• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Material Asing nan Canggih Ini PASTI Sangat Berguna di Masa Depan

5 Material Asing nan Canggih Ini PASTI Sangat Berguna di Masa Depan

00
Selasa, 26 Des 2017, 11:30 WIB
Pada kesempatan kali ini Jaka akan membagikan tentang 5 material canggih yang akan sangat berguna di masa depan. Kira-kira material apasih yang dimaksud?

Sejak awal peradaban manusia, perkembangan infrastruktur dan teknologi semakin canggih dari masa ke masa. Seiring dengan itu, penggunaan material untuk pembuatan infrastruktur pun ikut berkembang. Berbeda dengan infrastruktur zaman dahulu yang hanya menggunakan bahan material kayu, infrastruktur 'zaman now' menggunakan material-material yang lebih canggih dan modern. Material-material inilah yang akan sangat berguna di masa depan.

Pada kesempatan kali ini Jaka akan membagikan tentang 5 material canggih yang akan sangat berguna di masa depan. Kira-kira material apasih yang dimaksud? Gimana sudah penasaran? Oke, langsung saja. Inilah daftar 5 material canggih yang akan berguna di masa depan menurut Michael Anissimov (anggota Lifeboat Foundation Scientific Advisory Board). Cekidot!

BACA JUGA
  • Waspada, 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pengguna Android!
  • 8 Aplikasi Android Terlarang yang Tidak Ada di Google Play Store
  • 8 Tempat Terlarang untuk Pake Smartphone

5 Material Asing nan Canggih Ini PASTI Sangat Berguna di Masa Depan

1. Aerogel

Apa jawaban kamu ketika ditanya material teringan di dunia? Kapas? Bulu? Rambut? Jawabanmu masih kurang tepat. Ternyata terdapat material yang lebih ringan dari semua itu ialah Aerogel. Aerogel adalah material padat sintetis ultra ringan berpori dengan tingkat kepadatan terendah yang pernah ada. 98.2% dari material ini adalah udara atau ruang kosong. Aerogel dengan volume 1.000 liter hanya memiliki berat 160 gram, bahkan kamu dapat mengangkat aerogel seukuran rumah hanya dengan satu tangan saja.

Aerogel pertama kali ditemukan dan dibuat oleh Samual Stephens Kristler dan Charles Learned pada tahun 1931. Material ini mulai dikembangan pada akhir 80-an dan satu dekade yang lalu Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA mulai tertarik dengan material ini. Mereka mengaplikasikan aerogel pada peralatan luar angkasa untuk menunjang misi mereka.

Masih banyak contoh pengaplikasian aerogel di berbagai bidang, misalnya pada bidang perumahan, aerogel dapat digunakan sebagai insulator panas. Para peneliti yakin aerogel yang terbuat dari platinum dapat digunakan untuk mempercepat produksi hidrogen, yakni salah satu material terpenting untuk peradaban manusia. Oleh karena itu, aerogel akan sangat berguna untuk peradaban manusia di masa depan.

2. Metamaterial

Percayakah kamu jika jubah tembus pandang seperti yang ada di film Harry Potter ada di dunia nyata? Ya, jubah invisible tersebut akan segera menjadi kenyataan. Para peneliti sekarang sedang mengembangkan bahan bernama Metamaterial, yaitu bahan yang dapat membelokkan cahaya sehingga memungkinkan pemakai jubah dengan bahan ini seolah-olah hilang atau tembus pandang.

Metamaterial merupakan material buatan yang tidak tersedia di alam. Strukturnya dibuat secara artifisial dengan merangkai material dari kristal fotonik menjadi jaringan yang skalanya lebih kecil dari panjang gelombang yang dimanipulasi.

Para peneliti dari Universitas California untuk pertama kalinya berhasil membuat metamaterial berbentuk 3 dimensi. Selama ini metamaterial memang dikenal sebagai bahan untuk membuat benda menjadi tak kasat mata. Tak lama lagi material ini akan mulai dipasarkan dan dipergunakan secara umum.

3. E-Textil

Electronic Textil atau E-Textil adalah material yang memungkinkan alat-alat elektronik, smartphone, smartwatch, laptop, atau komputer dapat diimplementasikan dan dioperasikan melalui bahan tekstil. Para peneliti sekarang sedang mengembangkan pakaian yang dapat memproyeksikan visual dari smartphone seperti layaknya layar elektronik pada umumnya.

Diprediksikan material canggih ini akan segera diproduksi secara luas dan pakaian yang kita pakai tak lagi hanya sebagai penghangat tubuh, namun juga sebagai layar gadget yang membalut tubuh kita. Bayangkan saja, kita dapat mengoperasikan gadget melalui jaket bomber yang kita pakai layaknya pada layar smartphone biasanya atau melakukan telepon hanya dengan gerakan tangan tertentu. Keren bukan? Kemungkinan besar, pada tahun 2030 kebanyakan kita sudah berbalut dengan perangkat elektronik berbahan tekstil ini.

4. Carbon Nanotube

Tahukah kamu bahwa secara diam-diam sejumlah ilmuwan dunia telah menemukan material ajaib baru yang akan sangat berguna di masa depan? Material tersebut adalah Carbon Nanotube, material berukuran nano yang 100-200 kali lebih kuat dari baja serta lebih keras dari intan. Selain itu, material ini juga 10 kali lebih ringan dan fleksibel layaknya plastik dan juga dapat sebagai penghantar listrik yang lebih baik dari tembaga.

Dengan material ini mobil, kereta, kapal laut, pesawat, dan lain sebagainya akan jauh lebih kuat, namun memiliki bobot yang lebih ringan yang akan menjadikannya irit bahan bakar. Selain itu, Layar TV LCD, komputer, atau smartphone akan menjadi lebih tahan panas. Dalam dunia militer, material ini juga akan sangat dibutuhkan untuk pembuatan pesawat tempur dan seragam anti peluru.

5. D3O-Gel

D3O-Gel adalah gel revolusioner yang memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menyerap energi. Gel ini sangatlah lembut dan fleksibel, mudah untuk dibentuk hanya dengan remasan tangan. Namun, ketika mendapat tekanan yang sangat kuat, molekul-molekul gel ini akan segera mengunci hanya dengan waktu seperseribu detik.

Cek informasi selengkapnya di sini ya sob!

Dan itulah 5 material canggih yang akan sangat berguna di masa depan. Canggih-canggih dan keren bukan? Sepertinya kita memang akan membutuhkan material-material di atas di masa depan, karena banyak sekali manfaat dari material-material tersebut. Untuk kamu yang memiliki pendapat lain, jangan sungkan-sungkan untuk membagikannya lewat kolom komentar di bawah. Jaka tunggu ya!

ARTIKEL TERKAIT
Tema Mobile Legends Terbaru Banner Ba11c

Makin GGWP! Begini Cara Install Tema Mobile Legends di HP Android Semua Tipe

A44243fdd40bcb2b7915bd7e89bcf721

Tidak Memakai Mana, Ini 4 Hero Anti Recall yang Ada di Mobile Legends

Hero Assassin Mobile Legends Banner3

7 Hero Assassin Terkuat Mobile Legends Untuk Mencetak Savage

Roger Mobile Legends Banner

Guide Roger Mobile Legends : Manusia Serigala Pembunuh Marksman

A0eeaf3e30527ccb2d7af5db407e9dda

6 Set Equipment yang Paling Sering digunakan Gamer Dewa di Mobile Legends

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal