enggak semua kelas smartphone Samsung akan ter-cover dengan baik. Contohnya smartphone-smartphone murah mereka terkadang memiliki spesifikasi pas-pasan dan cenderung gampang rusak.

2. Xiaomi - 14.2%

Merk Smartphone Android Paling Bermasalah 2018 02 B6742
Sumber foto: phoneworld.com.pk

Memasuki tahun 2018, brand smartphone Android Tiongkok ini memiliki manuver menarik. Setelah sukses di pasar Asia, Xiaomi kabarnya juga akan melebarkan sayapnya ke pasar Eropa dan dalam waktu dekat menuju Amerika Utara.

Baca Juga: Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru 2018 (Update)

Sayangnya, tingkat kerusakan Xiaomi pun meningkat menjadi 14.2% di awal tahun 2018 ini. Walaupun punya spesifikasi dan harga bersaing, banyak orang yang mengeluhkan soal build quality.

Misalnya saja Xiaomi Redmi 5A yang menjadi smartphone Android murah dan populer di seluruh dunia ini, kerap memiliki masalah pada layar dan masih banyak lagi loh.

Jadi makin khawatir kan? Apakah smartphone Android kamu bakal masuk daftar selanjutnya...

3. Motorola - 9.6%

Merk Smartphone Android Paling Bermasalah 2018 03 63772
Sumber foto: techadvisor.co.uk

Sejak diambil alih oleh Lenovo, Motorola kembali ke ranah smartphone Android untuk mengulang kembali kejayaannya. Sayangnya, beberapa lini smartphone mereka dianggap gagal diterima oleh kalangan pengguna masa kini.

Terlebih lagi, Motorola juga memiliki tingkat kegagalan sebesar 9.6%. Hal ini cenderung berbanding terbalik dengan gembar-gembor inovasi smartphone modular yang diterapkan pada beberapa seri dengan MotoMods guys.

4. Huawei - 8.4%

Merk Smartphone Android Paling Bermasalah 2018 04 3fc3e
Sumber foto: cnet.com

Belum terlalu populer di Indonesia dibanding Samsung dan Apple, Huawei nyatanya mampu bersaing di pasar global dengan pemegang market share di peringkat ketiga. Dibantu dengan adiknya Honor, perusahaan asal Shenzhen ini memiliki 11.8% market share di Q1 2018.

Didukung dengan R&D yang mumpuni, memang Huawei berusaha terus meningkatan inovasi dalam teknologi smartphone Android yang dibuatnya.

Namun sayangnya, Huawei pun masih mendapatkan tingkat kegagalan 8.4% di awal tahun 2018. Hal ini kemungkinan terjadi pada perangkat-perangkat lawas yang memang secara kualitas terpaut jauh dibanding saat ini.

5. InFocus - 7.3%

Merk Smartphone Android Paling Bermasalah 2018 05 7f9d5
Sumber foto: androidauthority.com

Brand yang satu ini mungkin agak asing kamu dengar bermain di ranah produk ponsel pintar. Di Indonesia sendiri, mungkin kamu akan mengenal InFocus sebagai sebuah perangkat proyektor dan terdepan di urusan display.

Namun secara global, InFocus juga bermain di smartphone Android untuk beberapa wilayah saja. Namun, InFocus juga mendapatkan failure rate sebesar 7.3% yang diduga build quality dan persiapan kurang matang masuk di ranah ini.

Daftar Merk Smartphone Android Paling Bermasalah Selanjutnya!

Selain kelima daftar smartphone di atas, masih ada lagi 5 merk smartphone yang paling bermasalah dengan failure rate di bawah 7%. Kerusakan yang terjadi pada umumnya seputar performa, kamera, mikrofon, baterai dan speaker.

Baca Juga: 25 Smartphone Android Gaming Terbaik Performa Tinggi di 2018

Nah untuk daftar merk smartphone paling bermasalah di awal tahun 2018 berikutnya, bisa kamu simak pada tabel berikut.

No. Merk Smartphone Failure Rate
6 10or 6.3%
7 LGE 4.7%
8 Longcheer 2.9%
9 Lenovo 2.7%
10 OnePlus 2.5%

Akhir Kata

Nah, itu dia 10 merk smartphone Android paling bermasalah dan mudah rusak di awal tahun 2018 berdasarkan riset Blancco Technology Group. Apakah smartphone kamu masuk ke dalam daftar di atas? Jadi makin was-was kan?

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Hp Xiaomi Terbaru 1fe29
Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Maret 2021, Murah Berkualitas!
Daftar Harga Hp Samsung Dan Spesifikasinya 730c8
Daftar Harga HP Samsung Terbaru Juli 2021, Turun Harga!
Daftar Harga Hp Asus Terbaru Juni 2020 Banner 248d2
Daftar Harga HP ASUS Terbaru Juni 2020, Harganya Makin Murah!
Daftar Harga Hp Oppo Terbaru 4f5e4
Daftar Harga HP OPPO Terbaru April 2021, Banyak yang Turun Harga!
Daftar Harga Hp Vivo 532ee
Daftar Harga HP vivo Terbaru April 2021, Semua Tipe Banting Harga!
APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Pubg Mobile Logo 7b097
PUBG Mobile (Player Unknown Battleground) 0.17.0
Games Tencent Mobile International Ltd.
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal