J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mengenal Berbagai Jenis Kaca Pelindung pada Layar Smartphone

Mengenal Berbagai Jenis Kaca Pelindung pada Layar Smartphone

Kamis, 20 Nov 2014, 16:10 WIB
Saat ini, sudah banyak smartphone yang mendapatkan perlindungan tambahan. Perlindungan tambahan tersebut salah satunya ada pada layar. Berikut adalah jenis-jenis kaca pelindung pada layar smartphone.

Saat ini, sudah banyak smartphone yang mendapatkan perlindungan tambahan. Selain pada bodi yang lebih kuat dan ringan, perlindungan tambahan biasanya ada pada Layar smartphone. Perlindungan tambahan pada layar ini akan membuat layar smartphone tahan terhadap berbagai macam goresan yang disebabkan oleh benda-benda tajam, kunci-kunci dan bahkan ada pelindung layar smartphone yang akan tetap utuh walau jatuh dari tempat yang tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis kaca pelindung yang biasanya digunakan pada layar smartphone:

Corning Gorilla Glass

Mengenal Berbagai Jenis Kaca Pelindung Pada Layar Smartphone 1
Corning Gorilla Glass dibuat oleh perusahaan asal Amerika bernama Corning. Gorilla Glass merupakan salah satu pelindung layar smartphone yang paling banyak digunakan saat ini. Selain kuat, ukurannya yang tipis membuat layar tersebut lebih responsif saat digunakan. Saat ini Corning Gorilla Glass sudah mencapai tiga generasi, Corning Gorilla Glass 1, Corning Gorilla Glass 2 dan Corning Gorilla Glass 3.

Corning Gorilla Glass 1

Layar yang menggunakan Gorilla Glass 1 memiliki ketebalan yang berkisar antara 0,5 mm hingga 2 mm. Meski tipis dan terasa ringan, tapi tidak mengurangi kekuatannya. Lapisan ini mampu menahan berbagai goresan yang lebih berat seperti dari kunci dan lainnya. Beberapa Smartphone yang memakai Gorilla Glass 1 ini antara lain: Samsung Galaxy S, Sony Xperia SP Samsung Galaxy S II, LG Optimus L7, dan HTC Desire S.

Corning Gorilla Glass 2

Gorilla Glass 2 menjadi lebih tipis sekitar 20 persen dari generasi pertama, namun tetap memiliki kekuatan yang sama. Dalam sebuah pengujian Gorilla Glass 2 dapat menahan tekanan sampai 120 pound (54.43 kg) tanpa mengalami kerusakan. Beberapa Smartphone yang memakai Gorilla Glass 2 ini di antaranya adalah HTC One, Motorola RAZR M, Oppo Find 5, dan Samsung I9300 Galaxy S III.

Corning Gorilla Glass 3

Gorilla Glass 3 hadir dengan daya tahan 3 kali lebih kuat dibandingkan dengan Gorilla Glass 2. Bekas goresan yang terjadi pada kaca ini juga hanya 40 persennya saja yang terlihat mata telanjang. Fitur Never Damage Resistance yang dimilikinya juga membuat layar smartphone tetap utuh meskipun terjatuh. Gorilla Glass 3 sendiri banyak digunakan pada berbagai smartphone flagship terbaru.

Dragontrail Glass

Mengenal Berbagai Jenis Kaca Pelindung Pada Layar Smartphone 2
Dragontrail Glass merupakan jenis pelindung layar smartphone yang paling kuat karena mampu menahan beban sampai dengan 60 kg dengan ketebalan kaca yang hanya 1 mm. Lapisan kaca ini mamapu melewati uji tekuk (bending) dengan beban 60 kg dan pukulan palu tanpa kerusakan. Beberapa smartphone yang menggunakan layar ini adalah Sony Xperia Active, Xiaomi MI2, dan Sony Xperia Z series.

Scratch-Resistant Glass

Sesuai dengan namanya Scracth-resistant glass, lapisan kaca ini mampu menahan berbagai macam goresan ringan yang disebabkan oleh pemakaian sehari-hari, seperti goresan akibat dimasukan ke celana, tas dan lain-lain. Jenis pelindung ini biasanya digunakan pada berbagai perangkat Sony Xperia kelas menengah ke bawah.

Oleophobic Coating

Mengenal Berbagai Jenis Kaca Pelindung Pada Layar Smartphone 3
Oleophobic Coating merupakan sebuah lapisan pelindung yang ditempelkan di atas permukaan kaca. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi permukaan kaca dari minyak ataupun kotoran yang berasal dari jari tangan. Lapisan ini juga mampu melindungi dari goresan-goresan ringan. Beberapa perangkat lawas biasanya menggunakan lapisan pelindung ini, seperti Samsung Galaxy Nexus I9250, Samsung Google Nexus S, dan Sony Xperia Tablet S, Apple iPhone

Itulah beberapa jenis kaca pelindung yang biasa digunakan pada layar Smartphone Android, iOS ataupun Windows Phone.

Artikel Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal