J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Masalah Pada Smartphone Samsung dan Cara Mengatasinya

8 Masalah Pada Smartphone Samsung dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 24 Jun 2017, 07:00 WIB
Apa kamu pengguna smartphone dari Samsung? Jika iya, pasti pernah mengalami masalah dengan smartphone kamu kan? Berikut masalah-masalah pada smartphone Samsung dan cara mengatasinya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Samsung menjadi vendor smartphone global terbesar di dunia. Setiap tahun, smartphone andalannya selalu dinantikan oleh para pecinta gadget. Selain itu Samsung mampu memenuhi kebutuhan smartphone di berbagai kalangan dengan banyaknya varian smartphone yang dihadirkannya.

Semakin besar dan banyaknya varian smartphone Samsung, semakin banyak pula masalah yang dikeluhkan oleh penggunanya. Apa kamu pengguna smartphone Samsung? Yuk simak masalah-masalah yang sering dialami smartphone Samsung dan cara mengatasinya.

BACA JUGA
  • 6 Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Selalu Mahal

Masalah Pada Smartphone Samsung

Banyak penggun yang tidak menyadari bahwa Samsung pake jenis-jenis chipset yang berbeda. Bukan hanya chipset, spesifikasi dapur pacu yang dibawa pun jelas menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Dan hasilnya, masalah pun berbeda-beda.

1. Smartphone Sering Restart

Salah satu kendala utama yang dihadapi oleh para pengguna smartphone Samsung low-end adalah seringnya smartphone restart sendiri. Hal ini dikarenakan smartphone low-end Samsung seperti Samsung Galaxy Young, Samsung Galaxy V dan lainnya hanya dibekali memori internal 4GB. Dengan kapasitas memori internal yang terbatas, tentu akan membuat smartphone lemot dan berujung pada sering restart jika dipaksakan meng-install banyak aplikasi.

Masalah Pada Smartphone Samsung 3

Solusi smartphone Samsung yang sering restart sendiri adalah dengan melakukan Factory Reset. Caranya dengan masuk Settings - Backup and reset - Factory data reset - Reset device - Erase everything. Setelah semua data kamu hilang dan smartphone seperti baru, install aplikasi yang dibutuhkan saja, dan hindari meng-install aplikasi yang memakan memori besar.

2. Layar Smartphone Samsung Dead Pixel

Masalah Pada Smartphone Samsung

Karena banyaknya pengguna, banyak pula mengeluhkan kasus dead pixel pada smartphone Samsung, seperti Samsung Galaxy Note 4. Untuk mengecek apakah smartphone kamu terkena dead pixel atau tidak, silakan gunakan aplikasi Dead Pixel Test. Jika ternyata terbukti layar smartphone Samsung kamu memiliki dead pixel, segera bawa ke service center Samsung untuk klaim garansi.

Cara Menghilangkan Dead Pixel Di Android 3
Yuk Diatasi!
Apa kamu punya smartphone yang layarnya menghitam karena Dead Pixel? Jika iya, JalanTikus ada nih cara untuk menghilangkan Dead Pixel pada smartphone Android.
LIHAT ARTIKEL

3. Smartphone Samsung Boros Baterai

Kebanyakan smartphone keluaran Samsung dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang kecil jika dibandingkan vendor lain. Ditambah dengan penggunaan TouchWiz UI yang kaya fitur dan banyak bloatware (aplikasi bawaan), tak heran jika banyak pengguna mengeluhkan borosnya baterai smartphone Samsung.

Masalah Pada Smartphone Samsung 2

Solusi smartphone Samsung yang boros baterai adalah dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai, atau membuatnya jadi disable. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings - Applications, lalu pilih aplikasi yang ingin dinon-aktifkan. Jangan lupa baca juga Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Hingga 70%.

4. Smartphone Samsung Lemot

Bukan hanya dialami oleh smartphone low-end, gejala lemot juga kerap menyambangi pengguna smartphone flagship Samsung. Pada smartphone low-end Samsung, lemotnya smartphone sering diakibatkan jumlah memori internal dan RAM yang terbatas. Karena itu sebaiknya install aplikasi secara bijak.

Masalah Pada Smartphone Samsung 7

Namun jika kamu menemukan gejala lemot pada smartphone flagship seperti Samsung Galaxy Note, bisa jadi itu karena adanya fitur yang berat. Salah satu fitur yang membuat smartphone Samsung lemot adalah S Voice. Saat kamu mengaktifkan tombol Home untuk mengakses S Voice, ini akan membuat smartphone kamu jadi nge-lag. Maka dari itu sebaiknya kamu matikan fitur itu dengan masuk ke S Voice, lalu disable Open via Home key.

5. Kamera Tidak Bisa Dibuka

Masalah Pada Smartphone Samsung 6

Tak lama setelah Samsung Galaxy S7 diluncurkan, ada banyak pengguna yang mengeluhkan kamera Samsung tidak bisa dibuka. Saat dibuka, ada keterangan "Warning, Camera failed". Solusi kamera smartphone Samsung yang tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan Clear Cache aplikasi kamera lewat menu Settings - Applications - Application manager, lalu cari Camera dan pilih Clear Cache.

Connectbot
ConnectBot 1.9.2
Apps Networking Kenny Root and Jeffrey Sharkey
DOWNLOAD

6. Tombol Power dan Volume Samsung Tidak Responsif

Tombol power dan volume pada smartphone adalah hal yang penting. Jika tidak bisa digunakan, maka akan menyulitkan kamu. Nah, solusi jika tombol power atau volume smartphone Samsung kamu tidak bisa digunakan, coba lakukan Factory Reset.

Masalah Pada Smartphone Samsung 4

Kamu bisa gunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Power Button to Volume Button atau Volume ChopCut. Dan jika smartphone kamu sudah di-root, silakan install aplikasi Quick Reboot untuk memudahkan kamu masuk ke berbagai mode di smartphone Samsung kamu.

Volume Chopcut Icon
Volume ChopCUT 1.0.37
Apps Productivity Daniel F Q
DOWNLOAD
Power Button To Volume Button Icon
Power Button to Volume Button 1.0.4
Apps Productivity TeliApp
DOWNLOAD
Quick Reboot Root Icon
Quick Reboot (Root) 1.6.4
Apps Productivity PhongIT
DOWNLOAD

7. Susah Terhubung Lewat Bluetooth

Masalah Pada Smartphone Samsung 8

Bluetooth menjadi sarana berbagi file favorit pengguna smartphone, karena selain mudah, berbagi file lewat Bluetooth juga gratis. Nah, jika smartphone Samsung kamu mengalami kejadian susah terhubung dengan perangkat lain lewat Bluetooth, coba cek jumlah perangkat yang terhubung dengan Bluetooth kamu di Settings - Bluetooth. Hapus semua daftar perangkat yang terhubung dengan Bluetooth kamu, lalu restart smartphone.

8. WiFi Susah Terhubung

Masalah Pada Smartphone Samsung 5

Solusi jika smartphone Samsung tidak bisa terhubung dengan WiFi adalah dengan melakukan restart smartphone dan router. Jika ternyata setelah dicoba masih tetap tidak bisa terhubung, coba lakukan Forget Network dan ulangi lagi. Namun jika masih tetap tidak bisa terhubung juga, silakan lakukan Factory Reset, dan cek update sistem operasi.

Bagi kamu pengguna smartphone Samsung, pernah gak mengalami masalah-masalah yang JalanTikus sebutkan di atas? Atau kamu punya masalah lain pada smartphone Samsung milikmu yang lupa JalanTikus sebutkan? Share ya di kolom komentar.

ARTIKEL TERKAIT
Yang Penting Saat Beli Smartphone Baru

Bukan Harga Murah, Ini yang Lebih Penting Saat Membeli Smartphone!

Cara Membedakan Charger Asli Dan Palsu

5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu

5 Fakta Mengejutkan Tentang Bahaya Usb Type C

5 Fakta Mengejutkan Tentang Bahaya USB Type-C

Tips Membeli Smartphone Baru 12

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Alasan Harga Smartphone Samsung Mahal Banner

6 Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Selalu Mahal

APPS TERKAIT
Samsung Kies Icon
Samsung Kies 3.2.1
Apps Samsung Electronics Ltd
Odin3 Icon
Odin3 3.12.3
Apps Odin3
Samsung Usb Driver Icon
Samsung Android USB Driver for Windows 2019
Apps Samsung Electronics Ltd
Always On Display From S7 G5 Icon
Always On Display From S7 G5 1.5.0
Apps RttiLink
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal