5 Merek Smartphone Terpopuler di Indonesia pada Q4 2020, vivo Berjaya!

Default

Lembaga analis pasar teknologi global, Canalys, merilis hasil riset vendor smartphone dengan total penjualan tertinggi di Indonesia periode kuartal keempat tahun 2020.

Penelitian tersebut didasarkan pada penjualan dan pengiriman smartphone dari tempat produksi ke toko yang berbentuk data perkiraan.

Tentu kamu penasaran produsen mana saja yang menjuarai pasar Indonesia di triwulan terakhir 2020, bukan?

Smartphone Terlaris Indonesia Q4 2020 5294e

Seperti terlihat pada tabel, tingkat popularitas tertinggi diduduki oleh vivo dengan unit share sebesar 25%. Ini menandakan penjualannya masih stabil meski angka pertumbuhan masih stagnan di 0%.

Hal ini tentu lebih baik daripada Oppo yang dahulu menjadi raja vendor smartphone Indonesia dengan update AI yang getol, kini harus puas turun ke peringkat 2 dengan persentase penjualan sebesar 24%.

Tampak pula sang kuda hitam dalam tabel tersebut, yaitu realme yang berhasil naik ke peringkat 4 mengalahkan produsen legendaris Samsung dengan 15% pangsa pasar.

Dibandingkan dengan merek lainnya, realme merupakan yang termuda dan terbaru, mengingat usia vendor anakan Oppo ini bahkan belum mencapai 3 tahun.

Kecil-kecil cabai rawit, realme berdampingan dengan Xiaomi mampu menggocek peringkat seniornya, Samsung yang tengah terpuruk dengan jumlah sales menurun hingga -45%.

Sedangkan, produsen smartphone lainnya seperti Huawei, Advan, dan Infinix berada di peringkat lebih rendah di mana mereka harus berbagi 7% sisa pangsa pasar dengan satu sama lain.

Smartphone Terlaris Asia Tenggara Q4 2020 28a7d

Di tingkat regional Asia Tenggara sendiri, 5 vendor terpopuler juga masih diduduki oleh nama-nama yang sama, dengan urutan pertama hingga kelima yaitu vivo, Oppo, Samsung, realme, dan Xiaomi.

Tak hanya di Indonesia, vivo ternyata memang sedang naik daun di pasar ponsel pintar se-Asia Tenggara, terbukti ia masih memimpin dengan persentase 21% walau mengalami penurunan penjualan hingga -2% tiga bulan terakhir di tahun 2020.

Uniknya, pangsa pasar peringkat 3 besar malah melesu dan yang terparah dialami oleh Samsung sebesar -36%.

Sementara itu, realme dan Xiaomi di peringkat 4 dan 5 kompak menunjukkan indikator hijau dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 37% dan 4%, membuat mereka mampu bertahan di 5 besar.

Jika kamu bertanya di manakah Apple, jawabannya vendor tersebut memang tidak masuk 5 besar yang paling diminati di Asia Tenggara, tapi ia menduduki peringkat pertama pangsa pasar dunia di Q4 2020 dengan perolehan 23%.

Baca juga artikel seputar Gadgets atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal