J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Depan atau Belakang? Di mana Letak Fingerprint Terbaik di Smartphone?

Depan atau Belakang? Di mana Letak Fingerprint Terbaik di Smartphone?

Rabu, 8 Mar 2017, 10:00 WIB
para pabrikan ponsel meletakkan sensor sidik jari dengan cara yang berbeda. ASUS, LG, dan Xiaomi misalnya menaruh sensor di bagian belakang. Sementara Samsung, Motorola, OnePlus menyematkan di depan terintegrasi dengan tombol home seperti A

Fingerprint sensor merupakan salah satu fitur yang wajib dimiliki smartphone saat ini. Bahkan, termasuk ponsel Android murah sekali pun.

Fitur ini dipopulerkan oleh Apple, lewat fitur TouchID pada iPhone 5s. Kini pemindai sidik jari telah menjadi fitur wajib ada.

Namun para pabrikan ponsel meletakkan sensor sidik jari dengan cara yang berbeda. ASUS, LG, dan Xiaomi misalnya menaruh sensor di bagian belakang. Sementara Samsung, Motorola, OnePlus menyematkan di depan terintegrasi dengan tombol home seperti Apple.

BACA JUGA
  • Tips Smartphone dengan Fingerprint Supaya Aman
  • Hindari 5 Hal Ini Agar Sensor Fingerprint Smartphone Awet!
  • Canggih! Inilah Cara Kerja Sensor Fingerprint Pada Smartphone

Ada pula yang nyeleneh menyisipkan sensor di bagian sisi, sebut saja Sony. Sementara, tahun 2017 ini banyak yang berharap sensor sidik jari berada di bawah layar seperti yang diharapkan hadir di flagship Samsung Galaxy S8 dan Apple iPhone 8.

Yuk, bahas lebih lanjut keuntungan penempatan sidik jari di smartphone.

Tombol Home di Depan

Apple Iphone

Mari kita mulai dari keuntungan dari peletakan sensor sidik jari di bagian depan. Bayangkan ponsel kamu berbaring di atas meja dan kamu mendapatkan notifikasi pesan.

Tentunya jika sensor sidik jari berada di tombol home di bagian depan, kamu bisa dengan mudah membuka kunci smartphone dan membalas pesan tanpa harus mengambilnya. Praktis kan? Tinggal buka pakai ibu jari atau telunjuk kamu.

Contoh smartphone terbaru yang menggunakan sensor sidik jari di bagian depan antara lain Samsung Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Apple iPhone 7, iPhone 7 Plus, OnePlus 3T, Huawei P10, Huawei P10 Plus, Motorola Moto G5, Moto G5 Plus, dan lainnya.

Fingerprint Sensor di Belakang

Google Pixel

Sumber foto: Foto: CNET

Sementara jika peletakan sensor sidik jari di bagian belakang. Mau tidak mau kamu harus mengambil smartphone untuk membuka dengan sidik jari atau membuka dengan opsi lain, seperti pola, PIN, atau password yang mengambil waktu yang lebih banyak.

Nah, keuntungannya adalah kamu dapat membuka kunci smartphone dengan mudah dan cepat ketika diambil dari saku kamu. Contoh smartphone terbaru yang menyematkan sensor sidik jari di bagian belakang adalah LG G6, Asus Zenfone 3, Xiaomi Mi 5s Plus, Xiaomi Redmi 4, Google Pixel, Google Pixel XL, dan lainnya.

Tombol Power di Samping

Xzs1

Mungkin awalnya agak canggung, mengingat smartphone zaman sekarang punya desain tipis. Tapi, Sony membenamkan scanner biometrik di bagian sisi smartphone yang terintegrasi dengan tombol power.

Ternyata kamu dapat membuka dengan mudah baik saat di meja atau ketika smartphone diambil dari saku. Namun, desainnya jadi sedikit agak tebal ya.

Smartphone yang menggunakan sensor sidik jari di bagian sisi adalah jajaran dari Sony, yakni Xperia XZ Premium, Sony Xperia XZs, Sony Xperia Z5, Z5 Premium, Z5 Compact, dan lainnya.

Sensor Sidik Jari di Layar

Sensor Pembaca Sidik Jari

Nah, yang satu ini diprediksi akan tren tahun ini. Kamu sudah tahu sudah tahu teknologi sensor sidik jari ultrasonik milik Qualcomm yang disebut Sense ID?

Dengan teknologi ini, kamu dapat menggunakan sensor fingerprint meskipun jari kamu sedang basah, kotor, berminyak, maupun lembab di bagian layar mana pun. Hal ini karena gelombang ultrasonik mampu mendeteksi tekstur sidik jari lebih baik.

Sebut saja Xiaomi Mi 5s, tapi karena belum sempurna Xiaomi masih menempatkan sensor ini tepat di tombol home yang terbuat dari kaca. Akurasi pemindai sidik jarinya pun lebih akurat dan lebih cepat.

Diharapkan flagship Apple dan Samsung yakni iPhone 8 dan Galaxy S8 bakal mengadopsi sensor fingerprint yang letaknya di bawah layar.

Smartphone

Sumber foto: Foto: PCAdvisor

Awalnya fingerprint sensor ini terletak di tombol home bagian depan. Namun, para produsen bereksperimen dengan lokasi yang berbeda sebagai pembeda.

Menurut pendapat Jaka sih yang terpenting dapat membuka smartphone dengan cepat tanpa perlu banyak gerakan. Jadi, dimana letak sensor pembaca sidik terbaik di smartphone?

Kamu bisa ikuti polling di bawah ini dan pastikan kamu memberikan suara kamu dalam jajak pendapat di bawah ini. Mungkin ada sesuatu yang perlu ditambahkan.

<script type="text/javascript" src="//cdn.playbuzz.com/widget/feed.js"></script> <div class="pb_feed" data-embed-by="6e15f101-4507-4167-8ca1-f1148d043fb6" data-item="996751c1-d39c-4cb3-9232-fcca231d02ce" ></div>

Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
7 Aplikasi Pendidikan Android Terbaik Yang Bikin Kamu Makin Cerdas

7 Aplikasi Pendidikan Terbaik di Android yang Bikin Kamu Makin Cerdas

Muke Gile Nokia 3310 Edisi Supremo Putin Harganya Rp22 Juta

Muke Gile! Nokia 3310 Edisi Supremo Putin Harganya Rp22 Juta

Nokia 3310 2017 Layak Nggak Sih Menyandang Nama Legendaris

Nokia 3310 2017, Layak Nggak Sih Menyandang Nama Legendaris?

Ini 4 Alasan Samsung Galaxy S8 Bakal Menjadi Smartphone Terbaik Di 2017

4 Alasan Samsung Galaxy S8 Bakal Menjadi Smartphone Terbaik 2017

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal